Planet dan Nama Satelitnya

By | July 3, 2019

Planet dan Nama Satelitnya – Dalam sistem tata surya ada delapan planet yang perlu sobat idschool ketahui. Kedelapan planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Setiap planet memiliki satelitnya masing – masing. Ada planet dengan satu satelit alami dan ada planet yang memiliki satelit lebih dari satu. Bahkan ada juga planet yang tidak memiliki satelit alami. Melalui halaman ini, sobat idschool dapat mencari tahu apa saja planet dan nama satelitnya.

Sebelum mengulas nama – nama satelit pada planet dalam sistem tata surya, sebaiknya sobat idschool mengetahui pengertian dari planet dan satelit itu sendiri. Planet adalah benda langit yang mengelilingi bintang (mengorbit bintang) dengan lintasan dan kecepatan tertentu. Sedangkan satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu.

Planet dan Satelit

Simak bahasan plenet dan nama satlitnya pada masing – masing ulasan berikut.

Satelit Merkurius

Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari. Planet Merkurius diketahui tidak memiliki satelit. Mengapa planet Merkurius tidak memiliki satelit? Kondisi ini dikarenakan jarak planet Merkurius yang dekat dengan Matahari. Pengaruh gravitasi Matahari yang besar akan mempengaruhi benda langit yang mengitari planet Merkurius. Sehingga tidak ada benda langit yang dapat mengitari Merkurius dalam waktu yang cukup lama. Hal inilah yang menyebabkan planet Merkurius tidak memiliki satelit alami.

Satelit Merkurius: –

Satelit Venus

Sama seperti planet Merkurius, planet Venus juga diketahui tidak Memiliki satelit. Dalam sistem tata surya, planet Venus adalah planet dengan jarak kedua terdekat dari matahari. Alasan yang sama juga berlaku pada planet Venus. Jarak planet Venus dengan matahari yang cukup dekat dapat mempengaruhi benda langit yang mengitari planet Venus. Gravitasi matahari terlalu besar sehingga dapat membuat orbit benda langit di sekitar planet Venus menjadi terganggu. Sehingga, planet Venus tidak memiliki satelit alami.

Satelit Venus: –

Satelit Bumi

Planet Bumi, planet yang sobat idschool tinggali ini menempati uturan ketiga dari planet – planet dalam sistem tata surya. Bumi diketahui hanya memiliki satu satelit alami yaitu Bulan. Dalam sistem tata surya, bulan merupakan satelit terbesar kelima. Gravitasi bulan berpengaruh terhadap air yang berada di planet Bumi.

Adanya bulan sebagai satelit Bumi membuat penghuni bumi dapat mengalami fenomena alam seperti gerhana matahari, gerhana bulan, dan lain sebagainya. Bulan juga memberikan beberapa manfaat seperti sebagai alat menghitung kalender.

Satelit Bumi: Bulan

Baca Juga: Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi

Satelit Mars

Nama satelit alami yang dimiliki planet Mars ada dua yaitu Phobos dan Deimos.

Planet Mars mendapatkan satelit alaminya dari menangkap dengan cara menangkap sebuah objek berupa benda langit. Objek atau benda langit yang ditangkap dalam hal ini adalah asteroid atau komet. Benda langit tersebut kemudian terperangkap dalam pengaruh gravitasi planet Mars sehingga menjadi satelit alami Planet Mars.

Satelit Mars: Phobos, Deimos

Satelit Yupiter

Planet Yupiter adalah planet dengan urutan kelima dalam sistem tata surya. Yupiter sangat dikenal sebagai planet terbesar. Sebagai planet terbesar dalam sistem tata surya, planet Yupiter diketahui memiliki 67 satelit. Di antara 67 satelit alami yang dimiliki planet Yupiter, ada empat satelit terbesar.

Nama empat satelit alami dari planet Yupiter adalah:

  1. Io
  2. Europa
  3. Ganymede
  4. Callisto

Selain keempat satelit yang telah disebutkan di atas, nama satelit planet Yupiter di antaranya adalah Amalthea, Himalia, Elara, Pasiphae, Sinope, Carme, Lysithea, Ananke, Leda, Adrastea, Metis, Thebe.

Satelit Yupiter: Io, Europa, Ganymede, Callisto, dan 63 satelit lain

Satelit Saturnus

Saturnus sangat dikenal sebagai planet bercincin. Adanya cincin yang mengitari planet Saturnus membuat planet ini terlihat sangat indah. Planet Saturnus memiliki 62 satelit. Diantaranya banyaknya satelit yang dimiliki planet Saturnus, terdapat satelit dengan nama Titan. Satelit Titan inilah yang merupakan satelit terbesar planet Saturnus.

Nama satelit Saturnus:

  1. Titan
  2. Hyperion
  3. Phoebe

Selain itu, nama satelit Saturnus lainnya adalah Iapetus, Rhea, Dione, Tethys, Enceladus, Janus, Lapetus, Pandora, Prometheus, Mimas.

Satelit Saturnus: Titan, Hyperion, Phoebe, 59 satelit lain.

Satelit Uranus

Planet Uranus diketahui memiliki 27 satelit alami. Dua satelit terbesar dari 27 satelit alami yang dimiliki planet Uranus adalah Titania dan Oberon. Kedua satelit tersebut adalah dua satelit alami pertama planet Uranus yang ditemukan. Sedangkan untuk satelit terbesar dari planet Uranus adalah Titania dengan diameter dengan diameter 1.578 km.

Titania juga menjadi satelit alami terbesar ke-8 dalam sistem tata surya.

Nama lima satelit utama planet Uranus adalah:

  1. Titania
  2. Oberon
  3. Miranda
  4. Ariel
  5. Umbriel

Satelit Uranus: Titania, Oberon, Miranda, Ariel, Umbriel, dan 22 satelit lain.

Satelit Neptunus

Dalam sistem tata surya, planet Neptunus menempati urutan terakhir dengan jarak paling jauh dari matahari. Planet Neptunus diketahui memiliki 14 satelit alami. Dari 14 satelit alami yang dimiliki planet Neptunus, Triton adalah satelit alami terbesar dari planet Neptunus.

Nama satelit Neptunus:

  1. Triton
  2. Nereid
  3. Thalassa
  4. Despina
  5. Galatea
  6. Proteus
  7. Larissa

Satelit Neptunus: Triton, Nereid, Thalassa, Despina, Galatea, Proteus, Larissa, dan 7 satelit lain.

Secara ringkas, planet dan nama satelitnya diberikan seperti pada tabel di bawah.

Nama Satelit Planet

Baca Juga: Karakteristik Planet dalam Sistem Tata Surya

Demikianlah bahasan terkait planet dan nama satelitnya, terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Sebutan Nama Lain Planet – Planet