Cara Menentukan Jumlah Proton Elektron Neutron pada Suatu Atom

By | July 10, 2019

Cara menentukan jumlah proton elektron neutron suatu atom dapat diketahui melalui nomor atom dan nomor massa. Di dalam tabel periodik unsur, terdapat kumpulan nama – nama atom yang telah dilengkapi dengan nomor atom dan nomor massa. Letak atom pada tabel periodik unsur diberikan secara rapi sesuai golongan dan periode dari suatu atom. Melalui keterangan nomor atom dan nomor massa yang tertera pada atom sobat idschool dapat menentukan jumlah proton elektron neutron suatu atom? Bagiamana caranya? Melalui halaman ini, sobat idschool dapat mencari tahu.

Sedikit mengenalkan tabel periodik unsur kepada sobat idschool. Tabel periodik unsur adalah tabel yang menampilkan unsur – unsur kimia. Dalam tabel periodik unsur terdapat lambang unsur, nama unsur, nomor atom, dan nomor massa. Bahkan pada beberapa tabel periodik unsur juga dilengkapi dengan konfigurasi elektron, titik didih, titik leleh, dan massa jenis. Unsur – unsur yang terdapat pada tabel periodik unsur disusun berdasarkan nomor atom, konfigurasi elektron, dan keberulangan sifat kimia.

Keterangan Letak Nomor Atom dan Nomor Massa Suatu Unsur

Selanjutnya, sobat idschool dapat masuk pada pembahasan inti dari halaman ini yaitu cara menentukan jumlah proton elektron neutron suatu atom. Bahasan akan meliputi dua bagian yaitu cara menentukan jumlah proton elektron neutron pada atom netral dan atom bermuatan (ion).

Jumlah Proton Elektron Neutron Pada Atom Netral

Atom netral adalah atom yang mengandung jumlah proton dan elektron yang sama sehingga bersifat netral. Pada atom netral, jumlah proton sama dengan jumlah elektron yang sesuai dengan nomor atom. Sedangkan jumlah neutron sama dengan selisih antara nomor massa dengan nomor atom (jumlah proton/elektron).

Contoh cara menentukan jumlah proton elektron neutron pada atom netral:

Diketahui atom perak (Ag) dengan bahasa latin Argentum memiliki nomor atom dan nomor massa berturut – turut sama dengan 47 dan 108.

Tentukan jumlah proton, jumlah elektron, dan jumlah neutron pada atom Ag!

Diketahui:

  • Nomor Atom = Z = 47
  • Nomor Massa = A = 108
 

Sehingga diperoleh:

  • Jumlah elektron (e) = Jumlah proton (p) = Z = 47
  • Jumlah neutron (n) = A – Z = 108 – 47 = 61

Jadi jumlah proton Ag = 47, jumlah elektron Ag = 47, dan jumlah neutron Ag = 61.

Jumlah Proton Elektron Neutron Pada Atom Bermuatan (Ion)

Atom bermuatan atau yang sering disebut sebagai ion adalah atom dengan kelebihan proton (muatan positif) atau elektron (muatan negatif). Untuk atom dengan kelebihan muatan positif disebut sebagai ion positif. Sedangkan atom dengan kelebihan muatan negatif disebut sebagai ion negatif.

Pada ion positif (atom bermuatan positif) memiliki jumlah proton (muatan positif) lebih banyak daripada elektron (muatan negatif).

Sedangkan untuk ion negatif memiliki jumlah elektron (muatan negatif) lebih banyak daripada proton (muatan positif).

Tabel di bawah akan membantu sobat idschool dalam menentukan jumlah proton elektron neutron pada atom bermuatan.

Struktur Atom, Nomor atom, dan nomor massa

Contoh cara menentukan jumlah proton elektron neutron pada atom bermuatan (ion):

Sebuah ion Sr2+ diketahui nomor atom dan nomor massa berturut – turut adalah 38 dan 88.

Tentukan jumlah proton, elektron, dan neutron untuk ion Sr2+!

Diketahui:

  • Nomor Atom = Z = 38
  • Nomor Massa = A = 88
  • Muatan proton = q = 2
 

Sehingga diperoleh:

  • Jumlah proton (p) = Z = 38
  • Jumlah neutron (n) = A – Z = 88 – 38 = 50
  • Jumlah elektron (e) = p – q = 38 – 2 = 36

Jadi jumlah proton Sr2+ = 38, jumlah elektron Sr2+ = 36, dan jumlah neutron Sr2+ = 50.

Demikianlah tadi ulasan cara menentukan jumlah proton elektron neutron suatu atom. Meliputi dua jenis atom yaitu atom netral dan ion (atom bermuatan). Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Perkembangan Teori Atom