Alat Peredaran Darah dan Fungsinya

By | June 23, 2021

Tubuh manusia mendapatkan suplai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, sel-sel dalam tubuh juga membutuhkan oksigen yang diperoleh saat bernafas. Nutrisi dan oksigen dapat tersebar ke seluruh tubuh karena darah menghantarkan keduanya ke seluruh tubuh. Darah dapat beredar ke seluruh bagian tubuh karena alat peredaran darah berfungsi dengan baik. Alat peredaran darah pada manusia terdiri dari organ jantung dan pembuluh darah.

Jantung adalah merupakan kumpulan jaringan otot dengan fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Letak jantung manusia berada di rongga dada bagian sebelah kiri. Pembuluh darah merupakan saluran tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh, atau sebaliknya. Sehingga letak pembuluh darah berada di seluruh bagian tubuh. Kedua alat peredaran darah ini bekerjasama untuk mengupayakan sistem peredaran darah bekerja dengan baik.

Alat Peredaran Darah Manusia

Di manakah letak jantung manusia dan bagaimana mekanisme kerjanya? Apa saja pembuluh darah pada tubuh manusia? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: Mekanisme Pembekuan Darah Saat Terjadi Luka

Jantung

Manusia normal memiliki jantung terletak di dalam rongga dada sebelah kiri di atas diafragma. Penyusun organ jantung adalah kumpulan jaringan berupa otot jantung. Lapisan tengah dinding jantung disebut miokardium, sedangkan lapisan terluar adalah epikardium dan bagian terdalam adalah endokardium.

Ukuran jantung manusia sekitar besar kepalan tangan pemiliknya yang terdiri oleh ruang-ruang. Jantung bagian kiri dan kanan dipisahkan oleh sekat berupa otot yang disebut septum cordi. Sedagnkan sekat yang memisahkan serambi (ruang bagian atas) dan bilik (ruang bagian bawah) disebut septum atrio ventricolorum. Sekat jantung berfungsi mencegah bercampurnya darah yang mengandung banyak oksigen dan karbon dioksida.

Bagian-Bagian Jantung Manusia

Bagian jantung manusia terdiri atas empat yaitu atrium (serambi jantung) bagian kanan dan kiri, serta ventrikel (bilik jantung) bagian kanan dan kiri. Posisi serambi jantung berada di bagian atas, sedangkan letak bilik jantung berada di bagian bawah. Sehingga, ada empat ruang jantung manusia yang meliputi serambi kanan (atrium dexter), serambi kiri (atrium sinister), bilik kanan (ventrikel dexter), dan bilik kiri (ventrikel sinister).

Bagian-Bagian Jantung

Ada empat katup jantung manusia yang memisahkan satu ruang dengan ruang lainnya. Empat katup jantung manusia meliputi katup,

  • Trikuspidalis: klep berdaun tiga yang berada di antara serambi kanan dan bilik kanan
    Fungsi: mengalirkan darah dari serambi kanan masuk ke bilik kanan, serta mencegah darah masuk kembali ke dalam serambi kanan
  • Bikuspidalis (Mitral): klep berdaun dua yang terdapat di antara serambi kiri dan bilik kiri
    Fungsi: mengalirkan darah dari serambi kiri ke bilik kiri, serta mencegah darah masuk kembali ke dalam serambi kiri
  • Katup Pulmonalis: katup antara bilik kanan dan pembuluh arteri pulmonalis
    Fungsi: mengalirkan darah dari bilik kanan ke paru-paru melalui pembuluh arteri pulmonalis dan menghalangi akses darah kembali lagi ke bilik kanan
  • Katup Aorta: katup antara bilik kiri dan pembuluh darah aorta (pembuluh darah paling besar dalam tubuh.
    Fungsi: menutup bilik kiri saat darah kaya oksigen dikeluarkan dari jantung serta mencegah darah yang menuju seluruh tubuh dan ke paru-paru tidak kembali ke jantung

Fungsi dan Mekanisme Kerja Jantung

Fungsi utama dari jantung adalah untuk memompa darah. Bagian jantung manusia pada miokardia/mirokardium terdapat kumpulan otot-otot sangat kuat yang melakukan kontraksi. Kontraksi miokardium bertanggung jawab memompa darah beroksigen ke seluruh tubuh.

Secara ringkas mekanisme kerja jantung adalah sebagai berikut:

  • Serambi mengembang (relaksasi) sehingga darah akan masuk ke dalam serambi jantung.
  • Serambi menguncup (berkontraksi) sehingga daraj masuk dalam bilik jantung.
  • Bilik jantung menguncup/berkonotraksi dan darah mengalir ke luar jantung

Baca Juga: 3 Bagian Utama Otak Manusia dan Fungsinya

Pembuluh Darah

Pembuluh darah merupakan saluran tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh, atau sebaliknya. Ada dua macam pembuluh darah yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Pembuluh nadi dan pembuluh balik bercabang-cabang di seluruh bagian tubuh. Ujung cabang pembuluh yang terkecil disebut pembuluh kapiler. Jika seluruh pembuluh darah manusia dihubungkan dari ujung ke ujung maka panjangnya dapat mencapai 160.000 km.

Pembuluh Darah Arteri (Nadi)

Pembuluh nadi atau arteri yaitu pembuluh yang membawa darah bersih atau darah kaya oksigen keluar dari jantung, kecual artei pulmonalis. Arteri pulmonalis membawa darah kaya karbondioksida dari jantung menuju paru-paru. Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta.

Arteri hanya memiliki satu buah katup yang terdapat pada saluran awal keluar dari jantung. Pembuluh arteri umumnya terletak di tubuh bagian dalam dengan sifat dinding pembuluh tebal dan elastis. Tekanan darah pada pembuluh arteri kuat, jika terjadi luka pada pembuluh darah arteri maka darah akan memancar.

Karakteristik pembuluh nadi (arteri):

  • Denyut terasa
  • Umumnya terletak di bagian dalam tubuh
  • Dinding tebal, kuat, dan elastis
  • Tekanan darahnya kuat, jika terjadi luka pada pembuluh maka darah akan memancar
  • Kecepatan aliran darah mengalir cepat
  • Arah aliran darah meninggalkan jantung
  • Membawa darah yang mengandung banyak oksigen, kecuali arteri pulmonalis

Pembuluh Balik (Vena)

Pembuluh balik atau vena adalah pembuluh darah yang membawa darah kaya karbondioksida dari seluruh tubuh menuju jantung, kecuali vena pulmonalis. Vena pulmonalis membawa darah kaya oksigen dari paru-paru menuju jantung.

Vena memiliki banyak katup yang terdapat di sepanjang pembuluh yang mengarah ke jantung. Salulran pembuluh balik banyak terletak di permukaan tubuh dengan sifat dinding pembuluh tipis dan kurang elastis. Tekanan darah pada pembuluh balik rendah, jika terjadi luka pada pembuluh vena maka darah akan menetes.

Karakteristik pembuluh balik (vena):

  • Denyut tidak terasa
  • Terletak di dekat permukaan tubuh
  • Dinding tipis dan tidak elastis
  • Tekanan aliran darahnya lemah, jika terjadi luka pada pembuluh maka darah akan menetes
  • Kecepatan aliran darah mengalir lambat
  • Arah aliran menuju jantung
  • Membawa darah yang mengandung banyak karbondioksida, kecuali vena pulmonalis

Secara ringkas, perbeadaan pembuluh aretri dan vena diberikan seperti berikut.

Tabel Perbedaan Arteri dan Vena

Baca Juga: Contoh Hasil Persilangan Golangan Darah Manusia

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan di bawah dilengkapi dengan pembahasannya. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Beralatih!

Contoh 1 – Soal Bagian-Bagian Alat Peredaran Darah

Contoh Soal Bagian-Bagian Alat Peredaran Darah

Pembahasan:

Darah pada pembuluh nadi atau arteri mengandung darah bersih (kaya oksigen), kecuali arteri pulmonalis. Arteri mendistribusikan darah yang kaya oksigen ke pembuluh kapiler. Sedangkan arteri pulmonalis berfungsi mengangkut karbon dioksida menuju ke paru-paru.

Pada peredaran darah kecil aliran darah terjadi dari bilik kanan menuju paru-paru kemudian ke serambi kiri. Berdasarkan gambar, aliran darah menuju paru-paru ditunjukkan pada keterangan gambar nomor 1.

Bagian-Bagian Alat Peredaran Darah

Jadi, arteri pulmonalis ditunjukkan oleh nomor 1.

Jawaban: A

Contoh 2 – Soal Alat Peredaran Darah

Pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung menuju seluruh tubuh disebut ….
A. kapiler darah
B. pembuluh besar
C. pembuluh arteri
D. pembuluh vena

Pembahasan:

Pembuluh nadi atau arteri mendistribusikan darah yang kaya oksigen ke pembuluh kapiler selutuh tubuh (kecuali arteri pulmonalis). Kapiler merupakan nama pembuluh darah terkecil di dalam tubuh manusia. Diameter pembuluh kapiler dalam tubuh manusia sekitar 5-10 mikrometer.

Jadi, pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung menuju seluruh tubuh disebut pembuluh arteri.

Jawaban: C

Baca Juga: Urutan Peredaran Darah Besar dan Kecil pada Manusia

Contoh 3 – Soal Alat Peredaran Darah

Perhatikan gambar di bawah!

Contoh Soal Bagian-Bagian Jantung

Katup trikuspidalis terdapat di antara bagian ….
A. I dan II
B. I dan III
C. II dan III
D. III dan IV

Pembahasan:

Katup trikuspidalis adalah klep berdaun tiga yang berada di antara serambi kanan dan bilik kanan. Letak serambi kanan pada gambar bagian jantung di soal ditunjukkan oleh nomor I. Sedangkan letak bilik kanan pada gambar di atas ditandai dengan nomor II.

Jadi, katup trikuspidalis terdapat di antara bagian I dan II.

Jawaban: A

Contoh 4 – Soal Alat Peredaran Darah

Perhatikan ciri-ciri pembuluh darah berikut!
1) Darah akan memancar keluar apabila terjadi luka
2) Arah aliran meninggalkan jantung
3) Letaknya dekat permukaan kulit
4) Dinding tipis dan tidak elastis
5) Mempunyai banyak katup

Ciri-ciri pembuluh vena yang tepat terdapat pada angka ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 3), 4), dan 5)

Pembahasan:

Beberapa karakteristik dari pembuluh vena adalah:

  • Darah akan menetes keluar apabila terjadi luka
  • Arah aliran menuju jantung
  • Letaknya dekat permukaan kulit
  • Dinding tipis dan tidak elastis
  • Mempunyai banyak katup

Jadi, ciri-ciri pembuluh vena yang tepat terdapat pada angka 3), 4), dan 5).

Jawaban: D

Demikianlah tadi ulasan alat peredaran darah yang melipupti organ jantung dan pembuluh darah. Masing-masing alat peredaran darah mempunyai perannya masing-masing dan bekerja sama menjalankan sebuah sistem. Adanya kerjasama yang baik dari kedua alat peredaran darah ini memungkinkan tubuh manusia dapat berfungsi dengan baik. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Kelainan yang Dapat Terjadi pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.