Rumus Menghitung Bruto Netto Tara

By | March 23, 2019

Rumus Menghitung Bruto Netto Tara yang diberikan melalui halaman ini merupakan bahasan dalam materi aritmatika sosial. Yaitu cabang ilmu matematika yang mempelajari matematika pada kehidupan sosial, terutama pada bidang ekonomi atau kegiatan jual beli. Apa itu bruto netto tara? Bagaimana peran rumus bruto netto tara pada kegiatan jual beli? Melalui halaman rumus menghitung bruto netto tara ini, sobat idschool dapat mempelajarinya.

Suatu produk biasanya dikemas dalam sebuah wadah. Sehingga produk memiliki tiga komponen, yaitu isi bersih di dalam produk, berat wadah, dan berat keseluruhan. Misalkan sebuah beras yang terbungkus dalam sebuah karung. Setiap karung pembungkus beras pasti memiliki berat, meskipun hanya sangat ringan. Berat karung merupakan berat wadah yang tidak akan ikut dijual. Barang yang akan dijual hanya isi bersih atau berat bersih beras di dalam karung. Bahasan tentang berat kotot, berat bersih, dan berat wadah inilah yang dibahas dalam rumus menghitung bruto netto tara.

Karung Beras
Contoh Bruto Neto Tara

Sebelum mempelajari rumus menghitung bruto netto tara, sebaiknya sobat idschool mempelajari terlebih dahulu pengertian bruto netto tara terlebih dahulu. Bahasan lebih lanjut tentang pengertian bruto netto tara akan menjadi bahasan awal di halaman ini. Kemudian, bahasan berikutnya adalah rumus menghitung bruto netto tara. Pada bagian akhir akan diberikan contoh soal penggunaan rumus menghitung bruto netto tara yang telah dilengkapi dengan pembahasannya.

Pengertian Bruto Netto Tara

Pada bagian pengantar telah disinggung sedikit tentang berat kotor, berat bersih, dan berat wadah. Nah, pengertian bruto netto tara sendiri merupakan istilah lain dalam aritmatika sosial dari ketiga komponen tersebut.

Pengertian Bruto Netto Tara
Pengertian Bruto Netto Tara

Bruto adalah berat kotor yaitu berat suatu barang beserta dengan tempatnya. Misalnya sebuah karung berisi beras seberat 100 kg. Maka yang disebut bruto adalah keseluruhan berat karung yang memuat berat bersih (isi karung) dan berat wadah.

Netto adalah berat bersih yaitu berat suatu barang setelah dikurangi dengan tempatnya. Lain halnya dengan contoh kasus yang diberikan pada pembahasan bruto. Netto merupakan berat bersih dari suatu produk. Dalam pengertian netto, berat wadah tidak ikut masuk dalam hitungan.

Tara adalah potongan berat yaitu berat tempat suatu barang. Selisih antara bruto dan netto merupakan berat wadah yang digunakan untuk membungkus barang. Berat wadah ini dalam aritmatika sosial dikenal sebagai tara. Besarnya tara sering dinyatakan dalam persentase tara.

Rumus Bruto Netto Tara

Antara bruto (berat kotor), netto (berat bersih), dan tara (berat wadah) memiliki hubungan yang dapat dinyatakan melalui persamaan. Persamaan yang menyatakan hubungan antara bruto, netto, dan tara merupakan rumus menghitung bruto netto tara yang akan menjadi bahasan utama halaman ini. Rumus menghitung bruto netto tara diperoleh dari pengertian bruto netto tara yang telah disampaikan di atas.

Rumus Bruto: berat bersih (netto) ditambah berat wadah (tara)

Rumus Bruto
Rumus Bruto

Rumus Netto: berat kotor (bruto) dikurang berat wadah (tara)

Rumus Netto
Rumus Netto

Rumus Tara: persentase tara yang diketahui dikali bruto (berat kotor). Atau sama halnya dengan (bruto) berat kotor dikurang berat bersih (netto).

Rumus Tara

Penggunaan rumus tara disesuaikan dengan apa yang diketahui pada soal yang diberikan.

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Sebelum Diskon

Contoh Soal Bruto Netto Tara dan Pembahasannya

Seorang pedagang membeli 12 karung beras seharga Rp 9.000.000,00 dengan berat masing – masing karung adalah 100 kg. Pada masing – masing kantong beras tertulis tara 2%. Pedagang tersebut menjual beras dengan harga Rp10.000, 00 per kg. Jika seluruh beras habis terjual maka keuntungan yang diperoleh pedagang tersebut adalah ….

A.       Rp1.200.000,00

B.       Rp1.000.000,00

C.       Rp800.000,00

D.       Rp600.000,00

Pembahasan:

Menghitung tara per karung:

    \[ \textrm{tara} = \frac{2}{100} \times 100 \; \textrm{kg} \]

    \[ \textrm{tara} = 2 \; \textrm{kg} \]

Netto (berat bersih) untuk masing – masing karung:

    \[ Netto = 100 \; \textrm{kg} - 2 \; \textrm{kg} \]

    \[ Netto = 98 \; \textrm{kg} \]

Netto (berat bersih) untuk sepuluh karung:

    \[ = 98 \textrm{kg} \times 10 \]

    \[ = 980 \textrm{kg} \]

Hasil penjualan:

    \[ = 980 \textrm{kg} \times 10.000 \]

    \[ = \textrm{Rp}9.800.000,00 \]

Keuntungan yang diperoleh pedagang:

    \[ = 9.800.000 - 9.000.000 \]

    \[ = \textrm{Rp}800.000,00 \]

Jawaban: C

Demikianlah ulasan tentang rumus menghitung bruto netto tara, meliputi juga pengertian dan contoh soal bruto netto tara. Berikut ini adalah kumpulan rumus menghitung bruto netto tara yang dapat membantu sobat idschool dalam menyelesaikan berbagai soal aritmatika, khususnya perhitungan bruto netto tara.

Rumus Menghitung Bruto Netto Tara
Rumus Menghitung Bruto Tara Netto

Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Persentase Untung Rugi