Perbedaan AM dan PM Sebagai Penunjuk Waktu Siang dan Malam

By | May 13, 2020

Waktu dalam sehari terdiri dari 24 jam yang meliputi siang dan malam. Lamanya waktu tersebut didasarkan pada rotasi bumi. Beberapa daerah bisa mempunyai durasi siang dan malam yang tidak terlalu jauh berbeda. Beberapa daerah lainnya mungkin memiliki perbedaan siang dan malam yang cukup jauh berbeda untuk musim tertentu. Namun sesuai kesepakatan, setiap wilayah memiliki 24 jam dalam satu hari. Waktu 24 jam tersebut kemudian terbagi sebagai penunjuk waktu siang dan malam. Pembagian waktu tersebut menggunakan sebuah kode yang diletakkan di akhir waktu. Kode yang digunakan adalah AM dan PM.

Apa itu AM? Apa itu PM? Apa perbedaan AM dan PM sebagai penunjuk waktu siang dan malam? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui halaman ini.

Pembagian Waktu AM dan PM

Perbedaan AM dan PM

Durasi waktu selama 24 jam untuk sebuah hari baru dimulai dari pukul 00.00 sampai dengan 23:59. Waktu tersebut dibagi menjadi dua sama panjang dengan panjang durasi masing – masing 12 jam.

Pertama, untuk 12 jam pertama dari suatu hari dimulai dari pukul 00.00 (petang/dini hari) sampai pukul 11.59 (siang/tengah hari). Pernyataan waktu pada durasi ini menggunakan AM dalam menyebutnya. Misalkan diketahui waktu 7:30 AM, artinya waktu tersebut merujuk pada pukul 7:30 pagi hari.

Keterangan Waktu AM (Ante Meridiem))

Selanjutnya untuk 12 jam kedua dari suatu hari dimulai pukul 12.00 (siang/tengah hari) sampai pukul 23:59 (malam hari). Setiap waktu yang berada pada durasi ini menggunakan keterangan PM. Misalnya diketahui waktu pukul 7:30 PM, artinya waktu tersebut merujuk pada pukul 7:30 malam hari.

Keterangan Waktu PM (Post Meridiem)

AM merupakan singkatan dari Ante Meridiem yang memiliki arti before noon/sebelum tengah hari). Sedangkan PM merupakan singkatan dari Post Meridiem dengan arti after noon atau setelah tengah hari.

Baca Juga: Cara Menyatakan Waktu dalam Bahasa Inggris

Contoh Soal Menentukan Waktu

Untuk menambah pemahaman sobat idschool, perhatikan cara menentukan waktu pada contoh soal berikut. Soal meliputi dua buah undangan dengan keterangan waktu menggunakan PM/AM untuk acara berbeda.

Contoh 1: Menentukan waktu yang terdapat pada undangan ulang tahun

Soal Membaca dan Menentukan Waktu dari Undangan

Pukul berapakah pesta ulang tahun yang sesuai dengan undangan di atas akan diselenggarakan?

Pembahasan:

Untuk mengetahui pukul berapa pesta ulang tahun akan diselenggarakan perhatikan pada bagian time. Undangan tersebut memberi informasi bahwa pesta akan diselenggarakan pada pukul 8 PM. Keterangan PM menunjukkan bahwa waktu tersebut berada pada rentang siang – sampai malam atau after noon. Artinya, pukul 8 PM sama dengan pukul 8 malam.

Jadi, pesta ulang tahun akan diselenggarakan pada pukul 8 malam.

Contoh 2: Menentukan waktu pada undangan upacara penerimaan

Contoh Soal Menentukan Waktu dalam AM dan PM

Pukul berapakah upacara pada undangan di atas akan berlangsung?

Pembahasan:

Keterangan waktu pada undangan tersebut terdapat pada from 6:30 AM – 10:00 AM. Rentang waktu dengan AM dibelakang angka menunjuk pada periode dini hari/malam (pukul 00:00) sampai dengan siang tengah hari (pukul 11:59). Sehingga dengan keterangan waktu 6.30 AM – 10:00 AM sama dengan pukul 6.30 pagi sampai 10 pagi.

Demikianlah tadi ulasan materi perbedaan am dan pm sebagai penunjuk waktu siang dan malam. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Macam Greetings Berdasarkan Waktu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.