Sifat Benda Padat, Cair, Gas

By | October 27, 2019

Sifat benda ditentukan oleh partikel – partikel penyusun benda. Coba perhatikan benda – benda yang ada disekitar sobat idschool, sangat beraneka ragam bukan? Dari sekian banyak benda yang terdapat di sekitar terdapat benda yang keras, lunak, atau bahkan tidak terlihat namun dapat dirasakan keberadaannya. Contoh benda yang berwujud padat dan tetap meliputi kayu, batu, atua logam. Sedangkan benda yang termasuk sebagai benda lunak dan berubah – ubah sesuai wadahnya seperti air dan minyak, dua contoh benda yang merupakan cairan. Ada lagi wujud benda yang mungkin sobat idschool tidak dapat melihatnya, namun sobat idschool dapat mengetahui keberadaannya, yaitu benda berupa gas. Setiap hari, sobat idschool berdampingan dengan oksigen yang secara tidak sadar selalu sobat idschool konsumsi untuk bernafas.

Benda – benda seperti contoh di atas dapat dibagi kedalam tiga wujud benda yang berbeda yaitu padat, cair, dan gas. Apa yang membuat benda – benda tersebut memiliki sifat yang berbeda? Batu berwujud tetap, air memiliki sifat menempati wadahnya, dan gas dengan gas yang tidak bisa sobat idschool sentuh namun dapat dirasakan keberadaannya. Mengapa benda – benda tersebut memiliki sifat yang berbeda? Benda memiliki wujud dan sifat berbeda karena kondisi partikel – partikel penyusunnya. Ilustrasi gambar partikel untuk benda padat, cair dan gas diberikan seperti gambar berikut.

Benda Padat Cair Gas

Apa itu partikel? Yaitu bagian benda atau materi berukuran sangat kecil dan berdimensi yang menjadi penyusun suatu benda. Kondisi susunan partikel – partikel yang menyusun benda tersebutlah yang membuat benda dapat digolongkan menjadi benda padat, cair, dan gas.

Bagaimanakah karakteristik masing – masing wujud benda? Sifat – sifat benda yang terdiri atas benda padat, cair dan gas akan diulas lebih lengkap melalui masing – masing bahasan di bawah.

Sifat Benda Padat

Benda padat tersusun dari zat padat. Zat padat memiliki partikel – partikel yang tersusun rapat dan teratur sehingga antar partikel memiliki ikatan yang sangat kuat. Kerapatan partikel yang dimiliki zat padat membuat partikel – partikel pada benda padat tidak dapat bergerak dengan bebas. Karena kondisi partikel zat padat yang demikian membuat benda padat memiliki bentuk berupa padatan.

Benda padat

Sifat zat padat dalam benda padat:

  1. Memiliki bentuk tetap
  2. Volumenya tetap
  3. Berbentuk padatan
  4. Letak partikel penyusun zat padat sangat berdekatan.
  5. Memiliki gaya tarik – menarik antar partikel yang sangat kuat sehingga gerakan antar partikel tidak bebas.
  6. Memiliki gerakan partikel yang terbatas, yaitu bergetar dan berputar di tempat saja.
  7. Partikel – partikel pada zat padat sulit dipisahkan
  8. Memiliki bentuk tetap (tidak berubah – ubah)

Contoh benda yang termasuk beda padat: batu, kayu, besi, plastik

Sifat Benda Cair

Benda cair tersusun atas zat cair dimana susunan partikel – partikel pada zat cair tidak terlalu rapat dan tidak teratur. Kondisi partikel pada zat cair ini yang membuat zat cair masih bisa mempertahankan nilai volumenya karena terdapat ikatan antar partikel pada zat cair walaupun tidak sekuat pada zat padat. Ikatan antar partikel pada zat cair yang tidak kuat membuat benda cair memiliki bentuk yang berubah – ubah menyesuaikan wadahnya.

Sifat zat cair

Baca Juga: Pesawat Sederhana

Karakteristik dan ciri – ciri zat cair:

  1. Bentuk berubah – ubah sesuai dengan wadahnya
  2. Volume tetap
  3. Berupa cairan
  4. Gerakan partikel – partikel penyusun zat cair cukup bebas dan tidak terikat
  5. Letak antar partikel relative berdekatan bila dibandingkan dengan gas, tetapi lebih jauh daripada zat padat

Contoh benda dengan zat cair: air, minyak, sirup, sabun cair, oli.

Sifat Benda Gas

Berikutnya adalah benda berupa gas, yaitu objek yang tersusun oleh zat berupa gas. Zat gas memiliki letak partikel – partikel saling berjauhan dan tidak teratur. Kondisi ini membuat gas memiliki bentuk dan volume yang selalu berubah.

Sifat Zat Gas

Sifat – sifat zat gas diberikan seperti pada daftar berikut.

  1. Bentuk berubah – ubah
  2. Volume berubah – ubah
  3. Berbentuk udara
  4. Letak partikel – partikel sangat berjauhan
  5. Partikel – partikel penyusun zat gas dapat bergerak dengan sangat bebas
  6. Gaya tarik – menarik antar partikel hampir tidak ada

Contoh benda dengan zat gas:

  1. Gas oksigen yang digunakan untuk bernafas sehari – hari
  2. Gas karbondioksida yang digunakan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis
  3. Gas helium pada balon yang dapat terbang
  4. gas argon, dan lain sebagainya.

Secara fisik, sifat benda padat cair gas dapat dilihat melalui volume dan bentuk. Zat padat memiliki bentuk  dan volume yang tetap. Zat cair memiliki bentuk berubah – ubah sesuai wadahnya dan volume tetap. Sedangkan zat gas memiliki bentuk dan volume yang berubah – ubah.

Sifat Benda Padat Cair Gas

Sekian ulasan materi yang mengulas tentang sifat benda padat, cair, dan gas. Meliputi karakteristik yang dimiliki masing – masing jenis benda. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi