Cara Mengenali 3 Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Ide Pokok

Paragraf adalah kumpulan beberapa kalimat yang saling berkaitan. Dalam sebuah paragraf terdapat sebuah ide pokok yang termuat dalam kalimat utama. Ada jenis tiga jenis paragraf berdasarkan letak ide pokok pada sebuah bacaan. Ketiga jenis paragraf tersebut adalah paragraf deduktif, induktif, dan deduktif-induktif.

Letak ide pokok suatu paragraf dapat berada di awal, akhir, atau campuran (awal dan akhir). Keberadaan letak ide pokok tersebut yang menjadi pembeda jenis paragraf deduktif, induktif, dan campuran (deduktif-induktif).

Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Ide Pokok

Apa perbedaan dari jenis pagaraf berdasarkan letak ide pokok? Bagaimana cara mengenali jenis paragraf berdasarkan letak ide pokok pada suatu bacaan? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan materi jenis paragraf berdasarkan letak ide pokok di bawah.

Baca Juga: Kalimat Utama dan Gagasan Utama

Paragraf Deduktif

Jjenis paragraf berdasarkan letak ide pokok yang pertama adalah paragraf deduktif. Sebuah paragraf deduktif dikenali dari letak ide pokok yang berada di bagian awal paragraf. Jenis paragraf ini diawali dengan kalimat utama yang memuat ide pokok. Selanjutnya, kalimat utama dilengkapi dengan beberapa kalimat penjelas. Keberadaan kalimat penjelas perlu menerangkan dan mendukung kalimat utama.

Contoh paragraf deduktif:

Negara Indonesia memiliki wilayah berupa pulau-pulau yang terletak di garis khatulistiwa. Kondisi Indonesia yang terdiri dari puluhan ribu pula membuat Indonesia disebut sebagai negara kepulauan. Bentangan alam Indonesia meliputi perairan, dataran rendah, dan dataran tinggi. Keadaan wilayah Indonesia tersebut membuat Indonesia memiliki keragaman masyarakat. Setiap ragam masyarakat Indonesia memiliki karaktersitik yang berbeda bergantung pada tempat tinggalnya.

Kalimat utama dari paragraf di atas adalah terdapat pada bagian awal paragraf. Beberapa kalimat berikutnya merupakan kalimat penjelas. Kalimat penjelas menerangkan sebutan Indonesia, bentuk bentangan alam, dan kondisi masyarakat di Indonesia.

Baca Juga: Kalimat Ambigu

Paragraf Induktif

Ide pokok pada bacaan dapat juga berada di bagian akhir paragraf. Jenis paragraf berdasarkan letak ide pokok yang terdapat bagian akhir disebut paragraf induktif. Paragraf deduktif diawali dengan beberapa kalimat penjelas. Sebagai kesimpulannya ada pada kalimat utama yang terletak di bagian akhir.

Paragraf deduktif umunya dapat mudah dikenali melalui kalimat simpulan dibagian akhir. Biasanya kalimat tersebut diawali dengan kata atau frasa Jadi…, Sehingga…, Oleh karena itu…., dan beberapa kata/frasa lain yang menerangkan kesimpulan.

Contoh paragraf induktif:

Berdasarkan data tahun 1999, luas wilayah mangrove yang terdapat di Indonesia sekitar 8,6 juta hektare. Namun, sejak rentang 1999 hingga 2005, sudah berkurang sebanyak 5,58 juta hektare atau sekitar 64 persennya. Saat ini hutan mangrove di Indonesia yang dalam keadaan baik tersisa 3,6 juta hektare, selebihnya dalam keadaan rusak ringan dan sedang. Faktor yang mempengaruhi menurunnya jumlah luasan mangrove adalah pembukaan lahan (deforestasi) di daerah pesisir yang mengakibatkan sejumlah persoalan, salah satunya abrasi. Dampak hilangnya mangrove pun mulai dirasakan oleh masyarakat daerah pesisir. Berkurangnya hutan mangrove di daerah pesisir memengaruhi jumlah tangkapan ikan, kepiting, dan kerang. Oleh sebab itu, keberadaan keberadaan mangrove perlu dilestarikan dan jumlah luasan mangrove perlu dikembangkan.

Baca Juga: Cara dan Contoh Penulisan Alamat Surat yang Benar

Paragraf Deduktif-Induktif (Campuran)

Paragraf deduktif-induktif disebut juga dengan paragraf campuran memiliki kalimat utama pada bagian awal dan akhir. Sebagai pembuka, kalimat utama di awal paragraf menerangkan ide pokok pargaraf. Selanjutnya diterangkan melalui beberapa kalimat penjelas. Pada bagian akhir paragraf kemudian ditutup dengan kesimpulan yang juga memuat ide pokok.

Kesimpulannya, paragraf campuran (deduktif-induktif) merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf dan ditegaskan kembali di akhir paragraf.

Contoh paragraf deduktif-induktif:

Penggunaan masker pada musim pandemi menjadi kebutuhan penting yang memberikan banyak manfaat. Saat wabah virus corona yang dimulai sejak tahun 2019, masker membantu melindungi penduduk dari penyebaran virus. Bagi seseorang yang sudah terinfeks virus corona, memakai masker dapat mencegah penularan ke orang lain. Cara demikian cukup ampuh untuk menekan tingkat penyebaran virus corona dari seseorang ke orang lain. Sehingga, menggunakan masker menjadi sangat penting untuk mengakhiri pandemi yang disebabkan virus corona.

Baca Juga: Penggunaan Si dan Sang yang Tepat Sesuai PUEBI

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman sobat idschool terkait jenis paragraf berdasarkan letak ide pokok. Setiap contoh soal jenis paragraf berdasarkan letak ide pokok yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal jenis paragraf berdasarkan letak ide pokok berikut. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Mengenali Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Ide Pokok

Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

Di kalangan pemain bola, Christiano Ronaldo dikenal sebagai pemain sepak bola jempolan. Tembakan kaki kanan dan kirinya tepat arahnya dan sangat keras. Sundulan kepalanya selalu membuat penjaga gawang kewalahan menaham bola agar tidak masuk gawang. Tekniknya dalam berebut bola sangat mengesankan, bola seolah-olah menurut padanya. Operan bolanya selalu tepat sasaran. Christian Ronaldo memang seorang bintang lapangan rumput hijau.

Paragraf di atas berdasarkan letak ide pokok paragraf termasuk sebagai paragraf ….
A. deduktif
B. induktif
C. campuran
D. tengah

Pembahasan:

Paragraf pada soal mencertitakan bagaimana permainan sepak bola dari Christiano Ronaldo. Secara keseluruan paragraf tersebut membahas tentang kehebatan Christiano Ronaldo dalam bermain sepak bola. Pernyataan kehebatan Christiano Ronaldo dalam bermain bola berada di akhir paragraf.

Kalimat utama dari paragraf tersebut adalah Christian Ronaldo memang seorang bintang lapangan rumput hijau. Letak kalimat utama dan ide pokok berada di bagian akhir paragraf.

Jadi, paragraf tersebut termasuk sebagai jenis paragraf induktif.

Jawaban: B

Contoh 2 – Mengenali Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Ide Pokok

Tradisi Dugderan di Semarang

Dugderan adalah tradisi umat Islam semarang dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan yang biasanya digelar kira-kira 1 sampai 2 minggu sebelum puasa di mulai. Bulan puasa adalah bulan penuh dengan berkah. Oleh karena sudah berlangsung lama, tradisi Dugderan ini sudah menjadi semacam pesta rakyat. Dugderan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti tari japin, karnaval, hingga tabuh bedug oleh Walikota Semarang. Di antara semua kegiatan tersebut, pengumuman awal puasa tetap menjadi puncak Dugderan.

Paragraf di atas merupakan paragraf ….
A. deduktif
B. induktif
C. eksposisi
D. argumentasi

Pembahasan:

Paragraf yang diberikan pada soal menerangkan tentang sebuah tradisi yang disebut Dugderan. Di mana kalimat utama terletak di awal paragraf yang memberikan pernyataan apa itu Dugderan. Kalimat-kalimat berikutnya merupakan kalimat penjelas yang memberikan informasi tambahan terkait kegiatan tersebut.

Diketahui bahwa letak ide poko berada di kalimat utama yang berada pada bagian awal paragraf. Jadi, paragraf di atas merupakan paragraf deduktif.

Jawaban: A

Contoh 3 – Mengenali Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Ide Pokok

Bacalah paragraf di bawah dengan cermat!

Hewan memiliki perlindungan diri terhadap terik matahari secara alami. Perlindungan diri terhadap terik matahari tersebut berbeda-beda antara hewan yang satu dengan hewan lainnya. Misalnya, pada burung memiliki perlindungan diri terhadap terik matahari berupa bulu. Perlindungan diri terhadap terik matahari pada kucing berupa rambut. Hewan reptil seperti ular dan kadal, bentuk perlindungan dirinya berupa sisik di permukaan kulitnya.

Berdasarkan ide pokok nya, paragraf di atas disebut paragraf ….
A. induktif
B. campuran
C. deduktif
D. persuasi​

Pembahasan

Kalimat utama pada paragraf pada soal berada di bagian awal yaitu Hewan memiliki perlindungan diri terhadap terik matahari secara alami. Beberapa kalimat berikutnya menrupakan kalimat penjelas yang menerangkan bentuk perlindungan terhadap terik matahari pada burung, kucing, dan reptil.

Ide poko termuat dalam kalimat utama yang terletak di bagian awal paragaraf. Jadi,  jenis paragraf di atas berdasarkan letak ide pokok disebut paragraf deduktif.

Jawaban: C

Demikianlah tadi ulasan tiga jenis paragraf berdasarkan letak ide pokok. Di mana jenis paragraf berdasarkan letak ide pokok antara lain meliputi paragraf deduktif, induktif, dan deduktif-induktif. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Pedoman Penggunaan Huruf Kapital Sesuai Ejaan Bahasa Indonesia (EBI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.