6 Bentuk Pesawat Sederhana

Pesawat sederhana adalah alat mekanik yang dapat mengubah arah atau besaran dari suatu gaya. Ada 6 macam pesawat sederhana meliputi tuas/pengungkit, katrol, bidang miring, roda berporos, pasak, dan sekrup. Penggunaan pesawat sederhana dimaksudkan agar usaha yang diberikan untuk melakukan suatu pekerjaan menjadi lebih kecil. Hal ini dikarenakan karena alat-alat mekanik pada pesawat sederhana memiliki keuntungan mekanis. Besarnya keuntungan mekanis tergantung dari jenis pesawat sederhana yang digunakan.

Keuntungan mekanis dari suatu pesawat sederhana adalah perbandingan gaya yang diberikan dengan gaya yang dihasilkan pada suatu sistem. Semakin besar nilai keuntungan mekanis suatu alat, gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat beban akan semakin kecil. Banyak kegiatan sehari-hari yang memanfaatkan pesawat sederhana. misalny rantai sepeda yang memanfaatkan roda berporos, katrol pada alat untuk menimba air, dan lain sebagainya.

6 Macam Pesawat Sederhana

Baca Juga: Besar Keuntungan Mekanis Pesawat Sederhana

Apa saja alat yang termasuk dalam pesawat sederhana? Bagaimana bentuk dari setiap jenis peswat sederhana? Sobat idscool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Tuas/Pengungkit (Lever)

Dalam tuas atau pengungkit, ada tiga titik penting yang perlu diketahui. Ketiga titik tersebut adalah titik tumpu, kuasa, dan beban. Titik tumpu adalah posisi yang menjadi tumpuan. Kuasa adalah gaya yang bekerja pada tuas. Beban adalah titik yang memuat benda. Berdasarkan posisi titik beban, titik kuasa, dan titik tumpu, pesawat sederhana dikelompokka menjadi 3 (tiga) jenis.

1) Tuas Jenis Pertama

Tuas atau pengungkit yang dikelompokkan pada jenis tuas pertama memiliki letak tumpu di tengah. Contoh alat mekanik yang termasuk ke dalam tuas jenis pertama adalah gunting, tang, pemotong kuku, jungkat-jungkit.

Tuas Jenis Pertama

2) Tuas Jenis Ke Dua

Pengungkit yang dikelompokkan pada jenis tuas ke dua memiliki letak beban di tengah. Contoh alat mekanik yang termasuk ke dalam tuas jenis ke dua adalah alat pemotong kertas, gerobak beroda satu, alat pemecah kacang, dan pembuka tutup botol.

Tuas Jenis Kedua

3) Tuas Jenis Ke Tiga

Tuas yang termasuk pada jenis tuas ke tiga memiliki letak kuasa di tengah. Alat mekanik yang termasuk ke dalam tuas jenis ke tiga adalah penjepit roti, sekop, pinset, dan stappler.

Tuas Jenis Ketiga

Katrol (Pulley)

Berdasarkan posisi katrol, jenis katrol dibedakan menjadi dua. Kedua jenis katrol tersebut adalah katrol tetap dan katrol bebas/bergerak. Uraian untuk masing-masing jenis katrol secara lebih lengkap dapat disimak pada pembahasan di bawah.

1) Katrol Tetap

Katrol tetap memiliki karakteristik selalu berada di posisi yang sama. Gerakan melingkar pada katrol memungkinkan tali dapat menarik beban dengan lebih mudah. Benda pada salah satu ujung tali yang melintasi katrol dapat terangkat. Namun, katrol tetap akan terus berada pada posisi yang sama. Gerakan yang dilakukan oleh katrol tetap hanya memutar pada porosnya.

pesawat sederhana - katrol tetap

2) Katrol Bebas/Bergerak

Sedikit berbeda dengan katrol tetap. Selain melakuka gerakan melingkar, katrol bebas ikut bergerak bersama benda yang diangkutnya. Oleh karena inilah, dinamakan katrol bebas atau katrol bergerak. Karena posisi katrol berubah-ubah, bergerak ke arah gaya yang menariknya.

Pesawat Sederhana - Katrol Bebas

Baca Juga: Keuntungan Mekanis Katrol

Bidang Miring (Inclined Plane)

Pernahkah sobat idschool mengangkat beban yang cukup berat dari dasar lantai ke atas meja? Tentu sobat idschool akan memerlukan cukup banyak energi untuk melakukannya. Sekarang, bagaimana jika cara untuk memindahkan beban tersebut diganti?

Sediakan sebuah papan dan letakkan papan bersandar pada meja dan memiliki kemiringan. Selanjutnya, pindahkan beban dari dasar lantai ke atas meja melalui lintasan miring tersebut. Tentu akan terasa lebih ringan, bukan? Konsep inilah yang disebut bidang miring.

Pesawat Sederhana - Bidang Miring

Roda Berporos (Wheel and Axle)

Sebauh sepeda dapat berjalan karena dikayuh. Salah satu bagian penting pada sepeda sehingga membuatnya dapat bergerak adalah rantai. Pedal sepeda dikayuh untuk menggerakkan roda berporos bagian depan. Rantai membuat roda berporos pada bagian belakang ikutu bergerak. Sehingga, sepeda dapat melaju.

Pesawat Sederhana - Roda Berporos

Baji (Wedge)

Baji adalah alat berbentuk seperti limas segitiga yang biasanya terbuat dari logam. Penggunaan baji biasanya dimanfaatkan oleh tukang kayu untuk membelah kayu. Baji mempunyai sisi berbentuk bidang miring. Perbedaan antara bidang miring dan baji terdapat pada geraknya. Pada bidang miring, penggunannya tetap (bidang miring dalam posisi tetap) yang bergerak adalah bendanya. Pad baji, benda yang bergerak adalah bidang miringnya mengenai suatu bidang tetap/tidak bergerak.

Contoh peralatan yang termasuk ke dalam baji adalah kapak, pisau, obeng, dan lain sebagainya.

Sekrup (Screw)

Sekrup adalah alat berbentuk silinder dengan sisi berbentuk heliks saling tersambung. Biasanya sekrup terbuat dari logam yangdapat ditemui pada barang-barang elektronik. Sekrup juga dapat ditemui pada perkakas rumah seperti pintu, beberapa alat masak, dan lain sebaginya. Fungsi dari sekrup dimanfaaktan untuk pengikat yang dapat mengubah gaya dan gerak.

Sekrup

Sekian ulasan materi tentang pesawat sederhana yang meliputi tuas/pengungkit, katrol, bidang miring, roda berporos, pasak/baji, dan sekrup. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Beberapa Manfaat dari Penggunaan Pesawat Sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.