Materi UTBK Geografi

By | May 23, 2021

Geografi menjadi salah satu subjek yang diujikan dalam soal ujian pada seleksi perguruan tinggi negeri untuk kelompok penjurusan sosial. Begitu juga pada Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Cakupan materi geografi yang dipelajari di sekolah menengah atas cukup banyak dengan bahasan yang luas. Beberapa materi ada yang sering keluar pada soal ujian pada tahun-tahun sebelumnya. Diantaranya, materi UTBK Geografi yang sering keluar meliputi Pengetahuan dasar geografi, dinamika planet bumi, serta dinamika kependudukan dan persebaran penduduk. Selain itu, topik yang juga sering keluar meliputi litosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer, dan persebaran penduduk. Materi lain yang juga sering keluar adalah bahasan mengenai peta, konsep wilayah dan tata ruang, serta interaksi keruangan desa dan kota.

Selain mengetahui materi apa saja yang keluar dalam soal ujian masuk perguruan tinggi negeri, sobat idschool juga perlu mengetahui bagaimana bentuk soalnya. Ada tiga bentuk soal ujian masuk perguruan tinggi yang biasanya diberikan. Di mana, tiga bentuk soal tersebut memiliki cara menjawab yang berbeda. Sebaiknya sobat idschool juga akrab dengan ketiga bentuk soal ujian masuk perguruan tinggi agar proses pengerjaan soal menjadi semakin mudah.

Materi UTBK Geografi

Apa saja topik pembahasan pada materi UTBK Geografi yang sering keluar dalam ujian? Ringkasan mengenai topik-topik tersebut dapat disimak melalui ulasan di bawah.

Baca Juga:  Negara-Negara di Asia Timur

Pengetahuan Dasar Geografi

Bahasan dalam topik ini mempelajari geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari. Di mana, bahasan geografi mencakup ilmu pengetahuan yang menggambarkan segala sesuatu yang ada di permukaan bumi. Pemahaman pengetahuan dasar grografi dalam kehidupan sehari-hari mencakup pengertian, aspek, konsep esensial, prinsip, dan pendekatan geografi.

Contoh Soal Materi UTBK Geografi – Pengetahuan Dasar Geografi

Di Indonesia terjadi perpindahan penduduk musiman pada waktu mudik lebaran dari kota ke desa, ketika kembali ke kota mereka membawa saudaranya untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini mengakibatkan terjadi kepadatan penduduk di kota. Prinsip geografi yang sesuai dengan fenomena tadi adalah ….
(A) persebaran
(B) interelasi
(C) deskripsi
(D) korologi
(E) aglomerasi

Jawaban: (B)

Pembahasan:
Prinsip geografi adalah sebuah dasar penjabaran atau penyajian gejala, faktor, dan masalah-masalah geografi dalam fenomena geosfer (peristiwa yang terjadi di permukaan bumi). Ada empat prinsip geografi yaitu prinsip deskripsi, persebaran/distribusi, interelasi, dan korologi.

Prinsip geografi yang sesuai dengan kondisi yang diberikan pada soal termasuk dalam prinsip interelasi. Pada prinsip Interelasi menerangkan bahwa fenomena di muka bumi tidak mungkin berdiri sendiri pasti ada keterkaitan dengan fenomena lain. Fenomena kepadatan penduduk Jakarta dikarenakan adanya perpindahan penduduk setelah lebaran sehingga menimbulkan fenomena kepadatan penduduk yang tinggi.

Dinamika Planet Bumi

Sejauh ini, planet Bumi adalah satu-satunya Planet yang diketahui terdapat kehidupan dan dapat menjadi tempat tinggal makhluk hidup. Topik bahasan pada materi dinamika planet bumi meliputi teori pembentukan bumi, pergerakan bumi, serta pengaruh pergerakan bumi

Contoh Soal Materi UTBK Geografi – Planet Bumi

Perhatikan fakta berikut!

  1. Adanya persamaan garis kontur pantai timur Benua Amerika Utara dan Benua Amerika Selatan dengan garis kontur pantai Barat Benua Eropa dan Benua Afrika
  2. Aktivitas seismik di patahan San Andreas
  3. Batas samudera Hindia semakin mendesak ke utara

Fakta tersebut membuktikan tentang teori pembentukan Bumi yaitu ….
(A) teori lempeng tektonik
(B) teori apungan benua
(C) teori dua benua
(D) teori konveksi
(E) teori tektonik

Jawaban: (B)

Pembahasan:
Salah satu teori yang menjelaskan perubahan posisi benua adalah teori apungan benua oleh Alfred Wegener. Teori apungan benua atau Continental Drift Theory menjelaskan bahwa lempeng pada kerak bumi berada di atas lapisan mantel bumi yang panas dan liat. Teori ini menyatakan bahwa benua-benua yang ada di bumi berasal dari satu kesatuan benua besar yang bernama Pangea yang kemudian terpecah-pecah dan berpindah posisi.

Berdasarkan Teori Apungan Benua, kerak bumi tersusun atas berbagai lempeng-lempeng tektonik yang saling bergerak, baik menjauhi, mendekati atau bergesar antara satu sama lain. Pergerakan lempeng tektonik ini membentuk benua, lautan, dan pegunungan di Bumi.

Beberapa bukti pergerakan lempeng tektonik menurut Wegener:

  • Garis pantai Amerika Utara dan Selatan sama dengan garis pantai Eropa dan Afrika
  • Ditemukannya fosil binatang laut di puncak Mount Everest
  • Berlangsungnya kegiatan seismik di sepanjang patahan St. Andreas
  • Bentuk dan jenis batuan sama pada benua yang berhadapan
  • Terjadinya gunung berapi dan gempa
  • Batas samudera Hindia semakin mendesak ke utara

Baca Juga: Rekomendasi Buku UTBK-SBMPTN yang Bagus

Litosfer Atmosfer Hidrosfer

Litosfer, atmosfer, dan hidrosfer merupakan unsur-unsur geosfer yaitu lapisan-lapisan yang terdapat pada struktur bumi. Litosfer adalah lapisan bumi yang tersusun dari beberapa jenis batuan dan mineral. Atmosfer bumi adalah lapisan gas yang menyelimuti planet Bumi. Sedangkan Hidrosfer adalah lapisan air  yang menyelimuti permukaan bumi meliputi air tanah, danau, rawa, sungai, uap air di udara, dan lain sebagainya.

Topik materi terdiri dari atau litosfer bumi dan lapisan atmosfer fenomena yang dapat terjadi di dalamnya. Bahasannya juga mencakup macam-macam lapisan atmosfer bumi dan masing-masing ciri dan fungsinya. Selain itu, mencakup juga fenomena seputar cuaca dan iklim seperti siklus hidrologi, jenis-jenis awan, dan klasifikasi iklim di bumi.

Contoh Soal Materi UTBK Geografi – Hidrosfer

Sebuah berita menayangkan fenomena ribuan ikan tiba-tiba naik ke daratan yang terjadi di Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Warga Lembata yang menyaksikan hal tersebut tentu dibuat senang. Mereka berlomba-lomba menangkap ikan yang hilir mudik loncat naik ke daratan. Dengan kegirangan, mereka menyaksikan serta menangkap ikan-ikan tersebut. Faktor terjadinya fenomena tersebut adalah ….
(A) pengaruh La Nina di Lautan Pasifik
(B) pergeseran sesar Flores
(C) adanya arus dingin ke perairan tersebut
(D) menurunnya kadar salinitas
(E) berkurangnya fitoplankton di perairan

Jawaban: (C)

Pembahasan:
Arus laut merupakan fenomena pergerakan massa air laut baik secara vertikal maupun horizontal. Salah satu faktor adanya arus laut adalah karena perbedaan suhu antara satu perairan dengan perairan lain yang disebut termohalin. Fenomena yang terjadi seperti penjelasan pada soal terjadi karena arus dingin yang masuk ke Teluk Lewoleba. Kondisi tersebut membuat ikan naik ke pantai untuk mencari suhu yang lebih hangat.

Baca Juga: Lapisan Air yang Menyelimuti Bumi (Hidrosfer)

Biosfer: Flora dan Fauna

Bisofer sering disebut juga dengan eksosfer merupakan jumlah seluruh ekosistem di seluruh penjuru Bumi. Topik bahasan Biosfer terdiri dari komponen biotik yang berinteraksi dengan lingkungan abiotik. Pada mater biosfer membahas persebaran, keanekaragaman, samapi dengan konservasi flora atau fauna. Selain itu juga mencakup ekosistem, bioma, fauna endemik Indonesia, dan flora endemik Indonesia.

Contoh Soal Materi UTBK Geografi – Biosfer

Faktor yang mempengaruhi keberadaan sabana di Nusa Tenggara Timur adalah ….
(A) tingginya suhu udara
(B) tingginya kecepatan angin
(C) panjangnya musim kemarau
(D) rendahnya kelembaban udara
(E) kuatnya penyinaran matahari

Jawaban: (C)

Pembahasan:
Sabana adalah ekosistem besar dengan daerah luas berupa padang rumput yang terdiri atas pohon-pohon perdu yang tumbuh jarang dan diselingi oleh semak belukar. Padang rumput sabana secara alami terbentuk umumnya disebabkan oleh cuaca dengan tingkat curah hujan yang rendah.

Wilayah Nusa Tenggara Timur berada di kepulauan yang terletak di sebelah timur gugusan sunda kecil. Kondisi tersebut membuat awan hujan yang tertiup oleh angin monsun barat yang sampai di Nusa Tenggara Timur sudah sangat sedikit, sehingga wilayah ini hanya mengalami sedikit hujan. Peristiwa inilah yang menyebabkan Nusa Tenggara Timur mengalami masa musim kemarau yang lebih panjang dan memiliki bioma sabana.

Kependudukan

Penduduk adalah warga suatu negara atau daerah yang menetap di daerah tersebut. Materi kependudukan meliputi pertumbuhan penduduk, angka kelahiran & kematian penduduk, migrasi penduduk, komposisi penduduk, permasalahan penduduk, dan bonus demografi. Bentuk soal fenomena kependudukan di UTBK akan disajikan dalam bentuk gambar, data, atau grafik mengenai fenomena kependudukan.

Contoh Soal Materi UTBK Geografi – Kependudukan

Pertumbuhan penduduk yang berjalan dengan perlahan-lahan ditandai dengan tingkat kelahiran tinggi dan tingkat kematian tinggi adalah . . . .
(A) periode stasioner
(B) periode pertumbuhan menurun
(C) periode pertumbuhan cepat
(D) periode statis
(E) periode alami

Jawaban: (D)

Pembahasan:
Pertumbuuhan penduduk terbagi menjadi empat periode yang meliputi periode statis, cepat, menurun, dan stasioner. Pernyataan yang sesuai dengan soal yaitu pertumbuhan penduduk yang berjalan dengan perlahan-lahan ditandai dengan tingkat kelahiran tinggi dan tingkat kematian tinggi merupakan periode statis.

Baca Juga: Cara Menghitung Kepadatan Penduduk

Persebaran SDA

Sumber Daya Alam (SDA) memiliki peranan penting bagi kesejahteraan hidup manusia. Wilayah dengan sumber daya alam yang melimpah mampu menyediakan kebutuhan penduduk yang menempatinya. Persebaran SDA adalah segala bentuk kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Topik materi SDA meliputi sebaran SDA, permasalahan sebaran SDA, kearifan lokal dalam pemanfaatan SDA, energi, analisis mengenai dampak lingkungan, pembangunan berkelanjutan, serta aktivitas pertambangan dan kehutanan.

Contoh Soal Materi UTBK Geografi – Persebaran SDA

Keserasian antara jumlah penduduk dengan kapasitas dari daya dukung lingkungan perlu diperhatikan.
SEBAB
Penduduk yang berkualitas diperlukan dalam pembangunan berkelanjutan.

Petunjuk pengerjaan: pilihan jawaban A, B, C, D, atau E dengan ketentuan sebagai berikut.

  • A: Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.
  • B: Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.
  • C: Jika pernyataan benar dan alasan salah.
  • D: Jika pernyataan salah dan alasan benar.
  • E: Jika pernyataan dan alasan keduanya salah.

Jawaban: (B)

Pembahasan:
Antara jumlah penduduk dengan kapasitas dari daya dukung lingkungan perlu diperhatikan agar mencapai keserasian.Pembangunan berkelanjutan dapat terwujud salah satunya melalui penduduk yang berkualitas. Penduduk yang berkualitas memungkinkan potensi sumber daya alam dapat dikelola dengan tepat, efisien, dan maksimal.

Pernyataan pada soal menerangkan keserasian jumlah penduduk dengan kapasitas lingkungan. Sedangkan alasan membahas hal yang diperlukan dalam pembangunan berkelanjutan. Jadi, pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.

Peta

Peta adalah gambaran suatu permukaan bumi dalam bidang datar dengan skala tertentu. Topik materi yang sering keluar adalah jenis peta, komponen peta, proyeksi peta, serta skala dan jarak lokasi pada peta. Bentuk soal peta di utbk mengenai analisis komponen atau unsur peta, cara menentukan dan menghitung skala pada peta.

Contoh Soal Materi UTBK Geografi – Peta

Sebuah lembaga memanfaatkan penggunaan peta persebaran penduduk, peta informasi dari lahan, dan peta permukiman untuk kegiatan perencanaan. Informasi yang dapat diperoleh dari ketiga peta tersebut yaitu ….
A. klasifikasi bangunan
B. kepadatan penduduk
C. jumlah rumah ditempati
D. pola permukiman penduduk
E. inventarisasi lahan nonmukim

Jawaban: (B)

Pembahasan:
Ada tiga jenis peta yang digunakan oleh lembaga tersebut yaitu peta persebaran penduduk, peta informasi dari lahan, dan peta permukiman. Ketiga peta tersebut dapat digunakan untuk memperoleh informasi kepadatan penduduk.

Baca Juga: Peta Kontur untuk Mengetahui Ketinggian dan Skala Tempat dengan Ketinggian

Konsep Wilayah dan Tata Ruang

Wilayah merupakan kesatuan ruang yang memiliki karakteristik tertentu senagai pembeda seprti unsur fisik, ekonomi, dan sosial-budaya. Sedangkan tata ruang merupakan upaya untuk mengatur pemanfaatan ruang pada suatu wilayah. Bahasan konsep wilayah dan tata ruang mencakup pembangunan dan pertumbuhan wilayah, perencanaan tata ruang, serta permasalahan dalam penerapan tata ruang wilayah.

Contoh Soal Materi UTBK Geografi – Konsep Wilayah dan Tata Ruang

Pola permukiman desa yang menjadi dasar terbentuknya peradaban lembah sungai adalah ….
A. desa berkelompok
B. perkampungan linier
C. perkampungan memusat
D. perkampungan mengelilingi fasilitas
E. desa menyeluruh

Jawaban: (B)

Pembahasan:
Pola permukiman merupakan tempat bermukimnya manusia dan melakukan aktivitas sehari- hari. Bentuk penyebaran permukiman dapat dilihat berdasarkan relief dan kenampakan alam pada daerah tersebut. Beberapa pola pemukiman penduduk antara lain pola pemukiman tersebar, menjalur/memanjang, dan mengelompok. Pola pemukiman yang terletak di sepanjang aliran sungai, jalan, atau sepanjang garis pantai biasanya merupakan pola pemukiman memanjang.

Pola permukiman desa yang menjadi dasar terbentuknya peradaban lembah sungai adalah perkampungan linear.

Interaksi Keruangan Desa dan Kota

Bahasan dalam interaksi desa dan kota mencakup pola keruangan desa, pola keruangan kota, dan teori interaksi. Topik pembahasan juga mencakup contoh kota, contoh desa, dan urbanisasi. Selain itu meliputi juga kekuatan interaksi, teori titik henti, dan indeks konektivitas.

Contoh Soal Materi UTBK Geografi – Interaksi Keruangan Desa dan Kota

Menurut August Losch, dalam teori lokasi industri, terdapat suatu wilayah ekonomi yang homogen yaitu dalam hal-hal berikut, kecuali ….
(A) ilmu pengetahuan
(B) selera dan keinginan
(C) sumber daya alam
(D) kemudahan distribusi
(E) penyebaran penduduk

Jawaban: (D)

Pembahasan:
Hal-hal yang terdapat di suatu wilayah ekonomi yang homogen dalam teori lokasi industri menurut August Losch:

  • Sumber daya alam
  • Pengetahuan
  • Selera dan keinginan
  • Kemudahan transportasi
  • Penyebaran penduduk
  • Kesempatan ekonomi

Demikianlah tadi ulasan Materi UTBK Geografi yang sering keluar dalam ujian masuk perguruan tinggi. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Breaking Point Theory untuk Mengetahui Lokasi Ideal Suatu Industri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.