Macam – Macam Ikatan Kovalen

By | July 24, 2019

Macam – Macam Ikatan Kovalen: Terdapat beberapa macam ikatan kovalen yang didasarkan pada jumlah pasangan elektron ikatan dan kepolaran elektron. Selain itu juga ada jenis ikatan kovalen koordinasi yang didasarkan pada asal atom yang berikatan yaitu ikatan kovalen koordinasi. Sehingga, setidaknya ada enam macam ikatan kovalen yang perlu sobat idschool kenali. Bagaimana karakteristik dari macam – macam ikatan kovalen tersebut? Semuanya dapat sobat idchool pelajari melalui masing – masing ulasan di bawah.

Sebelum ke pembahasan macam – macam ikatan kovalen, sebaiknya sobat idschool mengingat kembali apa itu ikatan kovalen. Sebuah ikatan kimia yang terjadi pada suatu molekul dengan penggunaan pasangan elektron secara bersama disebut sebagai ikatan kovalen. Pasangan elektron yang dipakai bersama disebut pasangan elektron ikatan (PEI) dan pasangan elektron valensi yang tidak terlibat dalam pembentukan ikatan kovalen disebut pasangan elektron bebas (PEB).

Macam - Macam Ikatan Kovalen 1

Biasanya ikatan kovalen terjadi pada unsur non logam dengan unsur non logam yang lain. Atau dalam bahasa lain dapat dikatakan bahwa ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi antara unsur non logam dan unsur non logam yang lainnya dengan cara pemakaian bersama pasangan elektron. Cara menggambarkan sepasang elektron berikatan bisa digantikan melalui sebuah garis yang disebut tangan ikatan.

Simak ulasan materi macam – macam ikatan kovalen lebih lanjut pada masing – masing pembahasan di bawah.

Ikatan Kovalen Berdasarkan jumlah PEI

Berdasarkan jumlah PEI yang terdapat pada suatu molekul, ikatan kovalen dibedakan menjadi tiga yang meliputi ikatan kovalen tunggal, ikatan kovalen rangkap dua, dan ikatan kovalen rangkap tiga. Jumlah PEI pada suatu molekul berpengaruh pada kuat atau lemahnya ikatan yang terdapat pada molekul tersebut. Jarak antara dua inti atom yang berikatan disebut panjang ikatan. Sedangkan energi yang diperlukan untuk memutuskan ikatan disebut energi ikatan.

Pada pasangan unsur yang sama, ikatan tunggal merupakan ikatan yang paling lemah dan paling panjang. Semakin banyak pasangan elektron milik bersama, semakin kuat ikatan dan panjang ikatannya semakin kecil atau pendek.

Ikatan Kovalen Tunggal adalah ikatan kovalen yang memiliki 1 pasang PEI. Contoh ikatan kovalen tunggal terdapat pada H2, Cl2, dan CO2.

Ikatan Kovalen Tunggal

Ikatan Kovalen Rangkap Dua adalah ikatan kovalen yang memiliki 2 pasang PEI. Contoh ikatan kovalen rangkap dua terdapat pada O2, CO2

Konfigurasi elektron:

  • 8O = 2, 6
  • 6C = 2, 4
Ikatan Kovalen Rangkap Dua

Ikatan Kovalen Rangkap Tiga adalah ikatan kovalen yang memiliki 3 pasang PEI. Contoh ikatan kovalen rangkap tiga terdapat pada molekul N2.

Konfigurasi elektron untuk atom 7N = 2, 5

Ikatan Kovalen Rangkap Tiga

Baca Juga: Konfigurasi Elektron Model Bohr dan Mekanika Kuantum

Ikatan Kovalen Berdasarkan Kepolaran Ikatan

Berdasarkan kepolaran ikatan, ikatan kovalen dibagi 2 yaitu ikatan kovalen polar dan ikatan kovalen non polar.

Ikatan kovalen polar:
Ikatan kovalen polar adalah ikatan kovalen yang PEInya cenderung tertarik ke salah satu atom yang berikatan. Kepolaran suatu ikatan kovalen ditentukan oleh keelektronegatifan suatu unsur. Senyawa kovalen polar biasanya terjadi antara atom-atom unsur yang beda keelektronegatifannya besar, mempunyai bentuk molekul asimetris, mempunyai momen dipol

Ikatan kovalen nonpolar:
Ikatan kovalen nonpolar yaitu ikatan kovalen yang PEInya tertarik sama kuat ke arah atom-atom yang berikatan. Senyawa kovalen nonpolar terbentuk antara atom-atom unsur yang mempunyai beda keelektronegatifan nol atau mempunyai momen dipol = 0 (nol) atau mempunyai bentuk molekul simetri.

Baca Juga: Ikatan Kimia (Ion, Kovalen, dan Logam)

Ikatan Kovalen Koordinasi

Ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan kovalen yang terjadi karena pasangan elektron yang dipakai bersama berasal dari salah satu atom yang berikatan. Sebutan lain untuk ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan kovalen koordinat.

Jenis ikatan kovalen koordinat dapat terjadi antara suatu atom yang mempunyai pasangan elektron bebas dan sudah mencapai konfigurasi oktet dengan atom lain yang membutuhkan dua elektron dan belum mencapai konfigurasi oktet.

Contoh ikatan kovalen koordinasi terdapat pada molekul SO3.

Konfigurasi elektron:

  • 16S : 2, 8, 6
  • 8O : 2, 6
Ikatan Kovalen Koordinasi

Untuk menyatakan ikatan kovalen koordinasi pada sebuah reaksi dapat menggunakan anak panah. Tanda anak panah menyatakan sumber pasangan elektron yang dipakai bersama.

Simbol Ikatan Kovalen Koordinasi

Demikianlah tadi ulasan materi macam – macam ikatan kovalen yang meliputi macam – macam ikatan kovalen berdasarkan jumlah PEI, macam – macam ikatan kovalen berdasarkan kepolaran ikatan, dan ikatan kovalen koordinasi. Terimakasih sudah mengunjungi idschoo(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Menentukan Jumlah Proton Neutron Elektron pada Suatu Atom