Awal Mula Penjajahan Jepang di Indonesia

By | November 1, 2021

Awal mula penjajahan Jepang di Indonesia tidak lepas dari peristiwa penyerangan Pearl Harbour pada tanggal 7 Desember 1941. Pearl Harbour adalah pelabuhan Pangkalan Laut Amerika Serikat di pulau Oahu yaitu pulau terbesar di kepulauan Hawaii. Penyerangan yang dilakukan oleh Jepang ini bertujuan untuk melumpuhkan kekuatan sekutu seperti Amerika Serikat, Inggris dan Belanda. Kekuatan sekutu bagi Jepang dapat menjadi ganjalan bagi ekspansi Jepang di Asia.

Akibat dari serangan yang dilakukan oleh Jepang telah menenggelamkan dan merusak 21 kapal Armada AS. Korban dari serangan ini membuat 2.403 tentara AS meninggal dan 1.178 orang luka-luka. Serangan yang dilakukan oleh Jepang menjadi titik awal terjadinya perang di kawasan Asia Pasifik. Sebab serangan oleh Jepang ini juga menjadi salah satu sebab khusus terjadinya Perang Dunia II. Selanjutnya, Kongres AS dan Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada tanggal 8 Desember 1941 mengumumkan pernyataan perang terhadap Jepang.

Awal mula penjajahan Jepang di Indonesia

Bagaimana proses masuknya Jepang ke wilayah Indonesia? Bagaimana awal mula penjajahan Jepang di Indonesia? Sobat idschol dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: Perusahaan Dagang (VOC) yang Pernah Menguasai Wilayah Indonesia

Masuknya Tentara Jepang ke Indonesia

Tentara Jepang yang berjumlah puluhan ribu berhasil mendarat di pantai timur wilayah Tarakan (Kalimantan Timur) pada tanggal 11 Januari 1942. Sebelumnya, tempat ini merupakan wilayah yang diduduki Belanda. Masuknya tentara Jepang ke wilayah Indonesia membuat pertempuran dengan Belanda terjadi.

Belanda berusaha bertahan dengan 1.300 serdadu Batalion VII Koninklijk Nederansch Indisch Leger (KNIL) pada pertempuran ini. Pihak Belanda juga dilengkapi dengan beberapa kapal perang ringan, pesawat tempur, dan bomber. Namun akhirnya, pasukan KNIL menyerah pada tanggal 12 Januari 1942. Akibat dari pertempuoran antara Jepang dan Belanda pada waktu itu menyebabkan lebih dari setengah pasukan Belanda gugur.

Wilayah Indonesia Pertama yang Berhasil Dikuasai Jepang

Tarakan kemudian menjadi wilayah pertama di Indonesia yang berhasil dikuasai oleh Jepang. Jepang pun selanjutnya mulai menguasai wilayah Indonesia lainnya seperti Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Banjarmasin, dan Palembang. Setelah menguasai beberapa wilayah di luar Jawa, penyerangan dipusatkan ke Pulau Jawa yang merupakan pusat pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Jepang melakukan serangan laut besar-besaran ke Pulau Jawa pada bulan Februari–Maret 1942. Pertempuran Laut Jawa pun terjadi antara armada laut Jepang dan armada gabungan yang dipimpin oleh Laksamana Karel Doorman. Akhirnya, tanggal 5 Maret 1942 Batavia pun jatuh ke tangan Jepang.

Tentara Jepang terus bergerak ke kota-kota lain di Jawa sehingga dengan mudah kota-kota tersebut jatuh ke tangan Jepang.

Baca Juga: [Ringkasan Singkat] Sejarah Kerajaan Majapahit

Perjanjian Kalijati Mengakhiri Penjajahan Belanda dan Awal Mula Penjajahan Jepang

Keberhasilan Jepang menduduki banyak wilayah di Indonesia membuat pihak Belanda akhirnya mengakhiri kekuasaannya atas Indonesia. Peristiwa menyerah kalah dalam perang ini merupakan hasil dari perundingan antara pihak Belanda dan Jepang pada tanggal 8 Maret 1942. Perundingan antara kedua pihak tersebut berlangsung di Kecamatan Kalijati (Subang, Jawa Barat).

Kapitulasi Kalijati

Dalam perundingan tersebut pihak Belanda diwakili Jenderal Ter Poorten. Sedangkan pihak dari Jepang diwakili oleh Jenderal Hitoshi Imamura. Dalam perundingan tersebut turut serta Gubernur Jenderal A. W. L. Tjarda van Starkenborgh Stachouwer.

Perundingan tersebut menghasilkan kesepakatan yang tertuang dalam Perjanjian Kalijati. Inti dari isi Perjanjian Kalijati adalah menandai berakhirnya penjajahan Belanda terhadap Indonesia dan diawalinya pendudukan Jepang atas Indonesia. Tercapainya Kapitulasi Kalijati atau pengakuan kalah perang dari Belanda menjadi awal bagi Jepang secara resmi masa pendudukan Jepang di Indonesia.

Baca Juga: Bangunan-Bangunan Bersejarah di Jakarta (Batavia)

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Soal Awal Mula Penjajahan Jepang di Indonesia

Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang di Kota ….
A. Subang
B. Linggarjati
C. Tarakan
D. Batavia
E. Balikpapan

Pembahasan:

Penandan berakhirnya pemerintahan Belanda atas Indonesia yang kemudian digantikan oleh Jepang terjadi setelah Perjanjian Kalijati. Nama perjanjian merupakan tempat berlangsungnya perundingan yaitu Kalijati yang berada di Kota Subang, Jawa Barat.

Jadi, Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang di Kota Subang.

Jawaban: A

Contoh 2 – Soal Awal Mula Penjajahan Jepang di Indonesia

Bangsa Jepang berkuasa di Indonesia setelah mengalahkan Belanda yang menyerah tanpa syarat kepada Jepang di Kalijati, Subang pada tangggal ….
A. 7 Desember 1941
B. 8 Desember 1941
C. 12 Januari 1942
D. 5 Maret 1942
E. 8 Maret 1942

Pembahasan:

Masa penjajahan Jepang di Indonesia dimulai setelah Kapituasi Kalijati yaitu saat Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Peristiwa ini terjadi dalam sebuah perundingan antara Belanda dan Jepang di Kalijati dalam Perundingan Kalijati. Dalam perjanjian menyebutkan bahwa wilayah kekuasaan Belanda di Indonesia diserahkan kepada Jepang. Perundingan Kalijati ini terjadi pada tanggal 8 Maret 1942.

Peristiwa yang terjadi sesuai tanggal pada pilihan ganda.

  • 7 Desember 1941: Jepang melakukan penyerangan ke Pearl Harbour
  • 8 Desember 1941: Belanda mengumumkan perang terhadap Jepang
  • 12 Januari 1942: pasukan Koninklijk Nederansch Indisch Leger (KNIL) menyerah kepada Jepang
  • 5 Maret 1942: Jepang menguasai Batavia
  • 8 Maret 1942: dilakukan Perjanjian Kalijati

Jadi, Bangsa Jepang berkuasa di Indonesia setelah mengalahkan Belanda yang menyerah tanpa syarat kepada Jepang di Kalijati, Subang pada tangggal 8 Maret 1942.

Jawaban: E

Contoh 3 – Soal Awal Mula Penjajahan Jepang di Indonesia

Pada tanggal 8 Maret 1942, tentara Belanda menyerah tanpa syarat kepada tentara pendudukan Jepang di Kalijati. Sejak saat itu, Belanda kehilangan kekuasaannya atas Indonesia. Tentara pendudukan Jepang bermarkas di tiga tempat yaitu ….
A. Jakarta, Surabaya, dan Ambon
B. Jakarta, Bukittinggi, dan Makassar
C. Jakarta, Ambon, dan Bukittinggi
D. Jakarta, Ambon, dan Balikpapan
E. Jakarta, Surabaya, dan Balikpapan

Pembahasan:

Saat Indonesia berada di bawah kekuasaan Jepang, pemerintahan militer dibagi ke dalam 3 wilayah kekuasaan yaitu wilayah Sumatera, Jawa, dan Timur.

  • Pemerintahan Wilayah Sumatera berpusat di Bukittinggi yang dipegang oleh Rikugun atau Angkatan Darat, Divisi 15 atau Tomi Shudan.
  • Wilayah Jawa memiliki pusat pemerintahan yang berada di Batavia (Jakarta) yang dipegang oleh Rikugun, Divisi 16 atau Osami Shudan.
  • Pusat pemerintahan Indonesia Wilayah Timur berada di Makassar yang dipegang oleh Kaigun atau Angkatan Laut, Divisi II atau Dai Ni Nankenkatai.

Jadi, tentara pendudukan Jepang bermarkas di tiga tempat yaitu Jakarta, Bukittinggi, dan Makassar.

Jawaban: B

Demikianlah tadi ulasan awal mula penjajahan Jepang di Indonesia yang berawal dari peristiwa penyerangan Peral Harbour oleh Jepang. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Zaman Penjelajahan Samudera

Category: SMA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.