Cara Menghitung Pertumbuhan Ekonomi

By | May 10, 2019

Cara Menghitung Pertumbuhan Ekonomi dapat diperoleh melalui persamaan yang dapat digunakan untuk mengetahui besarnya nilai pertumbuhan ekonomi. Persamaan tersebut adalah rumus menghitung pertumbuhan ekonomi. Untuk mengetahui nilai pertumbuhan ekonomi suatu negara diperlukan informasi data Produk Domestik Bruto (PDB) untuk dua periode berurutan. Atau secara internasional biasa disebut sebagai Gross Domestic Product (GDP). Bagaimana cara menghitung pertumbuhan ekonomi? Melalui halaman ini, idschool akan membahas materinya.

Sebelum masuk ke pembahasan cara menghitung pertumbuhan ekonomi, sebaiknya sobat idschool mengetahui apa yang dimaksud PDB. Di awal telah disebutkan bahwa PDB adalah singkatan dari Produk Domestik Bruto. Pengertian dari PDB atau GDP adalah nilai pasar semua barang dan jasa yang berhasil diproduksi pada periode tertentu.

GDP atau PDB

Suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi jika ditandai dengan kenaikan PDB atau GDP negara tersebut. Pertumbuhan ekonomi dapat terjadi jika jumlah produksi barang dan jasa meningkat. Bagaimana cara menghitung pertumbuhan ekonomi suatu negara? Simak cara menghitung pertumbuhan ekonomi melalui bahasan rumus menghitung pertumbuhan ekonomi dan contoh soal menghitung pertumbuhan ekonomi berikut.

Rumus Menghitung Pertumbuhan Ekonomi

Perhitungan jumlah produksi barang dan jasa suatu negara cukup sulit untuk dilakukan. Sehingga, angka yang digunakan untuk menaksir perubahan output berupa barang dan jasa produksi adalah nilai uang (moneter). Nilai tersebut tercermin dalam nilai Produk Domestik Bruto (PDB).

Untuk mengukur pertumbuhan ekonomi, nilai PDB yang digunakan adalah PDB berdasarkan harga konstan, karena pengaruh perubahan harga atau inflasi telah dihilangkan. Penghitungan atau pengukuran pertumbuhan ekonomi tidak dapat dilakukan setiap saat karena pengumpulan data PDB sangat sulit dilakukan.

Biasanya, perhitungan PDB atau GDP Dilakukan dalam kurun waktu triwulanan dan tahunan untuk satu periodenya. Cara menghitung tingkat pertumbuhan ekonomi dapat digunakan menggunakan rumus menghitung pertumbuhan ekonomi berikut ini.

Rumus Menghitung Pertumbuhan Ekonomi

Jika interval waktunya lebih dari satu periode, penghitungan tingkat pertumbuhan ekonomi dapat menggunakan persamaan eksponensial berikut.

Cara Menghitung Pertumbuhan Ekonomi

Simak penggunaan rumus pertumbuhan ekonomi pada contoh soal cara menghitung pertumbuhan ekonomi suatu negara berikut ini.

Contoh Soal Menghitung Pertumbuhan Ekonomi

PDB negara X pada tahun 2016 sebesar 40 miliar dan tahun 2017 meningkat menjadi Rp43,2 miliar. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi yang dicapai negara X adalah ….

A.       6,0%

B.       7,0%

C.       8,0%

D.       9,0%

E.       10,0%

 

Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal diperoleh informasi nilai PBD tahun 2016 adalah 40 M dan nilai PDB tahun 2017 adalah 43,2 M.

Sehingga, besar nilai pertumbuhan ekonomi negara yang dicapai adalah

    \[ G_{t} = \frac{PDB_{2017} - PDB_{2016}}{ PDB_{2016}} \times 100 \%  \]

    \[ G_{t} = \frac{43,2 \; M -  40 \; M}{40 \; M} \times 100 \%  \]

    \[ G_{t} = \frac{3,2 \; M}{40 \; M} \times 100 \%  \]

    \[ G_{t} = 8,0 \%  \]

Jawaban: C

Demikianlah ulasan rumus pertumbuhan ekonomi untuk mengetahui besarnya nilai pertumbuhan ekonomi suatu negara. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: 4 Macam Sistem Ekonomi