Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan

By | March 28, 2020

Tumbuhan merupakan makhluk hidup dengan salah satu cirinya yaitu berkembangbiak. Kemempuan berkembangbiak suatu makhluk hidup berperan untuk menghasilkan individu baru. Pada tumbuhan, cara menghasilkan individu terdiri dari dua cara yaitu vegetatif dan generatif. Pertumbuhan vegetatif pada tumbuhan adalah cara menghasilkan individu baru tanpa melalui pembuahan (secara aseksual/tak kawin). Bahasan mengenai perkembangbiakan vegetatif dapat dilihat melalui halaman ini.

Sedangkan perkembangbiakan generatif pada tumbuhan merupakan pembentukan individu baru yang didahului oleh peleburan sel gamet (secara kawin). Bagaimanakah mekanisme perkembangbiakan generatif tumbuhan? Melalui halaman ini, sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya.

Perkembangbiakan generatif tumbuhan dilakukan melalui penyerbukan dengan melibatkan benang sari (organ reproduksi jantan pada tumbuhan) dan putik (organ reproduksi betina pada tumbuhan).

Proses pembentukan individu baru pada tumbuhan secara generatif didahului dengan pembuahan. Peristiwa pembuahan pada tumbuhan diawali oleh jatuhnya serbuk sari (bagian dari benang sari) ke kepala putik (bagian atas putik). Peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik ini dikenal dengan istilah penyerbukan.

Ada beberapa cara bagaimana serbuk sari dapat jatuh ke kepala putik. Misalnya dengan bantuan manusia, melalui perantara hewan, atau melalui perantara air. Terkadang dua jenis tanaman yang terlibat pada proses penyerbukan bisa berbeda, atau bisa juga sama. Sehingga penyerbukan dibedakan menjadi empat jenis yaitu penyerbukan sendiri, tetangga, silang, dan bastar.

Baca Juga: Penjelasan 4 Macam Jenis Penyerbukan

Serbuk sari yang menempel pada kepala putik kemudian akan jatuh menuju bakal biji. Pertemuan antara serbuk sari dengan bakal biji kemudian akan menghasilkan calon tumbuhan baru berupa biji tanaman.

Melalui biji tanaman inilah kemudian akan terbentuk individu baru dari sebuat tumbuhan.

Pada umumnya, perkembangbiakan generatif dialami oleh tumbuhan berbunga. Karena pada bunga terdapat benang sari dan putik sebagai organ terpenting dalam perkembangbiakan generatif.

Baca Juga: Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tertutup

Itulah tadi ulasan mengenai perkembangbiakan generatif pada tumbuhan. Merupakan sebuah proses untuk menghasilkan individu baru yang didahului oleh pembuahan. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: 4 Macam Simbiosis (Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme, dan Amensalisme)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.