Keuntungan Menggunakan Pesawat Sederhana

By | April 25, 2020

Semua alat yang fungsinya untuk memudahkan usaha disebut pesawat sederhana. Jadi, tujuan utama dari penggunaan pesawat sederhana adalah memudahkan usaha. Usaha yang mudah dilakukan akan sangat membantu sebuah pekerjaan, bukan? Contohnya, pada saat mengangkat drum berisi minyak ke atas truk. Tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan itu tentu akan sangat besar. Hal lain akan berbeda jika menggunakan papan kayu yang dimiringkan. Usaha yang dibutuhkan untuk mendorong drum melewati papan kayu akan lebih ringan. Itulah salah satu contoh dari keuntungan menggunakan pesawat sederhana. Kondisi ini disebabkan karena pesawat sederhana memiliki nilai keuntungan mekanis.

Empat kelompok benda dalam pesawat sederhana meliputi tuas/pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda berporos. Benda – benda yang termasuk dalam pesawat sederhana cukup banyak sobat idschool temui sehari – hari. Contoh benda yang menerapkan prinsip pesawat sederhana adalah gunting, sepatu roda, sekrup, kapak/baji, sekop, martil, tangga, pisau, dan lain sebagainya.

Contoh Benda dengan Keuntungan Menggunakan Pesawat Sederhana

Apa saja keuntukan dari menggunakan pesawat sederhana? Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari menggunakan pesawat sederhana dan dan alasannya diberikan pada ulasan di bawah.

1. Memperkecil usaha/gaya

Keuntungan Menggunakan Pesawat Sederhana untuk Memperkecil Usaha

Usaha atau gaya mewakili tenaga yang dikeluarkan untuk melakukan sebuah pekerjaan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan usaha. Salah satunya adalah menggunakan pesawat sederhana. Keuntungan mekanis yang dimiliki pesawat sederhana dapat memperkecil usaha yang dibutuhkan.

Seperti pada contoh memindahkan drum berisi minyak ke atas truk. Tenaga yang dibutuhkan akan lebih kecil dengan memanfaatkan keuntungan mekanis yang dimiliki pesawat sederhana.

Baca Juga: Besar Keuntungan Mekanis Pesawat Sederhana

2. Memudahkan melakukan pekerjaan

Keuntungan Pesawat Sederhana untuk Memudahkan Pekerjaan

Sebuah pekerjaan akan menjadi lebih mudah jika dilakukan dengan cara yang tepat. Misalnya pada saat mengupas buah atau mengiris sayur. Pisau yang tajam akan lebih memudahkan pekerjaan daripada pisau tumpul. Pada pisau terdapat prinsip pesawat sederhana, yaitu bidang miring. Sehingga, adanya pesawat sederhana dapat akan mempermudah usaha seseorang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu.

3. Mempercepat Pekerjaan

Keuntungan Menggunakan Pesawat Sederhana

Pesawat sederhana dapat memperkecil usaha yang dibutuhkan dan mempermudah pekerjaan. Usaha yang kecil dan cara yang mudah tentu akan membuat waktu sedikit untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Dengan demikian, waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan akan menjadi lebih cepat.

4. Mengubah Arah atau Besaran dari Suatu Gaya

Keuntungan Menggunakan Pesawat Sederhana dalam Merubah Gaya

Usaha yang dilakukan untuk mengangkat benda langsung ke atas akan lebih besar daripada hanya mendorong ke samping atau ke bawah. Kondisi ini dikarenakan adanya gaya gravitasi bumi yang berlawanan arah dengan gaya vertikal ke atas.

Bidang miring dapat mengubah arah gaya dari vertikal menjadi gaya dengan miring dengan sudut kemiringan tertentu. Katrol dapat mengubah arah gaya yang seharusnya dilakukan berlawanan dengan arah gaya gravitasi bumi menjadi searah gaya gravitasi bumi. Besar dua gaya yang searah akan ditambahkan. Sehingga, usaha yang dibutuhkan menjadi lebih kecil.

Demikianlah ulasan materi mengenai keuntungan menggunakan pesawat sederhana. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: 4 Jenis Pesawat Sederhana (Katrol, Tuas/Pengungkit, Bidang Miring, dan Roda Berporos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.