Operasi Suku Banyak: Penjumlahan, Pengurangan, dan Perkalian

Seperti pada persamaan linear atau persamaan lainnya, suku banyak juga dapat diopersikan secara aljabar. Operasi suku banyak yang akan dibahas pada halaman ini meliputi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. Cara melakukan operasi hitung pada suku banyak sama saja dengan operasi hitung seperti biasa. Hanya saja, operasi hitungnya memperlakukan koefisien yang memiliki nilai variabel sama.

Perhatikan bagaimana cara melakukan operasi hitung suku banyak pada dua persamaan berderajat dua (pangkat tertinggi = 2) seperti gambar di bawah.

Operasi Suku Banyak: Penjumlahan, Pengurangan, dan Perkalian

Baca Juga: Pengertian dan Nilai Suku Banyak (Polinomial)

 
Contoh pada gambar di atas merupakan operasi suku banyak untuk penjumlahan. Operasi hitung suku banyak untuk pengurangan mengikuti cara yang sama. Intinya adalah teliti dalam menjumlahkan koefisien dengan variabel yang sama.

Perhatikan bahwa koefisien variabel x2 pada f(x) adalah 2 dan koefisien variabel x2 pada g(x) adalah 3. Jumlahkan kedua koefisien varibel x2, yaitu 3 + 2 = 5 dengan variabel x2 mengikuti. Sehingga hasil daru operasi jumlah tersebut adalah 5x2.

Selanjunya perhatikan bilangan dengan variabel x. Pada f(x) tidak memiliki variabel x, nilai koefisiennya adalah nol (0). Sedangkan nilai koefisien untuk variabel x pada g(x) adalah ‒1, sehingga hasilnya adalah ‒1 dengan variabel yang mengikutinya yaitu x, atau biasa hanya ditulis dengan ‒x. Langkah hal yang sama untuk koefisien yang tidak memiliki variabel.

Selanjutnya simak pembahasan lebih detail lagi tentang operasi suku banyak pada penjabaran materi di bawah.

Table of Contents

Penjumlahan dan Pengurangan Suku Banyak

Operasi suku banyak untuk penjumlahan sudah disinggung sedikit di atas. Bagaimana? Mudah Bukan?? Sobat idschool hanya perlu mengoperasikan koefisien dengan varibel yang sama. Hal tersebut juga berlaku untuk pengurangan. Pada operasi suku banyak untuk penjumlahan atau pengurangan, derajat hasil operasi merupakan derajat tertinggi yang dimiliki f(x) atau g(x).

Misalkan f(x) adalah suku banyak dengan derajat m dan g(x) adalah suku banyak dengan derajat n, diketahui bahwa m < n. Maka derajat hasil penjumlahan atau pengurangan antara f(x) dan g(x) adalah n (derajat dengan nilai tertinggi). Perhatikan contoh soal berikut.

Soal operasi penjumlahan suku banyak:
Tentukan hasil penjumlahan suku banyak x3 ‒ 3x2 + x ‒ 1 dan x2 ‒ 3x + 2!

Jawab:
x3 ‒ 3x2 + x ‒ 1 + x2 ‒ 3x + 2 = x3 ‒ 3x2 + x2 + x  ‒ 3x ‒ 1 + 2
x3 ‒ 3x2 + x ‒ 1 + x2 ‒ 3x + 2 = x3 ‒ 2x2 ‒ 2x + 1

Soal operasi pengurangan suku banyak:
Tentukan hasil pengurangan suku banyak x3 ‒ 3x2 + x ‒ 1 dan x2 ‒ 3x + 2!

Jawab:
x3 ‒ 3x2 + x ‒ 1 ‒ (x2 ‒ 3x + 2) = x3 ‒ 3x2 + x ‒ 1 ‒ x2 + 3x ‒ 2
x3 ‒ 3x2 + x ‒ 1 ‒ (x2 ‒ 3x + 2) = x3 ‒ 3x2 ‒ x2 + x + 3x ‒ 1 ‒ 2
x3 ‒ 3x2 + x ‒ 1 ‒ (x2 ‒ 3x + 2) = x3 ‒ 4x2 + 4x ‒ 3

Baca Juga: Pengertian dan Nilai Suku Banyak

Perkalian Suku Banyak

Cara melakukan operasi hitung untuk perkalian suku banyak berbeda dengan penjumlahan atau pengurangan. Pada penjumlahan atau pengurangan suku banyak, operasi hitungnya dilakukan antar koefisien yang memiliki variabel sama. Pada operasi perkalian untuk dua suku banyak dilakukan pada setiap suku yang ada.

Pangkat tertinggi atau derajat hasil penjumlahan atau pengurangan suku banyak ditentukan berdasarkan derajat tertinggi antara keduanya. Sedangkan derajat hasil perkalian antara dua suku banyak ditentukan dari penjumlahan derajat masing-masing. Misalkan f(x) adalah suku banyak dengan derajat m dan g(x) adalah suku banyak dengan derajat n, derajat hasil perkalian kedua suku banyak tersebut adalah m + n.

Kembali ke masalah perkalian dua suku banyak, perhatikan proses perkalian antara f(x) dan g(x) berikut.
 

Perkalian Suku Banyak

 
Untuk menambah pemahaman sobat idschool pada perkalian suku banyak. Perhatikan pengerjaan perkalian dua suku banyak berikut.
 
Soal:
Tentukan hasil perkalian suku banyak x2 ‒ 2x + 1 dan x ‒ 3!

Jawab:
(x2 ‒ 2x + 1)(x ‒ 3) = x(x2 ‒ 2x + 1) ‒ 3(x2 ‒ 2x + 1)
(x2 ‒ 2x + 1)(x ‒ 3) = x3 ‒ 2x2 + x ‒ 3x2 + 6x ‒ 3
(x2 ‒ 2x + 1)(x ‒ 3) = x3 ‒ 2x2 ‒ 3x2 + x + 6x ‒ 3
(x2 ‒ 2x + 1)(x ‒ 3) = x3 ‒ 5x2 + 7x ‒ 3

Sekian materi mengenai operasi suku banyak yang meliputi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. Terimakasih sudah mengunjungi idschool.net, semoga bermanfaat!!!

Baca Juga: Pembagian Suku Banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.