Daur Karbon dan Oksigen

By | January 22, 2021

Karbon merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan karena dapat membentuk bahan organik yang dibutuhkan di bumi. Transfer karbon dari satu objek ke objek lain terjadi dalam sebuah siklus yang disebut siklus atau daur karbon. Dalam daur karbon berkaitan dengan produk atau materi penting lain yang dihasilkan yaitu oksigen. Sehingga, daur karbon dan oksigen dapat dijadikan dalam sebuah siklus.

Daur karbon adalah dalah satu siklus biogeokimia di mana karbon mengalami perpindahan atau pertukaran pada geosfer. Geosfer merupakan lapisan yang terdapat pada permukaan bumi dan di bawah permukaan bumi yang terdiri lima lapisan. Lima lapisan geosfer meliputi litosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer, dan antroposfer. Sehingga dapat dikatakan juga bahwa perpindahan karbon terjadi pada bagian lapisan bumi dan udara.

Daur Karbon dan Oksigen

Bagaimana tahapan-tahapan atau proses yang terjadi pada daur karbon? Sobat idschool dapat mencari tahu lebih banyak melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: Eutrofikasi dan Berbagai Bentuk Pencemaran Air Lainnya

Tahapan Daur Karbon

Siklus karbon memiliki peran dalam menjaga keseimbangan konsentrasi karbon pada atmosfer, permukaan bumi, dan laut. Jumlah karbon yang tidak seimbang pada salah satu komponen dapat menyebabkan terganggunya keseluruhan siklus dan kondisi bumi. Sebagai contoh, jumlah karbon dalam bentuk karbon dioksida pada atmosfer berpengaruh pada perubahan iklim. Pada saat karbon dioksida meningkat, temperatur permukaan bumi juga mengalami peningkatan. Sebaliknya pada saat konsentrasi karbon dioksida menurun, temperatur permukaan bumi relatif rendah.

Organisme yang terlibat dalam daur korban melibatakan makhluk hidup yang terdiri dari hewan, manusia, dan tumbuhan. Selain itu, organisme pengurai seperti bakteri dan jamur juga terlibat di dalamnya. Secara ringkas, daur karbon dapat dilihat melalui gambar di bawah.

Daur Karbon

Tumbuhan pada daur karbon berperan sebagai produsen atau organisme penghasil karbon. Bentuk karbon yang dihasilkan tumbuhan berupa gula (C6H12O6) yang merupakan hasil dari fotosintesis. Produk lain yang dihasilkan dari proses fotosintesis adalah oksigen yang dibutuhkan hewan dan manusia untuk bernafas. Selain itu, tumbuhan juga menghasilkan karbondioksida yang biasanya terjadi pada waktu respirasi di malah hari.

Perpindahan karbon dari tumbuhan ke hewan dan manusia terjadi saat konsumsi produk yang dihasilkan tumbuhan. Karbon yang dikonsumsi hewan dan manusia diperlukan untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Setalahnya, karbon yang terdapat pada makhluk hidup akan berpindah melalui proses dekomposisi atau penguraian menjadi fosil.

Fosil adalah sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati, tertutup sedimen, dan berubah menjadi batu mineral. Fosil yang telah berubah menjadi batu mineral dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Bahan bakar fosil atau bahan bakar mineral adalah sumber daya alam yang mengandung hidrokarbon seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Keberadaan bahan bakar fosil terjadi melalui proses alamiah dari pembusukan organisme yang mati ratusan juta tahun lalu.

Hasil dari pemanfaatan bahan bakar fosil berupa karbon berupa gas CO2 yang terlepas ke atmosfer. Selanjutnya, gas tersebut akan masuk dalam daur karbon selanjutnya.

Baca Juga: 5 Tahapan Daur Air Serta Gambar Bagan Daur Air

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman materi. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasan. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat berlatih!

Contoh 1 – Soal Daur Karbon

Pernyataan berikut menjelaskan siklus karbon, kecuali ….
A. hutan berperan besar dalam siklus karbon
B. produsen mengubah karbon menjadi senyawa organik kembali
C. fiksasi gas karbon dilakukan oleh organisme berklorofil
D. respirasi makhluk hidup mengikat karbon bebas menjadi senyawa organik
E. batu bara dan minyak bumi terbentuk oleh penumpukan senyawa berkarbon dan terdapat di lapisan tanah.

Pembahasan:

Karbon di udara terdapar dalam bentuk gas karbon dioksida atau gas CO2 yang dapat larut dalam air. Karbon dioksida digunakan oleh tumbuhan selaku produsen saat proses fotosintesis yang menghasilkan karbohidrat (C6H12O6) dan gas oksigen (O2). Kedua produk yang dihasilkan tumbuhan tersebut dimanfaatkan oleh makhluk hidup lainnya selaku konsumen). Dari peristiwa tersebut terjadi perpindahan karbon dari udara ke tumbuhan kemudian ke hewan dan tumbuhan.

Proses respirasi yang dilakukan makhluk hidup membutuhkan gas oksigen (O2) dan menghasilkan karbon dioksida (CO2) ke atmosfer. Karbon dioksida di atmosfer juga dihasilkan dari penguraian bahan-bahan organik dan pemakaian bahan bakar fosil oleh manusia. Karbon dioksida tersebut akan digunakan lagi oleh tumbuhan saat proses fotosintesis. Kesimpulannya, respirasi makhluk hidup tidak mengikat karbon melainkan melepaskan karbon ke udara.

Jadim pernyataan salah mengenai penjelasan siklus karbon adalah respirasi makhluk hidup mengikat karbon bebas menjadi senyawa organik.

Jawaban: D

Contoh 2 – Soal Daur Karbon

Contoh Soal Daur Karbon

Pembahasan:

Fitoplankton, rumput laut, dan tumbuhan melakukan fotosintesis yang menghasilkan gas oksigen (O2) ke atmosfer. Gas oksigen (O2) yang berada di atmosfer digunakan hewan dan tumbuhan untuk melakukan respirasi atau pernapasan. Selain itu, kegiatan industri juga membutihkan oksigen dibutuhkan untuk proses oksidasi/pembakaran.

Jadi,aktivitas yang berlabel X, Y, dan Z secara berurutan adalah aktivitas fotosintesis, respirasi, dan oksidasi.

Jawaban: A

Baca Juga: Perbedaan Daur Hidup Lumut dan Paku

Contoh 3 – Soal Tahapan pada Daur Karbon

Perhatikan siklus karbon berikut!

Soal Daur Hidup Karbon

Proses yang terjadi pada X dan Y yaitu ….
A. oksidasi dan respirasi
B. respirasi dan transpirasi
C. fotosintesis dan respirasi
D. transpirasi dan respirasi
E. fotosintesis dan oksidasi

Pembahasan:

Proses yang terjadi pada huruf X adalah perpindahan karbon dalam bentuk karbondioksida di atmosfer ke tumbuhan. Tumbuhan akan menyerap gas karbondioksida dari udara bebas yang akan digunakan untuk fotosintesis. Hasildari proses fotosintesis berupa amilum atau glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2). Kedua produk tersebut dimanfaatkan oleh tumbuhan dan makhluk hidup lainnya sehingga terjadi perpindahan karbon.

Oksigen dimanfaatkan untuk proses pernapasan atau respirasi. Dari proses respirasi menghasilkan zat sisa berupa gas karbondioksida (CO2) yang dilepaskan ke udara bebas atau atmosfer.

Jadi, proses yang terjadi pada X dan Y yaitu fotosintesis dan respirasi.

Jawaban: C

Contoh 4 – Soal Siklus Karbon dan Oksigen

Perhatikan daur karbon berikut!

Contoh Soal Daur Karbon dan Daur Oksigen

Proses yang terjadi pada X adalah ….
A. penguraian karbon organik menjadi karbon anorganik
B. penyusunan karbon anorganik dari karbon organik
C. penyusunan karbon organik dari karbon anorganik
D. penguraian karbon organik menjadi glukosa
E. penguraian glukosa menjadi karbon organik

Pembahasan:

Huruf X menunjukkan perpindahan karbon dalam bentuk gas CO2 ke organisme. Satu-satunya organisme yang dapat memanfaatkan CO2 adalah tumbuhan melalui kegiatan fotosintesis. Dalam fotosintesis akan mengubah gas CO2 (karbon anorganik) menjadi karbohidrat/glukosa dalam bentuk C6H12O6 (karbon organik).

Jadi, proses yang terjadi pada X adalah penyusunan karbon anorganik menjadi karbon organik.

Jawaban: B

Demikianlah tadi ulasan materi daur karbon yang sekaligus memuat daur oksigen. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Perbedaan Senyawa Karbon Organik dan Anorganik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.