Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

By | May 9, 2019

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi adalah bahasan tentang penyebab yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Kondisi ekonomi suatu negara dapat tumbuh naik atau turun. Ada beberapa penyebab yang menjadi faktor pertumbuhan ekonomi. Apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi? Simak 10 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang akan dibahas berikut.

Kondisi pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat berkembang cepat, lambat, tidak berkembang, atau malah merosot. Adakalanya suatu negara mengalamim pertumbuhan ekonomi yang bergerak dengan cepat, namun terkadang juga mengalami pertumbuhan ekonomi yang lambat. Kondisi pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di sini, idschool akan mencoba mengulas faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Simak penjelasan masing – masing faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi berikut.

1. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang disediakan oleh alam, meliputi tanah, hasil hutan, bahan tambang, dan lain sebagainya. Keberadaan sumber daya alam yang dimiliki suatu negara dapat dimanfaatkan sebagai ketersediaan bahan baku produksi. Sehingga, tersedianya sumber daya alam akan sangat menunjang pertumbuhan ekonomi.

Sumber Daya Alam

Namun, tersedianya sumber daya alam yang melimpah belum cukup bagi pertumbuhan ekonomi. Diperlukan kemampuan untuk memanfaatkan sumber daya alam tersebut dengan sebaik-baiknya. Sumber daya alam yang tersedia yang dimanfaatkan secara optimal akan membantu dalam proses pertumbuhan ekonomi.

2. Sumber Daya Manusia

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi berikutnya adalah ketersediaan sumber daya manusia. Jumlah penduduk yang banyak akan memperbesar jumlah tenaga kerja. Dengan adanya penambahan tenaga kerja ini akan memungkinkan suatu negara untuk menambah jumlah produksi. Sehingga kondisi tersebut akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi.

Sumber Daya Manusia

Ketersediaan sumber daya manusia berupa tenaga kerja yang memiliki kualitas (pendidikan) tenaga kerja yang lebih baik akan lebih mampu meningkatkan produktivitas tenaga kerja itu sendiri. Semakin baik tenaga kerja yang dimiliki suatu negara maka akan semakin berpengaruh pula dalam pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi

3. Barang Modal

Barang – barang modal adalah berbagai jenis barang yang digunakan untuk memproduksi barang atau jasa suatu produksi. Contoh barang modal adalah mesin – mesin pabrik, peralatan pertukangan, dan lain sebagainya. Banyaknya barang modal yang dimiliki akan mempengaruhi jumlah barang atau jasa dari suatu produksi.

Barang Modal

Semakin banyak barang modal akan menambah hasil barang atau jasa. Begitu juga kondisi sebaliknya. Meningkatnya hasil produksi barang dan jasa menandakan perekonomian mengalami pertumbuhan.

4. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kemajuan ekonomi di suatu negara juga dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang dimiliki suatu negara. Contoh negara dengan teknologi yang canggih adalah Jepang, Belanda, Jerman, dan negara maju lainnya. Sebut saja negara Jepang, keterbatasan sumber daya alam yang dimiliki namun tidak membuat negara tersebut menjadi negara miskin. Kemajuan teknologi yang dimiliki negara Jepang mampu membuat negara tersebut menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi yang baik.

Dengan adanya kemajuan teknologi, pemanfaatan sumber daya alam dapat dilakukan lebih optimal. Keuntungan menggunakan teknologi yang baik diantaranya dapat mempertinggi efisiensi kegiatan produksi, menciptakan barang dengan nilai guna yang lebih baik, dan meningkatkan mutu barang produksi. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi akan menjadi lebih cepat dan lebih baik.

5. Manajemen

Pengelolaan kegiatan ekonomi yang baik oleh suatu negara dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Kegiatan pengelolaan ekonomi ini menjadi bahasan dalam manajemen. Kemampuan manajemen yang baik akan mampu memanfaatkan potensi yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi suatu bangsa.

Terkelolanya faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dengan baik tentu akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: 4 Macam Sistem Ekonomi

6. Kewirausahaan

Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah sikap untuk mampu dan berani mengambil risiko dalam melakukan suatu usaha guna memperoleh keuntungan. Seorang wirausahawan mampu melakukan investasi dalam memperluas kesempatan kerja. Banyaknya kesempatan kerja akan mampu meningkatkan output nasional. Seiring dengan meningkatnya produksi nasional akan mampu meningkatkan penerimaan negara, berupa pajak.

Wirausahawan

Peranan wirausahawan dalam memajukan perekonomian telah terbukti dari masa ke masa.

7. Infrastruktur

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi berikutnya adalah ketersediaan infrastruktur yang baik dan lengkap. Semakin baik infrastruktur yang ada akan mampu mendorong berbagai macam efisiensi dan efektifitas suatu kegiatan produksi. Ketersediaan infrastruktur yang baik akan mempermudah kegiatan pembangunan ekonomi itu sendiri.

Infrastruktur

Kegiatan ekonomi pada sebuah negara dengan infrastruktur yang baik akan memperlancar kegiatan produksi. Lancarnya kegiatan produksi tentu akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Rumus Elastisitas Permintaan dan Penawaran

8. Informasi

Informasi merupakan hal yang sangat penting dalam urusan apapun, termasuk dalam faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Informasi

Sumber informasi akan mempengaruhi keputusan para pelaku kegiatan produksi. Semakin tepat dan cepat informasi yang diperoleh akan membuat keputusan yang diambil untuk kegiatan produksi juga semakin baik. Sehingga, adanya informasi yang tepat akan mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam kegiatan produksi.

9. Keadaan Politik

Keadaan status politik sebuah negara juga dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Kondisi politik yang stabil akan membuat kegiatan ekonomi berjalan lancar, sehingga pertumbuhan ekonomi juga dapat terjaga.

10. Sosial Budaya

Bagaimana kondisi sosial budaya suatu negara dapat menjadi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi? Pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan melihat kondisi masyarakatnya. Kondisi sosial budaya masyarakat yang penuh konflik akan menghambat kelancaran kegiatan ekonomi Sebaliknya, keadaan sosial budaya masyarakat yang harmonis akan membuat kegiatan ekonomi berjalan dengan baik. Sehingga, pertumbuhan ekonomi dapat diupayakan agar mencapai sesuai harapan.

Sosial Budaya

Sekian ulasan mengenai faktor – faktor pertumbuhan ekonomi, meliputi barang modal, teknologi, tenaga kerja, sumber daya alam, manajemen, kewirausahaan, dan informasi. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Sumber Pendapatan Negara