Cara Menghitung Sudut Terkecil Jarum Jam

By | February 25, 2019

Cara menghitung sudut terkecil jarum jam adalah ulasan besar sudut terkecil yang dibentuk oleh dua jarum jam. Kedua jarum jam tersebut adalah jarum jam penunjuk jam dan jarum jam penunjuk menit. Seperti yang sobat idschool ketahui bahwa jam analog memiliki 3 buah jarum penunjuk, yaitu jarum penunjuk detik, menit, dan jam. Posisi antara jarum penunjuk menit dan jarum penunjuk jam akan membentuk sudut. Biasanya, pembahasan materi tentang sudut akan mengulas cara menghitung sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum jam. Melalui halaman ini, sobat idschool dapat mempelajari cara menghitung sudut terkecil jarum jam.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menghitung sudut terkecil jarum jam. Mari mengulas sebentar materi sudut. Apa itu sudut? Dalam ilmu geometri, pengertian sudut adalah besaran rotasi suatu ruas garis dari satu titik pangkalnya ke posisi yang lain. Alat yang digunakan untuk menghitung besar sudut antara dua ruas garis disebut busur derajat. Namun, ada cara lain untuk menghitung sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum jam pada jam analog. Bagaimana cara menghitung sudut terkecil jarum jam? Simak ulasan cara menghitung sudut terkecil jarum jam ada materi-materi di bawah.

Cara Menghitung Sudut Terkecil Jarum Jam

Pembahasan halaman cara menghitung sudut terkecil jarum jam mencakup mengetahui besar sudut untuk jarum penunjuk jam dan besar sudut jarum penunjuk menit. Simak ulasan-ulasan lebih lengkapnya pada pembahasan selanjutnya.

Besar Sudut pada Jam Analog

Pembahasan awal yang akan diberikan adalah mengetahui besar sudut pada jam analog. Maksud besar sudut pada jam analog di sini didasarkan pada sudut satu putaran penuh dan angka yang terdapat pada jam analog. Sobat idschool pasti mengetahui bahwa pada jam analog terdapat 12 angka, mulai dari angka 1 (satu) sampai angka 12 (duabelas). Sehingga, dapat diketahui besar sudut yang mewakili besar sudut dari satu bilangan ke bilangan lain. Besar sudut yang mewakili setiap perpindahan angka tersebut adalah 30o. Dari mana besar sudut diperoleh? Besar sudut tersebut diperoleh dari sudut penuh satu putaran, yaitu 360o, dibagi banyaknya angka yang terdapat pada jam analog, yaitu 12.

Besar sudut yang dilalui jarum jam pendek

Besar sudut ini akan digunakan sebagai pengali sudut yang dilalui jarum pendek (jarum penunjuk jam).

Sedangkan untuk setiap pergerakan dari satu bilangan ke bilangan, jarum detik akan bergerak selama 5 kali. Artinya dalam satu gerakan jarum detik, besar sudut yang dilalui adalah 6o. Besar sudut ini diperoleh dari 30o dibagi 5, diperoleh hasil 6 derajat.

Besar sudut yang dilalui jarum jam panjang

Besar sudut ini akan digunakan sebagai pengali sudut yang dilalui jarum panjang (jarum penunjuk menit).

Baca Juga:

Menghitung Besar Sudut Terkecil Jarum Jam

Selanjutnya, ulasan akan masuk pada cara menghitung besar sudut terkecil jarum jam. Untuk menentukan besar sudut terkecil yang dibentuk jarum jam dapat diperoleh melalui tiga perhitungan. Perhitungan pertama untuk menentukan besar sudut yang dilalui jarum jam pendek (jarum penunjuk jam). Perhitungan kedua untuk menentukan besar sudut yang dilalui jarum jam panjang (jarum penunjuk menit). Yang terakhir adalah menghitung besar sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum jam melalui selisih sudut dari dua perhitungan sebelumnya.

Untuk menambah pemahaman sobat idschool, akan diberikan contoh pengerjaan cara menghitung sudut terkecil jarum jam.

Hitung sudut terkecil dari jarum jam yang menunjukkan pukul 07.20!

Pembahasan:

Sudut yang dilalui jarum pendek/penunjuk jam (SJ):

    \[ SJ = \left( 7 \times 30^{o} \right) + \left( \frac{20}{60} \times 30^{o} \right) \]

    \[ SJ = 210^{o} +10^{o} \]

    \[ SJ = 220^{o} \]

 

Sudut yang dilalui jarum panjang/penunjuk menit (SM):

    \[ SM = 20 \times 6 \]

    \[ SM = 120^{o} \]

 

Sudut Terkecil (SK):

    \[ SK = SJ - SM \]

    \[ SK = 220^{o} - 120^{o} \]

    \[ SK =100^{o} \]

Jadi, sudut terkecil yang dibentuk jarum jam untuk pukul 07.20 adalah 100o.

Sekian ulasan materi tentang cara menghitung sudut terkecil jarum jam. Mudah bukan? Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.