Kaidah Tangan Kanan

Kaidah tangan kanan dapat digunakan untuk membantu mengetahui letak kutub magnet dan arah gaya medan magnet. Selai itu dapat juga digunakan untuk menentukan arah arus listrik dan gaya Lorentz. Penggunaan kaidah tangan kanan terdiri dari 3 bentuk aturan. Ketiga aturan tersebut antara lain meliputi kaidah untuk menentukan arah medan magnat, menentukan letak kutub utara/selatan, dan gaya Lorentz.

Bagaimana aturan dalam 3 bentuk kaidah tangan kanan dan bagaimana penerapannya? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Kaidah Tangan Kanan untuk Menentukan Medan Magnet

Penggunaan kaidah tangan kanan pertama yang akan dibahas adalah kaidah untuk menentukan medan magnet di sekitar kawat berarus. Cara ini dilakukan dengan empat jari yang menunjuk arah medan magnet dan ibu jari menunjuk arah arus listrik. Arah medan magnet pada bidang datar dapat disimbolkan melalui anak panah atau simbol cross (×) dan dot (•).

Arah medan magnent masuk ke bidang ditandai dengan simbol cross (×) dan arah medan magnet yang keluar bidang ditandai dengan simbol dot (•).

Kaidah Tangan Kanan untuk Menentukan Arah Medan Magnet dan Arus Listrik

Baca Juga: Fungsi dan Cara Kerja Elektroskop

Ketika arus listrik menuju ke kanan maka arah medan magnet masuk ke bidang pada bagian bawah kawat dan keluar bidang pada bagian atas kawat. Lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah.

Sebaliknya. ketika arus listrik menuju ke kanan maka arha medan magnet masuk ke bidang pada bagian bawah kawat dan keluar bidang pada bagian atas kawat.

Penerapan Kaidah Tangan Kanan

Baca Juga: 3 Cara Membuat Magnet

Kaidah Tangan Kanan untuk Menentukan Kutub Magnet

Berikutnya adalah kaidah tangan kanan untuk menentukan kutub utara/selatan dari suatu magnet. Penggunaan arutan kaidah tangan kanan seperti ini dipakai pada kawat melingkar bermuatan arus listrik. Caranya melalui penggunaan empat jari pada tangan kanan mengikuti arah arus lirtik yang mengalir pada kumparan. Selanjutnya, kutub utara dari magnet yang terbentuk selalu ditunjukkan oleh ibu jari (jempol) dan ujung satunya menjadi kutub selatan.

Sebuah logam dililitkan oleh kawat yang tersambung dengan sumber arus sehingga dapat terbentuk suatu magnet. Kutub magnet yang akan terbentuk dapat diketahui dengan cara memposisikan empat jari mengikuti arus listrik yang mengali pada kawat melingkar. Ujung magnet yang merupakan kutub utara adalah ujung yang ditunjuk oleh ibu jari

Misalkan sebuah logam dialiri oleh kawat berarus, pertama sobat idschool perlu mengetahui dari dan ke mana arah arus litrik mengalir. Diketahui bahwa arus listrik mengalir dari kutub positif (+) ke kutub negatif (-). Setelah mendapatkan arah arus listrik, posisikan empat jari mengikuti arah arus listrik dan kutub utara magnet yang dihasilkan dapat diketahui. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambaran penggunaannya seperti berikut.

Kaidah Tangan Kanan

Baca Juga: Cara Menentukan Kutub Utara/Selatan yang Belum Diketahui pada Suatu Magnet

Kaidah Tangan Kanan Gaya Lorentz

Masih mengenai kaidah tangan, ulasan yang akan dibahas di sini adalah kaidah tangan kanan untuk menentukan gaya lorentz. Kaidah tangan kanan gaya lorentz menujukkan 3 arah komponen yaitu medan magnet (B), arus listrik (I), dan gaya Lorenzt (F). Di mana ketiga besaran tersebut berturut-turut ditunjuk oleh empat jari, ibu jari, dan arah tegak lurus dengan telapak tangan.

  1. Arah arus (I): ibu jari
  2. Medan magnet (B): empat jari (jari teulnjuk, tengah, manis, dan kelingking).
  3. Gaya lorentz (F): arah yang tegak lurus antara telapak tangan dan empat jari

Posisi tangan dan arah yang ditunjuk pada pemanfaatan kaidah tangan kanan untuk menentukan gaya lorentz dapat dilihat pada gambar di bawah.

Kaidah tangan kanan gaya lorentz

Referensi: aturan pada kaidah tangan kanan

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Menentukan Arah Gaya

Perhatikan arah garis gaya magnet di sekitar kawat berarus listrik jika I adalah arah arus listrik!

Contoh Penggunaan Kaidah Tangan Kanan untuk Menentukan Arah Gaya

Arah gaya yang benar ditunjukkan oleh gambar nomor ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4

Pembahasan:

Pada gambar nomor 1, dengan memposisikan tangan kanan mengikuti arah medan magnet maka ibu jari akan menunjuk arah ke bawah. Sehingga dapat diketahui bahwa arah arus litrik yang mengalir adalah dari atas ke bahwa. Namun pada gambar yang diberikan, arah arus listrik mengalir dari bawah ke atas. Sehingga, kesimpulannya adalah gambar nomor 1 tidak sesuai.

Penerapan cara di atas untuk ketiga gambar lainnya akan diperoleh arah arus listrik pada gambar nomor 1, 2, dan 3 berturut-turut adalah ke atas, ke bawah, dan ke atas. Gambar nomor 4 tidak sesuai dengan aturan kaidah tangan kanan, sedangkan ambar yang sesuai ditunjukkan oleh gambar nomor 2 dan 3.

Jadi, arah gaya yang benar ditunjukkan oleh gambar nomor 2 dan 3.

Jawaban: C

Contoh 2 – Menentukan Letak Kutub Magnet

Perhatikan gambar berikut!

Berdasarkan gambar di atas, dapat ditentukan bahwa ….
A. P menjadi kutub selatan magnet tetap
B. Q menjadi kutub selatan magnet sementara
C. Q menjadi kutub utara magnet tetap
D. P menjadi kutub selatan magnet sementara

Pembahasan:
Pada gambar di atas dapat diketahui bahawa logam besi memiliki arah arus dari lilitak pada ujung P ke ujung Q (berlawanan arah jarum jam). Caranya dikatahui dengan kaidah tangan di manan empat jari diposisikan mengikuti arah arus listrik adan arah ibu jari menunjuk kutub utara.

Dengan posisi empat jari mengikuti arah arus listrik maka ibu jari akan menunjuk/menunju ke ujung Q. Sehingga kutub utara terletak pada ujung Q dan letak kutub selatan berada pada ujung P.

Logam PQ diketahui merupakan besi, di mana diketahui bahwa sifat magnet pada besi bersifat sementara. Kondisi ini dikarenakan besi memiliki sifat magnet-magnet elementer yang mudah diatur dan lebih mudah berubah susunannya. Sifat tersebut membuat besi sangat mudah dijadikan magnet, namun besi juga sangat mudah kehilangan sifat magnetnya.

Jadi, dapat ditentukan bahwa P menjadi kutub selatan magnet sementara.

Jawaban: D

Sekian pembahasan mengenai kaidah tangan kanan untuk menentukan kutub magnet. Terimakasih telah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Magnet dan Cara Membuat Magnet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.