Cara Menghitung Persen dari Jumlah Total

By | June 23, 2021

Persen adalah operator matematika yang menyatakan bagian dari per seratus. Simbol persen dalam matematikan dinyatakan dalam % (dibaca: persen). Simbol persen sering ditemukan pada benda yang dijual dengan diskon. Misalnya diskon 10% sepuluh persen), 20% (dua puluh persen), dan lain sebagainya. Cara menghitung persen dari jumlah total dilakukan melalui perhitungan besar persentase dikali jumlah total. Hasil perhitungan merupakan besar bilangan yang sesuai dengan persentase dari jumlah total.

Cara menghitung persen dari jumlah total dapat dilakukan tanpa alat bantu hitung atau dengan alat bantu hitung. Cara pertama adalah melakukan perhitungan tanpa alat bantu hitung. Kemampuan menghitung perkalian dan pembagian dibutuhkan untuk dapat menghitung persen. Cara kedua adalah melakukan perhitungan dengan bantuan alat hitung. Jenis alat bantu hitung yang dapat digunakan dapat berupa kalkulator, excel, atau perangkat hitung lainnya.

Bagaimana cara menghitung persen dari jumlah total tanpa alat bantu hitung? Bagaimana cara menghitung persen dari jumlah total menggunakan alat bantu hitung? Cari tahu caranya melalui ulasan di bawah.

Cara Menghitung Persen dari Jumlah Total Tanpa Alat Bantu Hitung

Perhitungan persen dari jumlah total tanpa alat bantu hitung adalah masalah perkalian dan pembagian. Hasil persen dari jumlah total sama dengan perkalian antara bilangan persentase per seratus dikali jumlah total. Perhatikan proses menentukan hasil persentase untuk mempermudah pemahaman seperti contoh berikut.

Contoh: sebuah buku diketahui memiliki harga sebesar Rp20.000,00 dengan diskon 25%. Berapakah nilai harga yang setara dengan persentase diskon tersebut?

Dari informasi yang diberikan diketahui bahwa:

  • Jumlah total harga sebelum diskon adalah Rp20.000,00
  • Besar persentase diskon 25%

Cara menghitung persen dari jumlah total/harga:

Cara Menghitung Persen dari Jumlah Total Tanpa Alat Bantu Hitung

Hasil perhitunga diperleh nilai harga yang senilai dengan persentase diskon 25% untuk jumlah harga Rp20.000,00 yaitu Rp5.000,00. Sehingga dapat dikatakan bahwa besar diskon yang diberikan untuk pembelian buku tersebut adalah Rp5.000,00.

Baca Juga: Cara Menentukan Satuan Bilangan Berpangkat Banyak

Perhitungan dengan Bantuan Alat Bantu HItung

Cara menghitung besar nilai yang setara dengan bilangan persentasenya juga dapat dilakukan melalui kalkulator. Beberapa kalkulator dilengkapi dengan tanda simbol persen (%). Beberapa kalkulator tipe tidak dilengkapi dengan tanda persen (%). Namun kondisi dapat diatasi dengan memanfaatkan operator bagi pada kalkulator. Makna persen berarti per seratus, artinya bilangan persen sama dengan nilai bilangan per seratus. Misalnya 25% memiliki nilai yang sama dengan25 per seratus atau 25 dibagi seratus.

Contoh menghitung persen dari jumlah total dapat dilakukan seperti berikut. Note: agar mempunyai hasil pembanding, perhitungan dilakukan untuk contoh soal sebelumnya.

Caranya cukup dengan menekan bilangan 25 → tanda % (persen) → tanda kali (×) → jumlah total/harga yaitu 20000. Pada kalkulator yang tidak dilengkapi dengan tanda persen (%) dapat menekan menekan 25 → tanda bagi ( / atau ÷) → tanda kali (×) → 20000. Hasil perhitungam 25% dari 20.000 menggunakan kalkulator adalah 5000.

Cara Menghitung Persen dari Jumlah Total Dengan Alat Bantu Hitung Kalkulator

Cara menghitung hasil persen dari jumlah total juga dapat dilakukan melalui kalkulator dari mesin pencari google. Untuk memunculkan fitur kalkulator dari mesin pencari google dapat dilakukan dengan mengetik kalkulator kemudian tekan cari melalu browser chrome. Setelah nya akan muncul kalkulator sederhana di halaman mesin pencari. Selanjutnya, yang perlu dilakukan adalah mengetik bilangan persen dan dan jumlah total dari yang ingin diketahui.

Contoh Cara Menghitung Persen dari Jumlah Total

Perhitungan persen juga dapat dilakukan dengan mengetikkan langsung melalui chrome pada mesin pencari Google. Untuk perhitungan sesuai dengan contoh di atas dapat langsung mengetik 25% diikuti tanda (*) kemudian 20000 kemudian enter. Selanjutnya mesin pencari Google akan menampilkan hasilnya yaitu 5000.

Contoh Cara Menghitung Persen dari Jumlah Total Melalui Mesin Pencari Google

Diskon adalah potongan harga, artinya harga buku tersebut adalah Rp20.000,00 – Rp5.000,00 = Rp15.000,00.

Demikianlah tadi ulasan cara menghitung persen dari jumlah total. Perhitungan ini mungkin diperlukan untuk menghitung harga dari suatu produk dengan keterangan diskon. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Cara Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Desimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.