Penggunaan In On At yang Benar dalam Bahasa Inggris

In On At merupakan kata depan atau yang biasa disebut dengan preposisi (preposition). Kata depan adalah kata yang menghubungkan antara kata di depan dan belakangnya sehingga memiliki tata bahasa yang benar. Keberadaan kata In On At dalam kalimat Bahasa Inggris cukup sering digunakan, namun tidak jarang terdapat kesalahan penggunaannya. Penggunaan In On At yang benar sebagai kata depan dilihat dari seberapa besar cakupan keterangan waktu/tempat yang digunakan.

Penggunaan In On At yang benar sebagai preposition memerhatikan seberapa luas cakupan keterangan yang digunakan. Cakupan keterangan yang sangat luas menggunakan kata depan in. Untuk cakupan keterangan yang cukup luas menggunakan kata depan on. Sedangkan kata depan at digunakan pada cakupan keterengan yang sangat jelas atau spesifik.

Penggunaan In On At yang Benar

Arti dasar kata depan in, on, dan at berturut-turut secara khusus adalah di dalam, di atas, dan pada. Namun secara umum ketiga kata depan tersebut juga dapat diartikan sebagai pada atau di untuk menunjukkan keterangan waktu atau tempat.

Bagaimana penggunaan in on at yang benar? Penjelasan lebih banyak mengenai penggunaan in on at sebagai kata depan dapat disimak pada bahasan di bawah.

Table of Contents

Baca Juga: 5 Macam Greetings dalam Bahasa Inggris

Penggunaan In On At Sebagai Preposition untuk Tempat

Kata depan untuk keterangan tempat atau preposition for place digunakan untuk menerangkan lokasi atau letak/posisi suatu benda. Beberapa kata depan yang dapat digunakan untuk menunjuk letak benda adalah among (di antara banyak), between (di antara dua), inside (di dalam), outside (di luar), above (di atas), beneath (di bawah), dan lain sebagainya.

Selain beberapa kata depan yang telah disebutkan di atas, penggunaan In On At dapat digunakan sebagai kata depan. Ketiga kata depan untuk menunjuk tempat tersebut dapat diartikan sama yaitu di atau pada. Namun penggunaan In On At memiliki aturan khusu yang perlu diperhatikan.

Aturan penggunaan In On At yang benar untuk menunjukkan keterangan tempat terdapat pada masing-masing penjelasan berikut.

1) Preposisi In untuk Tempat

Preposition in sebagai penunjuk letak atau posisi digunakan untuk menunjukkan tempat dalam cakupan umum/general atau sangat luas. Contoh tempat yang termasuk dalam cakupan umum atau sangat luas adalah nama bangunan, kota, provinsi, negara, benua, dan area lain yang cakupannya masih luas.

Beberapa contoh kalimat dengan preposition in terdapat pada kalimat-kalimat berikut

  • She works in San Fransisco.
    Dia bekerja di San Fransisco.
  • The Louvre Museum is located in France.
    Museum Louvre berlokasi di Prancis.
  • Kangaroo can be found in Australia.
    Kanguru dapat ditemukan di Australia.
  • We slept all day in hotel.
    Kita tidur seharian di hotel  

San Fransisco (kota), France (negara), Australia (benua), dan hotel merupakan keterangan tempat atau lokasi yang cakupannya luas. Sehingga kata depan yang tepat digunakan sebagai kata depan adalah in.

2) Preposisi On untuk Tempat

On sebagai penunjuk tempat dapat digunakan untuk menunjuk benda yang terletak di atas benda lain. Misalnya, buku merah berada di atas meja dapat ditulis sebagai Red book on the table.

Kata depan On dapat juga digunakan sebagai kata depan untuk menunjuk letak atau lokasi. Preposition on digunakan untuk menjelaskan tempat digunakan pada lokasi dengan keterangan yang lingkupnya lebih kecil namun tidak spesifik.

Contoh preposition on digunakan sebelum nama jalan, pulau, sungai, pantai, kendaraan besar, dan lokasi dengan lingkup yang kurang spesifik lainnya. Beberapa contoh penggunaan On terdapat pada kalimat-kalimat berikut.

  • They have been living on Auckman street for three years.
    Mereka telah tinggal di jalan Auckman selama tiga tahun.
  • We are going to Bali on plane.
    Kita akan pergi ke bali dengan pesawat.
  • She was taking a boat on the Mississippi river.
    Dia naik perahu di Sungai Mississippi.
  • A new species of giant tortoise has been discovered on the Galapagos Islands.
    Spesies baru kura-kura raksasa telah ditemukan di Kepulauan Galapagos.

3) Preposisi At untuk Tempat

Penyebutan alamat rumah yang kurang spesifik seperti alamat tanpa nomor rumah ditulis menggunakan on. Misalnya My home is located on Wijaya Kusuma Street. Contoh penggunaan at digunakan sebelum penyebutan alamat rumah lengkap. Misalnya, My home is located at Wijaya Kusuma Street No 113C.

Penggunaan at untuk menunjuk lokasi atau letak tempat yang sudah jelas atau spesifik. Lokasi tersebut dapat berupa alamat rumah, nama toko atau bangunan, dan lokasi lain yang spesifik. Beberapa contoh lain penggunaan at yang benar dalam kalimat Bahasa Inggris adalah sebagai berikut.

  • She lives at Kemasan Street No 85 A, Yogyakarta.
    Dia tinggal di Jalan Kemasan No 85 A, Yogyakarta.
  • The wedding ceremony will be held at Acardia Ballroom of Alana Hotel.
    Upacara pernikahan akan diselenggarakan di Ballroom Acardia Alana Hotel.
  • I saw many interesting books at BCB bookstore.
    Saya melihat banyak buku-buku menarik di toko buku BCB.
  • I will meet you at the Tugu Station.
    Saya akan menemui kamu di Stasiun Tugu.

Baca Juga: Gerund dan Infinitive

Penggunaan In On At yang Benar untuk Waktu

Penggunaan In On At dapat juga sebagai keterangan waktu seperti yang terdapat beberapa contoh kalimat di bawah.

  • I was born in 1998.
  • She was born on July 20th 1990
  • He will go to at 8 o’clock.

Penggunaan In On At pada tiga contoh kalimat di atas didasarkan pada seberapa luas cakupan keterangan waktu yang digunakan. Penjelasan bagaimana penggunaan In On At yang benar sebagai keterangan waktu terdapat pada masing-masing bahasan di bawah.

1) Preposisi In untuk Waktu

Kata depan atau preposisi in digunakan untuk menunjukkan waktu yang sangat umum atau dalam rentang waktu yang sangat panjang. Contoh keterangan waktu yang didahului preposisi in adalah tahun: in 1998, bulan: in July, musim: in Winter, dan keterangan waktu dengan periode yang sangat panjang lainnya.

Preposisi ni juga digunakan untuk menjelaskan keterangan waktu setiap harinya seperti in the morning, in the mornings, in the afternoon (s), in the evening (s). Pengecualian terdapat pada keterangan waktu pada malam hari menggunakan preposisi at night.

Contoh beberapa kalimat dalam Bahasa Inggris dengan preposisi in untuk keterangan waktu:

  • She was born in November.
    Dia lahir di Bulan November.
  • Taylor Swift was born in 1989.
    Taylor Swift lahir pada tahun 1989.
  • I will holiday in Summer.
    Saya akan berlibur di musim panas.
  • I always get up very early in the mornings.
    Saya selalu bangun sangat awal di pagi hari.
  • I come home in the afternoon.
    Saya pulang ke rumah pada sore hari.

2) Preposisi On untuk Waktu

Preposisi on digunakan untuk waktu yang lebih sempit atau lebih spesifik misalnya tanggal dan hari. Namun, preposisi on bukan untuk keterangan waktu yang sangat jelas/spesifik.

Beberapa keterangan waktu dengan preposisi on terdapat sebagai penunjuk hari: on Monday, hari peringatan: on independence day, tanggal: on 25 Desember 1998, dan keterangan waktu yang cukup spesifik lainnya.

Preposisi on juga digunakan pada common expression yang selalu menggunakan on. Contoh penggunaan preposisi on terdapat pada on weekend, on my birthday, on a weekday, dan lain sebagainya

Contoh:

  • Do you go to New York on Tuesday?
    Apakah kamu pergi ke New York pada hari Selasa?
  • He will meet his family on Christmas.
    Dia akan menemui keluarganya pada hari natal.
  • I have to go to Jakarta on 21, June 2022.
    Saya harus ke Jakarta pada tanggal 21 Juni 2022.
  • We are always busy on weekday.
    Kami selalu sibuk di hari kerja.

3) Preposisi At untuk Waktu

Preposisi at digunakan untuk menerangkan waktu yang sangat jelas atau spesifik, misalnya pada keterangan jam dan menit. Penggunaan at sebagai preposisi menandakan kejelasan waktu. Contohnya adalah menjelaskan suatu hari dengan jam yang sudah pasti.

Beberapa cotoh keterengan waktu dengan preposisi at adalah at 7 am, at 8 pm, at 10 o’clock, at 9.35, at present, dan lain sebagainya.

Preposisi at juga digunakan pada common expression seperti waktu malam hari (at night, at bedtime, at midnight), ketika fajar (at sunrise, at dawn, at daybreak) dan at sunset.

Beberapa contoh kalimat dengan preposisi at untuk menunjuk keterangan waktu diberikan seperti berikut.

  • We have a meeting at 1 o’clock.
    Kami rapat pada pukul 1.
  • The show will begin at 9:35.
    Pertunjukan akan mulai pada pukul 9:35.
  • This tasks are not finished at present.
    Tugas ini belum selesai pada saat ini.
  • Our family will arrive in Surabaya at midnight.
    Keluarga kami akan sampai di Surabaya pada tengah malam.
  • We will stop playing football at sunset.
    Kami akan berhenti bermain sepak bola saat matahari terbenam.

Demikianlah tadi ulasan penggunaan In On At yang benar pada kalimat dalam Bahasa Inggris. Di mana penggunaan In On At sebagai kata depan dibedakan dari cakupan keterangan waktu atau tempat yang digunakan.

Ada beberapa time signals (keterangan waktu) yang tidak terikat aturan penggunaan In On At yang benar. Kondisi ini terjadi ketika keterangan waktu yang sebelumnya diikuti oleh kata sifat seperti last, next, every, dan this. Contoh penggunaan In On At yang tidak tepat dan perbaikan sesuai pengecualian untuk time signal tertentu terdapat pada contoh berikut.

  • Salah: I went to Surabaya in last Desember with my family
    Benar: I went to Bali last Desember with my family
  • Salah: She gives me a gift at every Christmas.
    Benar: She gives me a gift every Christmas.

Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Rumus Gerund dan Macam-Macamnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version