Cara Menentukan Arah Pengembangan Wilayah

Arah pengembangan wilayah merupakan implementasi dari teori pertumbuhan wilayah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi bagaimana arah pengembangan wilayah cenderung menuju ke suatu wilayah tertentu. Faktor penting/utama yang menjadi penyebab paling penting dari arah pengembangan wilayah adalah potensi ekonomi.

Misalkan, sebuah pusat kota atau pusat kegiatan masyarakat disekeliling oleh beberapa daerah dengan potensi berbeda-beda. Wilayah yang mengelilingi pusat kota atau pusat kegiatan masyarakat antara lain sawah yang subur, hutan, pegunungan, pantai yang indah, laut, dan kawasan industri. Arah pengembangan wilayah pusat kota tersebut akan menuju ke kawasan industri. Mengapa demikian?

Arah Pengembangan Wilayah

Baca Juga: Cara Menentukan Jarak Lokasi Industri yang Ideal

Bagaimana cara menentukan arah pengembangan wilayah?  Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Arah Pengembangan Wilayah

Arah pengembangan wilayah biasanya terjadi dari pusat kota atau pusat pertumbuhan menuju wilayah/kawasan yang memiliki potensial ekonomi paling tinggi. Pusat pertumbuhan adalah kawasan dengan pertumbuhan sangat cepat sehingga menjadi pusat pembangunan bagi daerah di sekitarnya.

Cara menentukan kemana arah pengembangan wilayah dapat dilakukan dengan melihat potensi apa saja yang terdapat di sekitar pusat pertumbuhan. Kawasan yang dinilai memberikan keuntungan ekonomi lebih tinggi akan menjadi kawasan yang dituju dari arah pengembangan wilayah.

Sebagai contoh, sebuah pusat pertumbuhan dikeliling oleh lima kawasan dengan potensi ekonomi yang berbeda-beda. Kelima kawasan yang mengelilingi pusat pertumbuhan tersebut adalah sawah yang subur, hutan, pegunungan, pantai yang indah, laut, dan kawasan industri. Lima kawasan tersebut memiliki potensi ekonomi, namun potensi ekonomi dari kelima kawasan tersebut tidaklah sama.

Potensi ekonomi dari sawah yang subur dapat menghasilkan berbagai hasil bumi seperti padi, jagung, sayuran, dan lain sebagainya. Di kawasan pantai dan pegunungan dapat memiliki potensi ekonomi sebagai tempat rekresai. Laut dapat memiliki potensi ekonomi melalui pelabuhan sebagai tempat distribusi barang melalui jalur laut. Sedangkan hutan memberikan bahan baku untuk berbagai kebutuhan.

Industri sering dikenal sebagai bidang yang paling memberikan peningkatan ekonomi dari bidang lain. Sektor industri memungkinkan terbukanya banyak lapangan kerja dan meningkatkan aktivitas masyarakat. Sehingga, arah perkembangan wilayah banyak yang menuju ke kawasan industi.

Beberapa kondisi yang perlu diperhatikan dalam menentukan arah perkembangan wilayah:
1) Luas wilayah tidak menjamin perkembangan wilayah menuju kawasan tersebut
2) Lokasi pengembangan wilayah cenderung menuju wilayah yang memiliki potensi pertumbuhan ekonomi paling tinggi
3) Kawasan tujuan arah pengembangan wilayah adalah kawasan yang memiliki daya tarik dan dukung terhadap pusat pertumbuhan wilayah.

Baca Juga: Berbagai Macam Pendekatan Geografi dan Contohnya

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Soal Arah Pengembangan Wilayah

Contoh Soal Arah Pengembangan Wilayah

Pengembangan kota yang utama ke arah nomor … karena ….
A. 5, aktivitas tertinggi masyarakat
B. 4, hasil laut melimpah
C. 3, perekonomian menjadi pesat
D. 2, mengurangi kemacetan
E. 1, memanfaatkan lahan pertanian

Pembahasan:
Arah pengembangan kota sesuai teori akan menuju ke tempat yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Dari lima nomor yang diberikan, aktivitas masyarakat akan cenderung lebih mengarah ke kota perdagangan. Di tempat tersebut terdapat aktivitas perdagangan yang lebih banyak melibatkan masyarakat, sehinnga aktivitas masyarakat di kota perdagangan menjadi tinggi.

Aktivitas masyarakat yang tinggi diketahui mampu meningkatkan ekonomi daerah tersebut. Tingginya ekonomi akan membuat arah pengembangan kota menuju tempat tersebut.

Di tempat nomor 3 juga sangat memungkinkan terjadinya peningkatan perekonomian. Namun kegiatan ekspor-impor di pelabuhan laut biasanya tidak lebih banyak melibatkan masyarakat dibanding kota perdagangan.

Jadi, pengembangan kota yang utama ke arah nomor 5 karena aktivitas tertinggi masyarakat.

Jawaban: D

Contoh 2 – Soal Arah Pengembangan Kota

Contoh Soal Arah Pengembangan Kota

Arah pengembangan wilayah yang pesat seperti gambar adalah dari pusat kegiatan menuju ….
A. pelabuhan karena letaknya strategis
B. pegunungan karena lahan masih luas
C. hulu sungai karena transportasi mudah dijangkau
D. tambang batu bara karena memerlukan banyak fasilitas
E. perbukitan karena harga lahan murah

Pembahasan:
Dari gambar dapat dilihat bahwa arah perkembangan kota cenderung lebih besar ke arah laut. Kondisi ini disebabkan wilayah laut menjadi tempat paling strategi dibanding wilayah-wilayah yang mengelilingi pusat kota lainnya.

Laut menjadi tempat strategis karena biasanya dekat dengan pelabuhan sebagai tempat distribusi barang melalui jalur laut. Adanya pelabuhan dapat membantu peningkatan tingkat perekonomian kota, sehingga arah pengembangan pusat kota akan mengarah ke laut/pelabuhan.

Jadi, arah pengembangan wilayah yang pesat seperti gambar adalah dari pusat kegiatan menuju pelabuhan karena letaknya strategis.

Jawaban: A

Baca Juga: 10 Konsep Geografi dan Contohnya

Contoh 3 – Soal Menentukan Arah Pengembangan Wilayah

Cara Menentukan Arah Pengembangan Kota

Pengembangan wilayah seperti pada gambar adalah ke arah .…
A. laut, dikembangkan wisata bahari
B. sawah, sumber air cukup
C. ladang, tersedia lahan luas
D. industri, lapangan kerja memadai
E. hutan, tersedia sumber daya alam

Pembahasan:
Pusat kota dari data gambar yang diberikan dikelilingi oleh lima kawasan yaitu ladang, laut, industri, sawah, dan hutan. Dari kelima kawasan yang mengeliling pusat kota, kegiatan ekonomi yang memberikan nilai paling tinggi terdapat pada kawasan industri. Pada kawasan industri terjadi kegiatan ekonomi yang tinggi dan melibatkan banyak tenaga kerja.

Jadi, pengembangan wilayah seperti pada gambar adalah ke arah industri, lapangan kerja memadai.

Jawaban: D

Contoh 4 – Soal Arah Pengembangan Kota

Contoh Soal Arah Pengembangan Pusat Kota

Pengembangan kota seperti gambar akan lebih pesat pemekarannya ke arah … karena…
A. 1, udaranya sejuk
B. 2, lahannya masih luas
C. 3, harga tanah murah
D. 4, daerah maritim
E. 5, pusat aktivitas manusia

Pembahasan:
Dari soal dapat diketahui bahwa wilayah yang mengelilingi pusat pertumbuhan adalah pegunungan, hutan, pembangunan, pelabuhan, dan industri. Dari kelima kawasan tersebut, wilayah yang potensi kegiatan ekonomi paling tinggi adalah industri.

Kawasan industri melibatkan banyak tenaga kerja sehingga dapat menjadi pusat aktivitas manusia. Tingginya aktivitas manusia sangat memungkinkan muncul sektor usaha lain seperti kuliner/tempat makan, sewa rumah/kos, dan lain sebagainya.

Jadi, pengembangan kota seperti gambar akan lebih pesat pemekarannya ke arah 5 karena pusat aktivitas manusia.

Jawaban: E

Contoh 5 – Soal Arah Pengembangan Wilayah

Soal Arah Pengembangan Wilayah

Pengembangan wilayah yang sesuai ilustrasi gambar lebih cepat ke arah … karena ….
A. i), wilayah udara sejuk
B. ii), kawasan kegiatan ekonomi
C. iii), pusat kegiatan agraris
D. iv), kawasan sulit dibangun
E. v), tersedia lahan gambut yang murah

Pembahasan:
Lima kawasan yang mengeliling pusat kota adalah pegunungan, kawasan industri, sawah, hutan, dan rawa. Pegunungan dapat memiliki potensi ekonomi dari pariwisata. Sawah memiliki nilai ekonomi dari hasil bumi dari penggarapan lahan. Hutan menyediakan bahan baku untuk berbagai sektor industri. Rawa dapat menghasilkan lahan gambut yang berpotensi memberikan hasil alam sesuai penggarapannya.

Namun, keempat kawasan tersebut memiliki potensi ekonomi lebih rendah dari kawasan industri. Industri menjadikan suatu wilayah dengan kegiatan ekonomi tinggi dan tempat banyak orang mencari nafkah. Selain itu, kawasan industri umumnya didukung dengan sarana dan prasarana penunjang pemenuhan kebutuhan.

Jadi, Pengembangan wilayah yang sesuai ilustrasi gambar lebih cepat ke arah ii) karena kawasan kegiatan ekonomi.

Jawaban: B

Demikianlah tadi ulasan arah pengembangan wilayah. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Materi UTBK Geografi yang Sering Keluar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.