4 Macam Sistem Ekonomi

By | May 1, 2019

4 Macam Sistem Ekonomi yang digunakan di berbagai negara meliputi sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi terpusat, sistem ekonomi pasar, dan sistem ekonomi campuran. Macam – macam sistem ekonomi tersebut memiliki karakteristik, keunggulan, dan kelemahan masing – masing. Penggunaan sistem ekonomi suatu negara perlu disesuaikan dengan kondisi masyarakat dan berbentuk pemerintahannya. Apa perbedaan antara . Keempat jenis macam – macam sistem ekonomi tersebut akan idschool ulas di sini.

Macam - Macam Sistem Ekonomi

Tujuan umum dari sistem ekonomi adalah untuk menyelesaikan masalah pokok ekonomi yang dihadapi setiap orang. Melalui sistem ekonomi, berbagai permasalah dalam bidang ekonomi diharapkan dapat diselesaikan. Melalui sistem ekonomi diharapkan mampu berproduksi untuk menyediakan berbagai kebutuhan hidup. Dalam sistem ekonomi juga mengatur kegiatan perekonomian sehingga dapat terlaksana kegiatan ekonomi yang diharapkan. Kegiatan yang diatur dalam sistem ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Apa dan bagaimana macam – macam sistem ekonomi yang ada? Simak penjelasan lebih lanjut terkait 4 macam sistem ekonomi pada setiap bahasan masing – masing sistem ekonomi berikut ini.

Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem ekonomi tradisional merupakan sistem ekonomi yang dijalankan secara bersama untuk kepentingan bersama. Pada sistem ekonomi tradisional tata cara yang digunakan mengikuti aturan nenek moyang sebelumnya. Dalam sistem ekonomi tradisional, semua persediaan barang/jasa yang diperlukan akan dipenuhi sendiri oleh masyarakat tersebut. Masalah terkait apa dan berapa, bagaimana, dan untuk siapa barang/jasa yang akan diproduksi semuanya diatur oleh masyarakat.

Ciri – ciri sistem ekonomi tradisional dapat dilihat berdasarkan teknologi, aturan, alat tukar, pembagian kerja, dan modal yang digunakan. Berikut ini adalah ciri – ciri sistem ekonomi tradisional:

Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem ekonomi tradisional biasanya berlaku di negara – negara yang belum maju. Namun, perlahan sistem ekonomi tradisional sudah mulai ditinggalkan.

Sistem Ekonomi Terpusat

Sistem ekonomi terpusat disebut juga sebagai sistem ekonomi komando atau sistem ekonomi sosialis. Karakteristik dari sistem ekonomi terpusat adalah kegiatan ekonomi diatur negara secara terpusat. Dalam sistem ekonomi terpusat, semua tanggung jawab kegiatan ekonomi diambil oleh negara atau pemerintah pusat.

Kebebasan untuk melakukan kegiatan ekonomi dibatasi sehingga inisiatif perorangan tidak dapat berkembang. Semua kebutuhan hidup termasuk keamanan dan pertahanan diatur oleh pemerintah secara terpusat. Pelaksanaan semua kegiatan ekonomi dalam sistem ekonomi terpusat dilakukan oleh daerah di bawah satu komando dari pemerintah pusat. Permasalah ekonomi terkait apa dan berapa, bagaimana, dan untuk siapa barang/jasa akan diproduksi diatur dalam satu komando.

Sistem Ekonomi Terpusat

Sistem ekonomi terpusat ini diterapkan pada negara-negara yang menganut paham komunis, misalnya negara – negara di Eropa Timur. Namun karena kurang sesuai dengan aspirasi rakyat, sistem ekonomi terpusat sudah ditinggalkan.

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi

Sistem Ekonomi Pasar

Kegiatan ekonomi pada sistem ekonomi pasar membebaskan siapa saja untuk melakukan produksi barang/jasa. Dalam sistem ekonomi pasar, kegiatan ekonomi diharapkan dapat berjalan bebas sesuai dengan kebutuhan pasar. Sehingga masyarakat dalam sistem ekonomi pasar terdorong untuk bekerja keras dan efisien agar mendapatkan keuntungan sebesar – besarnya.

Sistem Ekonomi Pasar

Karakteristik dari sistem ekonomi pasar adalah berlakunya persaingan secara bebas. Akibatnya dalam sistem ekonomi pasar membuat yang kuat bertambah kuat, dan sebaliknya yang lemah semakin terdesak.

Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran adalah gabungan antara sistem ekonomi terpusat/komando/sosialis dan sistem ekonomi pasar/liberal/kapitalis. Biasanya, negara yang menerapkan sistem ekonomi campuran adalah negara-negara berkembang. Dalam sistem ekonomi campuran, antara pihak swasta dan pemerintah sama-sama diakui.

Sistem Ekonomi Campuran

Kegiatan ekonomi yang berada pada sistem ekonomi campuran diisi oleh pihak pemerintah dan pihak swasta.

Sekian bahasan terkait materi dengan macam – macam sistem ekonomi yang meliputi sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi terpusat, sistem ekonomi pasar, dan sistem ekonomi campuran. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(net), semoga bermanfaat!

Baca Juga: Cara Menghitung Kepadatan Penduduk