Cara Menjawab Pertanyaan What is the announcement text about?

Announcement text atau teks pengumuman adalah pernyataan yang memberikan informasi terkait kegiatan yang akan dilakukan/terjadi. Pertanyaan what is the announcement text about? adalah pertanyaan tentang apa kegiatan yang dibicarakan pada teks pengumuman. Contoh announcement dapat meliputi pengumuman pelayanan publik (public service announcement), lowongan kerja (job announcement), surat undangan, dan lain sebagainya.

Tujuan dari pembuatan announcement text adalah agar masyarakat umum dapat mengetahui informasi dari penyelenggara/pembuat pengumuman. Dalam pembuatan announcement text ada beberapa tata bahasa yang perlu diperhatikan.

Announcement Text

Apa saja tata bahasa yang digunakan dalam pembuatan announcement text? Bagaimana cara menentukan jawaban dari pertanyaan What is the announcement about? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: Pemakaian Huruf Kapital yang Benar Sesuai PUEBI

Generic Structure Announcement Text

Generic structure of the text dari teks pengumuman (announcement) secara umum meliputi opening (pembukaan), content (isi), dan closing (penutup) Atau bagian struktur teks penguman dapat juga meliputi the title/type of event, date/time/place, dan contact person. Meskipun kedua struktur tersebut terlihat berbeda namun secara garis besar keduanya memiliki kesamaan.

Penjelasan dari setiap bagian pada generic structure announcement text dijelaskan seperti ulasan di bawah.

Opening

Bagian pembuka pada teks announcement disebut dengan opening. Isi bagian opening umumnya adalah judul dan tujuan dari pembuatan teks pengumuman. Informasi yang akan disampaikan dalam pengumuman secara garis besar termuat dalam bagian ini.

Contoh opening pada announcement text:

  • Announcement
  • Online Art Competition
  • High School Graduation Ceremony
  • Job Vacancies

Content

Detail dari isi announcement text terdapat pada bagian content. Informasi lengkap dari announcement text bergantung dari jenis dan tujuan dari pengumuman. Sehingga detail isi dari suatu teks pengumuman dapat berbeda dengan teks pengumuman lainnya.

Misalnya pada announcement text mengenai undangan sebuah perayaan. Detail isi dari announcement text dapat memuat tanggal, waktu, tempat, dan semua informasi penting lain terkait penyelenggaraan acara tersebut.

Contoh lain, misalnya pada teks pengumuman mengenai informasi terjadinya suatu masalah di suatu perusahaan. Detail isi dari announcement text dapat berupa apa masalah yang sedang terjadi bagaimana langkah yang perlu diambil.

Closing

Closing adalah bagian bagian penutup dari announcement text. Informasi yang diberikan pada bagian closing umunya berisi pihak yang pembuat pengumuman . Informasi lain yang termuat dapat juga berupa contact person yang bisa dihubungi terkait pengumuman tersebut jika membutihkan lebih banyak informasi. Keterangan contact person dapat berupa website, nomor telepon, atau sosial media.

Baca Juga: Tips dan Trik Menjawab Soal Bacaan Panjang (Reading) Bahasa Inggris

Kebahasaan/Tata Bahasa pada Announcement Text

Teks pengumuman atau announcement text biasanya disampaikan dalam bentuk yang ringkas. Kaidah kebahasaan announcement text dapat menggunakan Simple Present Tense dan Simple Future Tense. Beberapa announcement text juga biasa mengandung Imperative Sentence atau kalimat perintah.

Simple present dan future tense biasanya digunakan pada announcement text yang berupa penyampaian informasi. Sedangkan pada teks pengumuman yang mengandung ajakan umumnya memuat kalimat dengan imperative sentence.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat dalam announcement text dengan beberapa pola tenses.

  • Simple Presnent Tense:
    All the students have to wear a brown uniform.
    For more information contact the homeroom.
  • Simple Future Tense:
    The meeting will discuss the customers complaints.
    There will be a meeting this afternoon.
  • Imperative sentence:
    Come and join us!
    Attention please!
    Don’t miss it!

Baca Juga: 13 Jenis Teks dalam Bahasa Inggris

Contoh Announcement Text

Bentuk Announcement text dapat berbeda-beda namun secara umum memiliki struktur yang sama. Berikut ini adalah salah satu contoh announcement text beserta generic structure of the text dapat dilihat seperti berikut.

Generic Structure of The Announcement Text

Keterangan:

  • Opening: judul/topik teks pengumuman
    Judul dari teks pengumuman di atas adalah Let’s Go Green. Dari judul tersebut dapat diketahui bahwa teks pengumuman memberikan informasi terkait kegiatan penghijauan yang akan dilakukan.
  • Content: isi pengumuman
    Informasi utama dari teks pengumuman berada di bagian content yang terletak di bagian tengah. Di mana pada teks pengumuman tersebut mengajak untuk berpartisipasi dengan mendonasikan pohon hijau dan membuang sampah pada tempatnya.
  • Closing: penulis/penyusun pengumuman
    Akhir teks pengumuman berisi keterangan penyusun atau pembuat pengumuman tersebut. Dalam contoh teks pengumuman di atas, pemberi informasi adalah Kepala Sekolah (Hari Mulyaningsih).

Contoh lain dari teks pengumuman adalah seperti berikut.

Judul:
Announcement

Content:
As the spreading of Coronavirus, a pandemic disease to surrounding our neighbours becomes more dangerous, our school insists students to study from home. The time to back to study in school will be announced later.

Closing:
Sincered,
Headmaster

Pengumuman

Seiring penyebaran Coronavirus, penyakit pandemi ke tetangga sekitar kita menjadi lebih berbahaya, sekolah kami mendesak siswa untuk belajar dari rumah. Waktu untuk kembali belajar di sekolah akan diumumkan kemudian.

Hormat kami,
Kepala Sekolah

Baca Juga: Penggunaan In On At Sebagai Kata Depan yang Benar

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – What is the annoucement text about?

ANNOUNCEMENT

To all students of grade VIII. There will be a school holiday for two weeks. Please do a project of descriptive text in writing. It should be about any animal around your house. You can describe your own pet or your neighbour’s. Don’t forget to put the animal’s photo in your writing. You have to submit it on the first day of the second semester.

Mr. Hasan

What is the announcement text about?
A. Semester holiday.
B. Neighbour’s pet.
C. Writing project.
D. Picture description.

Pembahasan:

Teks pengumuman pada soal memberikan informasi kepada all students of grade VIII (semua siswa kelas VIII). Dari pengumuman tersebut dapat diperoleh beberapa informasi seperti,

  • There will be a school holiday for two weeks.
    Sekolah akan libur selama dua minggu.
  • Please do a project of descriptive text in writing. It should be about any animal around your house. You can describe your own pet or your neighbour’s. Don’t forget to put the animal’s photo in your writing.
    Membuat proyek (tugas) berupa teks deskripsi tentang binatang di sekitar rumah beserta dengan fotonya.
  • You have to submit it on the first day of the second semester.
    Tugas dikumpulkan hari pertama pada semester kedua.

Kesimpulan dari teks penguman ada di bagian kedua yaitu tentang proyek untuk menulis teks deskripsi. Jadi, the announcement is about writing project.

Jawaban: C

Contoh 2 – What is the annoucement about?

Announcement

Many customers have received emails claiming to be from Buwana bank. These emails were not genuine. These emails ask you to replay, giving your:

  • Account number
  • Password
  • Credit card number
  • Date of birth
  • Adress

Buwana bank does not send emails asking for this information. If you ever received an email asking for this information, please do not reply!

Send the email immediately to online@bank.co.id 

If you have given anyone your details, call our helpline immediately on 021-508-140.
Be warned criminals are trying to acces your account.

What is the announcement text about?
A. It’s caution for customer
B. It’s about a new bank product
C. It’s offer from Buwana bank
D. It’s claim about Buwana bank
E. It’s request from Buwana bank

Pembahasan:

Teks pengumuman yang diberikan memberikan informasi bahwa ada email yang mengaku sebagai Bank Buwana. Namun email tersebut diketahui tidak resmi berasal dari Bank Buwana. Pihak bank memberikan peringatan untuk tidak menanggapi email tersebut. Jika terlanjur menanggapi maka nasabah diharap segera lapor ke pada pihak bank melalui kontak yang diberikan.

Jadi, teks pengumuman tersebut memberikan informasi dan peringatan kepada nasabah Bank Buwana (It’s caution for customer).

Jawaban: A

Contoh 3 – What is the annoucement text about?

Read the announcement text below!

Contoh Soal Announcement Text

What is the annoucement text about?
A. Paid seminar for all students
B. Non paid seminar for creative students
C. Seminar invitations for outstanding students
D. Seminar about how to be 20 creative teenagers
E. Invitation to attend the seminar 

Pembahasan:

Dari teks pengumuan yang diberikan dapat diperoleh beberapa informasi seperti berikut.

  • To: all students → Undangan ditujukan kepada semua siswa
  • Our school will hold a seminar about “How to Be a Creative Teenager” → Tema seminar tentang bagaimana menjadi remaja yang kreatif.
  • This seminar is free →Undangan seminar gratis
  • All students must participate in this event →Semua siswa harus berpartisipasi pada acara tersebut
  • There will be free goodie bag for 20 first registrants. →20 pendaftar pertaman akan mendapatkan tas hadiah gratis.

Jadi, the announcement text about is Invitation to attend the seminar.

Jawaban: E

Demikianlah tadi ulasan cara menjawan pertanyaan what is the announcement text about? Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Perbedaan Penggunaan Gerund dan Infinitive pada Kalimat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.