10++ Bursa Efek yang Beroperasi di Negara – Negara

Bursa adalah tempat bertemunya pegusaha untuk mengadakan negosiasi dan transaksi jual beli. Efek adalah aset yang dibeli untuk investasi seperti surat utang, obligasi, saham, dan lain sebagainya. Dikutip dari OJK, bursa efek adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek dari pihak-pihak yang memperdagagangkan efek tersebut.

Ada banyak bursa efek yang beroperasi di berbagai negara. Misalnya seperti bursa efek yang beroperasi di negara Indonesia adalah BEJ (Bursa Efek Jakarta) dan BES (Bursa Efek Surabaya). Kedua bursa efek yang beroperasi di Indonesia tersebut berada dalam naungan Bursa Efek Indonesia (BEI).

BEI merupakan lembaga pemerintah yang berperan dalam penyelenggaraan bursa. Tugas BEI adalag memberikan fasilitas perdagangan efek di Indonesia.

Beberapa negara umumnya memiliki lebih dari satu bursa efek, seperti Indonesia yang memiliki dua bursa efek. Apa saja bursa efek yang beroperasi di negara – negara lain? Bagaimana kerja dari bursa efek yang beroperasi di negara – negara tersebut? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: Cara Mengetahui Jenis Tingkat Inflasi yang Terjadi

1) Bursa Efek yang Beroperasi di USA

NYSE adalah singkatan dari New York Stock Exchange yang menjadi bursa efek terbesar di dunia untuk saat ini. Julukan NYSE sebagai tempat jual beli saham terbesar di dunia adalah The Big Board. Lokasi bursa efek terbesar di dunia ini berada di New York City.

Bursa Efek yang Beroperaso di Negara Amerika
Sumber gambar: NYSE

Selain NYSE, masih ada belasan bursa efek yang beroperasi di USA seperti NASDAQ. NASDAQ (National Association of Securities Dealers Automated Quotations) menjadi bursa efek tertua di dunia dan terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar. NASDAQ berada di lokasi yang sama dengan lokasi NYSE yaitu New York City.

Selain NYSE dan NASDAQ, beberapa bursa efek yang beroperasi di USA antara lain: Arizona Stock Exchange, American Stock Exchange (AMEX), Boston Stock Exchange, Chicago Stock Excahnge, Pacific Exchange, Philadelphia Stock Exchange, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kurs Jual dan Kurs Beli

2) Japan Exchange Group (JPX) – Bursa Efek yang Beroperasi di Negara Jepang

JPX merupakan hasil peleburan Tokyo Stock Exchange (TSE) dan Osaka Securities Exchange (OSE). Lokasi JPX berada di Tokyo yang berada di Pulau Honshu (pulau terbesar dan utama di Jepang). Beberapa emiten yang sahamnya diperdagangkan di JPX antara lain Honda Motor Company Limited, Toyota Motor Corp, Suzuki Motor Corp, Nippon Steel Corp, dan Sofbank Group Corp.

Bursa Efek yang Beroperasi di Negara Jepang
Sumber gambar: Japan Travel

3) Shanghai Stock Exchange (SSE) – Bursa Efek yang Beroperasi di Negara China

SSE adalah bursa efek terbesar di Asia dan terbesar ketiga di dunia berdasarkan nilai kapitalisasi pasar. Lokasi SSE berada di Shanghai, Tiongkok yang tidak sepenuhnya terbuka untuk negara lain. Selain Shanghai Stock Exchange, masih ada bursa efek yang beroperasi di negara China seperti Shenzen dan Beijing Stock Exchange.

Bursa Efek yang Beroperasi di Negara Tiongkok
Sumber gambar: VOA News

Beberapa emiten yang sahamnya terdaftar di SSE antara lain Ping An Insurance, Petro China, Industrial and Comercial Bank of China Limited, serta Kweichow Moutai.

Baca Juga: Kurva Permintaan dan Kurva Penawaran

4) Hong Kong Stock Exchange (HKE) – Bursa Efek yang Beroperasi di Negara Hong Kong

Hong Kong Stock Exchange sebelumnya merupakan Associatiation of Stockbrokers in Hong Kong yaitu bursa efek yang beroperasi di Hong Kong. HKE menjadi tempat untuk kegiatan usaha peningkatan modal bagi emiten di Hongkong dan China daratan.

Beberapa perusahaan teratas yang terdaftar di HKE adalah bank dan perusahaan asuransi dari China daratan seperti Ping An Insurance serta Bank Industri dan Komersial China. Pada akhir 2020, perusahaan konglomerat internet Tiongkok masuk sebagai perusahaan teratas yang terdaftar di HKE

Bursa Efek yang Beroperasi di Negara Hongkong
Sumber gambar: The Edge Markets

5) Euronext – Bursa Efek yang Beroperasi di Uni Eropa

Euronext merupakan grup bursa saham terbesar di Eropa yang awalnya terbentuk dari penggabungan bursa efek Amsterdam, Paris, dan Brussels. Pasar saham Euronext berada di Amsterdam (Belanda) dan beroperasi di enam kota lain yaitu Paris, Brussels, Lisabon, Milan, Dublin, dan Oslo.

Bursa Efek yang Beroperasi di Uni Eropa
Sumber gambar: Euronext

Beberapa emiten yang sahamnya tercatat di Euronext antara lain Unilever plc (UNA), Volkswagen (VVA), Shel plc (SHELL), Carrefour (CA), dan perusahaan asuransi AXA.

6) London Stock Exchange (LSE) – Bursa Efek yang Beroperasi di Negara UK

LSE pernah menjadi bursa efek terbesar di dunia, sampai di akhir Perang Dunia I sebutan itu kemudian digantikan oleh NYSE setelah berdiri. Bursa efek yang beroperasi di negara UK ini dimiliki dan dioperasikan oleh London Stock Exchange Group.

Bursa Efek yang Beroperasi di UK
Sumber gambar: The Guardian

Lokasi kegiatan LSE berada di London, Milan, UK. Beberapa perusahaan yang terdaftar di LSE adalah British Petroleum, Barclays, dan GlaxoSmithKline.

7) TSX – Bursa Efek yang Beroperasi di Negara Kanada

TSX merupakan bursa efek yang beroperasi di Negara Kanada. Operator kegiatan usaha TSX adalah TMX Group dengan ribuan perusahaan yang tergabung. Kedudukan TSX berada di Kota Torono, Kanada. Beberapa emiten yang terdaftar di Kanada meliputi bank-bank komersial terbesar yang sering disebut The Big Five.

Bursa Efek yang Beroperasi di Negara Kanada
Sumber gambar: betakit

8) Bombay Stock Exchange – Bursa Efek yang Beroperasi di Negara India

Bombay Stock Exchange (BSE) merupakan bursa efek pertama di Asia yang berdiri sejak tahun 1875. Ribuan perusahaan terdaftar di BSE yang berlokasi di Mumbai, India. Selain bombay stock exchange, masih ada bursa efek yang beroperasi di negara India yaitu National Stock Exchange.

Bursa Efek yang Beroperasi di Negara India.

9) Deutsche Borse – Bursa Efek yang Beroperasi di Negara Jerman

Deutsche Boerse merupakan bursa efek yang beroperasi di negara Jerman, Fankruft. Deutsche Boerse memiliki lokasi kerja di Luxemburg, Swiss, dan Spanyol. Jumlah perusahaan yang terdaftar di bursa efek yang beroperasi di negara Jerman ini mencapai lebih dari 400 perusahaan besar.

Bursa Efek yang Beroperasi di Negara Jerman
Sumber gambar: wikipedia

10) SIX Swiss Exchange – Bursa Efek yang Beroperasi di Negara Switzerland

Bursa Swiss SIX dahulu bernama Bursa Swiss SWX adalah bursa efek yang beroperasi di negara Switzerland berlokasi di Zurich. Bursa SIX merupakan bursa efek pertama di dunia dengan sistem perdagangan, kliring, dan penyelesaian yang terautomasi penuh. Pengelola bursa SIX adalah perkumpulan 55 bank dengan hak pilih seimbang terkait manajemen dan pengawasan bursa.

Bursa Efek yang Beroperasi di Negara Switzerland
Sumber gambar: SIX Group

Demikianlah tadi ulasan 10 bursa efek yang beroperasi di berbagai negara dan profil singkatnya. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Dasar Pencatatan Transaksi Keuangan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.