Cara Menentukan Kutub Magnet yang Belum Diketahui

Magnet adalah benda yang dapat menarik besi dan beberapa logam tertentu. Suatu benda logam ferromagnetic dapat menjadi magnet ketika masuk ke dalam medan magnet melalui tiga cara. Benda dengan magnet yang dihasilkan memiliki dua kutub, di mana cara menentukan kutub magnet bergantung dari proses pembuatan magnet. Tiga cara agar benda bermuatan magnet meliputi menggosok dengan magnet permanen, mengaliri arus listrik searah (listrik DC), dan induksi bahan dengan magnet permanen.

Dua kutub pada magnet memiliki sifat saling berkebalikan, di mana kutub sejenis akan saling tolak menolak dan kutub berbeda jenis akan saling tarik menarik. Dengan kata lain, magnet dengan kutub yang sama (utara‒utara atau selatan‒ selatan) akan saling memberikan gaya tolak. Sedangkan magnet dengan kutub yang berlainan (utara‒selatan atau selatan‒utara) akan saling menarik.

Sifat Magnet Saling Tarik Menarik
Sifat Magnet Tolak Menolak

Baca Juga: 3 Cara Perpindahan Kalor/Panas

Pada pembuatan magnet, kutub magnet yang dihasilkan bergantung dari bagaimana proses pembuatan magnet.  Sifat magnet yang dihasilkan dapat bersifat sementara atau permanen. Di mana sifat magnet yang ditimbulkan bergantung dari bahan yang digunakan. Misalnya, sifat magnet yang ditimbulkan besi adalah sementara. Sedangkan sifat magnet yang ditimbulkan baja adalah permanen (tetap).

Bagaimana Cara Menentukan Kutub Magnet? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Cara Menentukan Kutub Magnet Cara Menggosok

Besi atau baja dapat menjadi magnet dengan cara menggosok salah satu ujung magnet tetap. Penggosokan besi/baja oleh magnet tetap harus dilakukan secara berulang dalam satu arah. Setelah beberapa waktu, besi/baja memiliki sifat kemagnetan (menjadi magnet).

Kedua ujung besi/baja yang digosok tersebut akan membentuk kutub-kutub magnet. Ujung batang besi yang pertama digosok akan memiliki kutub yang sama dengan kutub yang menggosoknya.

Sehingga, cara menentukan kutub magnet pada pembuatan magnet dengan menggosol dilakukan dengan melihat kutub apa yang pertama menggosok benda. Sebagai contoh, perhatikan bagaimana cara mementukan kutub magnet pada baja dengan ujung AB.

Cara Menentukan Kutub Magnet Cara Menggosok

Kutub magnet yang pertama kali mengenai ujung B adalah kutub utara, sehingga ujung B menjadi kutub utara. Sedangkan magnet pertama yang mengenai ujung A adalah kutub selatan sehingga ujung A menjadi kutub selatan.

Baca Juga: Hukum Coulomb

Menentukan Kutub Magnet dengan Cara Mengaliri Arus Listrik (Elektromagnetik)

Besi dan baja yang dililitkan dengan kawat yang menghantarkan arus listrik searah dapat menjadi magnet. Kutub magnet pada besi atau baja yang dihasikan akan bergantung pada arah lilitan kawat penghantarnya.

Jika arah lilitan searah jarum jam maka ujung pertama akan menjadi kutub selatan dan ujung kedua menjadi kutub utara. Sebaliknya, apabila arah lilitan berlawanan arah jarum jam maka ujung pertama adalah kutub utara dan ujung kedua adalah kutub selatan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat melalui gambar berikut.

Cara Menentukan Kutub Magnet dengan Elektromagnetik

Mentukan Kutub Magnet dengan Cara Induksi

Besi/baja yang didekatkan dengan magnet tetap juga dapat menjadi magnet. Kondisi ini terjadi karena magnet elementer pada besi/baja terpengaruh gaya magnet dari magnet teta sehingga menyebabkan letaknya menjadi teratur. Kutub magnet yang terbentuk pada ujung besi/baja memiliki jenis kutub yang berlawanan dengan kutub magnet tetap yang menginduksi.

Jadi, ujung besi/baja yang didekati kutub selatan akan menjadi kutub utara. Lainnya, ujung besi/baja yang didekati kutub utara akan menjadi kutub selatan.

Cara Menentukan Kutub Magnet dengan Cara Induksi

Baca Juga: 3 Jenis Rangkaian Listrik (Seri, Paralel, dan Campuran)

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman bahasan cara menentukan kutub magnet yang belum diketahui. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasan bagaimana cara menentukan kutub magnet. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Soal Menentukan Kutub Magnet dengan Cara Digosok

Gambar di bawah menunjukkan cara membuat magnet dengan cara digosok.

Contoh Soal Cara Menentukan Kutub Magnet

Jika baja PQ menjadi magnet maka ….
A. P = kutub selatan, Q = kutub utara magnet tetap
B. P = kutub selatan, Q = kutub utara magnet sementara
C. P = kutub utara, Q = kutub selatan magnet tetap
D. P = kutub utara, Q = kutub selatan magnet sementara

Pembahasan:
Cara membuat magnet seperti yang ditunjukkan pada soal adalah dengan cara menggosok. Di mana cara menentukan kutub magnet dengan menggosok dilakukan dengan melihat kutub apa yang pertama mengenai ujung baja. Ujung logam akan memiliki kutub yang sama dengan kutub magnet yang menggosok logam tersebut.

Dari gambar yang diberikan terlihat bahwa kutub utara mengenai baja pada ujung Q, sehingga ujung Q adalah kutub utara. Sedangkan kutub magnet yang mengenai ujung P adalah kutub selatan, sehingga ujung P adalah kutub utara.

Contoh Soal Cara Menentukan Kutub Magnet Cara Menggosok

Baja merupakan bahan memiliki susunan magnet elementer yang tidak teratur. Ketika baja digosok menggunakan magnet tetap dalam satu arah, menyebabkan susunan magnet elementer pada benda tersebut menjadi teratur. Baja akan menjadi magnet ketika ketika arah magnet elementer pada baja menjadi seragam.

Magnet yang terbuat dari baja sulit dibuat menjadi benda magnetik karena magnet elementernya sukar bergerak dan berputar. Namun, sifat kemagnetan pada baja setelah menjadi magnet akan tahan lama dan bisa menjadi magnet tetap.

Jika baja PQ menjadi magnet maka P = kutub selatan, Q = kutub utara magnet tetap.

Jawaban: A

Contoh 2 – Cara Menentukan Kutub Magnet

Batang baja PQ adalah magnet buatan. Batang baja PQ ditempelkan pada batang besi A‒B sehingga batang besi A‒B ikut menjadi magnet dengan jenis kutub seperti pada gambar berikut.

Induksi Magnet

Gambar yang menunjukkan cara membuat magnet pada batang baja P ‒ Q yang benar adalah .…

Kutub Magnet pada Cara Menggosok
Kutub Magnet pada Cara Elektromagnetik

Pembahasan:
Dari soal diketaui bahwa setelah besi menempel pada batang baja PQ, ujung A pada besi menjadi kutub utara dan ujung B menjadi kutub selatan. Pada cara menentukan kutub magnet dengan iduksi diketauhi bahwa ujung magnet memiliki kutub berlawanan.

Diketahui bahwa ujung Q pada baja berdekatan dengan ujung A (kutub utara) pada besi. Sehingga, kutub magnet ujung Q pada baja adalah kutub selatan. Selanjutnya, ujung P pada baja dapat diketahui yaitu kutub selatan.

Contoh Soal Cara Menentukan Kutub Magnet Cara Induksi

Dari empat pilihan yang diberikan diperoleh kutub P dan kutub Q sesuai dengan tabel berikut.

Kutub Utara dan Kutub Selatan dari Magnet

Jadi, gambar yang menunjukkan cara membuat magnet pada batang baja P ‒ Q yang benar adalah pilihan  B.

Jawaban: B

Baca Juga: Perbedaan Trafo Step Up dan Step Down

Contoh 3 – Soal Cara Menentukan Kutub Magnet

Perhatikan gambar di bawah!

Contoh Soal Cara Menentukan Kutub Magnet Cara Elektromagnetik

Sebuah besi ingin dijadikan magnet dengan dililitkan kawat berarus seperti gambar di atas. Urutan nama kutub yang terbentuk dari kiri ke kanan berturut-turut adalah .…
A. utara – selatan – utara – selatan
B. selatan – utara – utara – selatan
C. selatan – utara – selatan – utara
D. utara – selatan – selatan – utara

Pembahasan:
Cara menentukan kutub magnet dengan cara mengaliri arus listrik searah atau elektromagnetik dilakukan dengan melihat arah aliran arus listrik dan lilitan kumparan. Cara menentukan kutub magnet dengan elektromagnetik dapat menggunakan kaidah tangan kanan dengan empat jari menunjuk arah arus litrik dan ibu jari menunjuk kutub utara.

Penentukan kutub magent besi yang dialiri listrik searah dapat dilihat seperti pada cara berikut.

Contoh Cara Menentukan Tutub Magnet Cara Elektromagnetik

Jadi, urutan nama kutub yang terbentuk dari kiri ke kanan berturut-turut adalah utara – selatan – selatan – utara.

Jawaban: D

Contoh 4 – Cara Menentukan Kutub Magnet

Perhatikan gambar berikut!

Soal Menentukan Kutub Magnet

Ujung P, Q, R dan S berturut-turut menjadi kutub magnet . . . .
A. S, U, S dan S
B. U, S, U dan U
C. S, U, S dan U
D. U, S, U dan S

Pembahasan:

Logam AB dibuat menjadi magnet dengan cara mengalirkan listrik searah melalui lilitan kawat pada logam tersebut. Arus mengalir dari kutub positif (garis panjang pada baterai) menuju kutub negatif (garis pendek pada baterai). Sehingga arah arus pada kumparan dilihat dari depan adalah mengarah ke atas. Dengan demikian, letak kutub utara pada logam tersebut terdapat pada ujung P dan kutub selatan pada ujung Q.

Contoh Cara Menentukan Kutub Magnet

Selanjutnya magnet PQ menginduksi logam dan paku. Diketahui bahwa ujung R berdekatan dengan ujung Q (kutub selatan) maka ujung R adalah kutub utara dan ujung S adalah kutub selatan.

Contoh Cara Menentukan Kutub Utara dan Kutub Selatan Magnet

Jadi, kutub magnet pada ujung P, Q, R dan S berturut-turut adalah utara (U), selatan (S), utara (U), dan selatan (S).

Jawaban: D

Demikianlah tadi ulasan cara menentukan kutub magnet dengan kaidah tangan kanan, cara induksi, dan dengan cara digosok. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: 2 Contoh Cara Menghitung Biaya Pemakaian Listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.