4 Bagian Jantung Manusia dan Fungsinya

By | June 24, 2021

Jantung adalah salah satu organ dalam tubuh yang berfungsi untuk memompa darah. Bagian jantung manusia terdiri dari empat ruang bagian yang meliputi dua ruang serambi (kanan-kiri) dan dua ruang bilik (kanan-kiri). Serambi jantung atau atrium adalah bagian jantung bagian atas, sedangkan bilik jantung atau ventrikel adalah bagian jantung bagian bawah. Antara bagian kanan dan kiri jantung dipisahkan oleh sekat jantung. Fungsi dari sekat jantung adalah untuk mencegah bercampurnya darah kaya oksigen dan darah kaya karbon dioksida.

Dengan demikian bagian jantung manusia meliputi atrium dexter (serambi kanan), atrium sinister (serambi kiri), ventrikel dexter (bilik kanan), dan ventrikel sinister (bilik kiri). Serambi kiri menerima darah dari paru-paru yang mengandung banyak oksigen, serambi kanan menerima darah dari seluruh tubuh yang kaya karbon dioksida. Bilik kanan merupakan bagian jantung yang memompa darah kotor dari jantung ke paru-paru. Sedangkan bilik kiri merupakan bagian jantung yang memompa darah bersih dari jantung ke seluruh tubuh.

Bagian Ruang Jantung dan Fungsinya

Empat ruang jantung manusia tersambung dengan pembuluh darah yang terdapat di seluruh tubuh. Bagaimana gambar bagian jantung manusia? Apa saja fungsi dari setiap bagian jantung? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: 2 Macam Alat Peredaran Darah Manusia

Gambar Bagian Jantung Manusia dan Keterangannya

Jantung manusia pada umumnya memiliki ukuran kurang lebih sebesar kepalan tangan pemiliknya. Letak jantung manusia normal berada di dalam rongga dada sebelah kiri di atas diafragma. Bagian jantung terdiri oleh empat ruang yang terhubuh oleh pembuluh darah.

Gambaran bagian jantung manusia beserta keteranggan dapat dilihat seperti berikut.

Gambar Bagian-Bagian Jantung Manusia dan Keterangannya

Keterangan gambar bagian jantung manusia dan fungsinya:

  • Serambi Kanan (Atrium Dexter): menerima darah kotor (kaya CO2/karbon dioksida) dari seluruh tubuh dan memompanya ke bilik kanan
  • Serambi Kiri (Atrium Sinister): menerima darah bersih (kaya O2/oksigen) dari paru-paru dan memompanya ke bilik kiri
  • Bilik kanan (Ventrikel Dexter): menerima darah kotor dari serambi kanan kemudian memponya ke paru-paru melalui pembuluh darah arteri pulmonalis
  • Bilik kiri (Ventrikel Sinister): menerima darah bersih dari serambi kiri kemudian memponya ke seluruh tubuh
  • Vena cava superior (pembuluh balik besar bagian atas): membawa darah kotor dari seluruh tubuh bagian atas (kepala dan tangan) menuju serambi kanan
  • Vena cava inferior (pembuluh balik besar bagian bawah): membawa darah kotor dari seluruh tubuh bagian bawah (kaki dan tubuh) menuju serambi kanan
  • Aorta: mengalirkan darah kaya oksigen dari jantung (bilik kiri) ke seluruh tubuh, merupakan pembuluh darah arteri terbesar yang langsung terhubung dengan jantung
  • Arteri pulmonalis: membawa darah kaya karbon dioksida dari bilik kanan menuju kedua bronkus paru-paru, satu-satunya aretri yang membawa darah yang kaya karbon dioksida
  • Vena pulmonalis: membawa darah dari paru-paru menuju serambi kiri, satu-satunya vena yang membawa darah yang kaya oksigen

Baca Juga: Peredaran Darah Besar dan Kecil pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman terkait bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Soal Keterangan Bagian Jantung Manusia

Contoh Soal Bagian-Bagian Jantung

Pembahasan:

Sistem peredaran darah manusia disebut dengan peredaran darah ganda yang meliputi peredaran darah besar dan kecil.

Peredaran darah dari jantung (bilik kanan) ke paru-paru kemudian kembali lagi menuju jantung (serambi kiri) merupakan peredaran darah kecil. Bagian jantung untuk serambi kiri diberi keterangan nomor 2.

Sedangkan darah yang mengalir dari jantung ke seluruh permukaan tubuh merupakan bagian dari peredaran darah besar. Urutan peredaran darah besar adalah jantung (bilik kiri) ke seluruh tubuh jantung kemudian kembali ke jantung (serambi kanan). Dengan demikian bagian jantung yang memompa darah keluar ke seluruh tubuh adalah biliki kiri (ditunjuk oleh nomor 4).

Jadi, bagian jantung yang berfungsi menampung darah yang berasal dari paru-paru dan memompa darah keluar ke seluruh tubuh secara urut adalah 2 dan 4.

Jawaban: D

Contoh 2 – Soal Ruang Jantung dan Fungsinya

Perhatikan gambar berikut!

Contoh Soal Bagian Ruang Jantung dan Fungsinya

Bagian dari organ yang ditunjukkan huruf X dan fungsinya adalah ….
A. serambi kiri, menerima darah darah bersih dari paru-paru
B. serambi kanan, menerima darah kotor dari seluruh tubuh
C. bilik kiri, memompa darah bersih ke seluruh tubuh
D. bilik kanan, memompa darah kotor ke paru-paru​

Pembahasan:

Tanda X pada gambar menunjukkan bagian jantung yang disebut serambi kanan. Alitan darah yang menuju pada serambi kanan berasal dari seluruh tubuh. Kandungan darah dari serambi kanan banyak mengandung karbon dioksida (kandungan oksigen rendah).

Jadi, bagian dari organ yang ditunjukkan huruf X dan fungsinya adalah serambi kanan, menerima darah kotor dari seluruh tubuh.

Jawaban: B

Contoh 3 – Soal Bagian Jantung Manusia

Perhatikan gambar berikut!

Soal Bagian Ruang Jantung dan Fungsinya

Dari gambar di atas bagian jantung yang banyak mengandung oksigen ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3

Pembahsan:

Bagian ruang jantung yang kaya oksigen adalah serambi kiri dan biliki kiri. Darah yang berada di serambi kiri berasal dari paru-paru, darah yang berada di bilik kiri akan diedarkan ke seluruh tubuh. Pada gambar yang diberikan, serambi kiri ditunjuk oleh nomor 2 dan biliki kiri ditunjuk oleh nomor 4.

Jadi, bagian jantung yang banyak mengandung oksigen ditunjukkan oleh nomor 2 dan 4.

Jawaban: B

Demikianlah tadi ulasan 4 bagian ruang jantung dan fungsinya sebagai salah satu alat peredaran darah. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Sistem Peredaran Darah Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.