Perbedaan Bunga Lengkap dan Bunga Sempurna

By | March 6, 2019

Perbedaan bunga lengkap dan bunga sempurna dapat dilihat berdasarkan kelengkapan komponen penyusun bunga. Komponen bunga terdiri dari mahkota, kelopak, putik, benang sari, tangkai, dan dasar bunga. Beberapa bunga dapat masuk ke dalam dua jenis kelompok bunga ini. Beberapa bunga lainnya hanya masuk dalam kelompok bunga sempurna namun tidak masuk dalam kelompok bunga lengkap. Bunga apa sajakah itu? Apa perbedaan dari kedua jenis pengelompokan bunga ini? Melalui ulasan berikut, sobat idschool dapat mempelajari perbedaan bunga lengkap dan bunga sempurna.

Berbagai bunga yang dapat dijumpai sehari – hari dapat dikelompokkan menjadi dua. Pengelompokan tersebut dilihat berdasarkan kelengkapan penyusun bunga dan kelengkapan alat perkembangbiakan yang dimiliki bunga dalam satu pohon. Pengelompokan bunga berdasarkan kelengkapan penyusun bunga dibedakan menjadi bunga lengkap dan bunga tidak lengkap. Sedangkan pengelompokkan bunga berdasarkan kelengkapan alat perkembangbiakan bunga dalam satu pohon meliputi bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. Selanjutnya simak ulasan masing – masing pada bahasan berikut.

Bunga Lengkap dan Bunga Tak Lengkap

Bahasan pertama akan dimulai dengan ulasan kelompok bunga berdasarkan kelengkapan komponen penyusun bunga. Komponen bunga yang diperhatikan dalam pengelompokan ini adalah ada atau tidak adanya benang sari, putik, mahkota, dan kelopak bunga. Kelompok bunga ini terdiri dari bunga lengkap dan bunga tak lengkap.

Bunga Lengkap

Bunga Lengkap

Baca Juga: Bagian – Bagian Bunga dan Fungsinya

Kategori bunga lengkap dapat dilihat dari adanya semua komponen bunga yang meliputi kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari. Contoh bunga lengkap:

  1. Bunga Anggrek
  2. Bunga Bakung
  3. Bunga Bougenville
  4. Bunga Kaktus
  5. Bunga Kopi
  6. Bunga Mawar
  7. Bunga Matahari
  8. Bunga Sepatu
  9. Bunga Strawberry
  10. Bunga Tulip

Bunga Tidak Lengkap

Bunga dikatakan sebagai bunga tidak lengkap jika tidak memiliki salah satu bagian – bagian bunga dari kelopak bunga, mahkota bunga, putik, atau benangsari. Contoh bunga tak lengkap:

  1. Bunga Asoka
  2. Bunga Jagung
  3. Bunga Kelapa
  4. Bunga Labu
  5. Bunga Mentimun
  6. Bunga Rambutan
  7. Bunga Salak

Baca Juga: Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan

Bunga Sempurna dan Bunga Tak Sempurna

Selanjutnya adalah bahasan kelompok bunga berdasarkan kelengkapan alat perkembangbiakannya. Sebagaimana diketahui alat perkembangbiakan pada tumbuhan meliputi dua yaitu benang sari (alat perkembangbiakan jantan) dan putik (alat perkembangbiakan betina). Pengelompokan bunga berdasarkan cara ini terdiri dari dua kelompok yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

Bunga Sempurna

Bunga Sempurna

Kelompok bunga yang disebut bunga sempurna adalah bunga yang memiliki dua alat perkembangbiakan dalam satu bunga. Artinya, putik dan benangsari menyusun bagian – bagian bunga sempurna. Beberapa bunga yang termasuk dalam kelompok bunga sempurna diberikan seperti daftar berikut.

  1. Bunga Alamanda
  2. Bunga Anggrek
  3. Bunga Asoka
  4. Bunga Bugenvil
  5. Bunga Matahari
  6. Bunga Kamboja
  7. Bunga Kopi
  8. Bunga Sepatu
  9. Bunga Tulip

Bunga Tak Sempurna

Kelompok bunga yang disebut sebagai bunga tidak sempurna ditandai dengan adanya satu alat perkembangbiakan. Alat perkembangbiakan tersebut hanya bisa berupa benang sari saja atau hanya putik. Contoh bunga tak sempurna diberikan seperti daftar berikut.

  1. Bunga Pepaya
  2. Bunga Salak
  3. Bunga Vanili
  4. Bunga Sawit
  5. Bunga Pakis Haji
  6. Bunga Melinjo

Baca Juga: 4 Jenis Simbiosis (Mutualisme, Komensalisme, Amensalisme, Parasitisme)

Perbedaan Bunga Lengkap dan Bunga Sempurna

Kesimpulan dari dua bahasan di atas dapat menghasilkan inti dari perbedaan bunga lengkap dan bunga sempurna. Bunga lengkap ditandai dari adanya benang sari, putik, dan memiliki perhiasan bunga yang terdiri atas mahkota dan kelopak dalam satu pohon. Sedangkan bunga sempurna ditandai dengan hanya terdapat benang sari dan putik dalam satu bunga.

Tabel perbedaan bunga lengkap dan bunga sempurna:

Perbedaan Bunga Lengkap dan Sempurna

Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa bunga lengkap merupakan bunga sempurna. Sedangkan bunga sempurna belum tentu termasuk dalam bunga lengkap.

Misalnya bunga asoka, di mana terdapat putik dan benang sari dalam satu pohon, artinya bunga asoka merupakan bunga sempurna. Namun bunga asoka tidak memiliki kelopak bunga. Sehingga bunga asoka bukan merupakan bunga lengkap.

Contoh Bunga yang Merupakan Bunga Sempurna dan Bunga Tak Lengkap (Bunga Asoka/Bunga Jarum)

Sekian ulasan tentang perbedaan bunga lengkap dan bunga sempurna. Meliputi bahasan bunga lengkap dan bunga tak lengkap, serta bunga sempurna dan bunga tak sempurna. Meliputi juga kesimpulan dari perbedaan bunga lengkap dan bunga sempurna. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Perkembangbiakan Vegetatif Alami dan Buatan pada Tumbuhan

One thought on “Perbedaan Bunga Lengkap dan Bunga Sempurna

  1. Iis

    Ada nggak bunga yang benang sari dan putiknya masing-masing 1 saja dalam satu bunga?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.