Perbedaan Reaksi Terang dan Gelap

By | January 27, 2020

Perbedaan Reaksi Terang dan Gelap – Fotosintesis merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh tumbuhan berklorofil untuk mendapatkan makanan. Dari proses fotosintesis dihasilkan berupa energi dan glukosa yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam melaksanakan aktivitas. Tahapan yang terjadi dalam fotosintesis terjadi dalam dua reaksi yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Apa itu reaksi terang dan dan apa itu reaksi gelap? Apa perbedaan reaksi terang dan gelap Melalui halaman ini, sobat idschool dapat mencari tahu apa perbedaan reaksi terang dan gelap.

Apa Itu Reaksi Terang dan Gelap?

Penjelasan mengenai reaksi terang dan gelap tidak akan dibahas mendetail di sini. Ulasan yang akan diberikan pada halaman sini hanya pengantar untuk mengingat kembali apa itu reaksi terang dan apa itu reaksi gelap. Bahasan lebih detail mengenai reaksi gelap dan reaksi terang dapat disimak melalui halaman Fotosintesis: Reaksi Terang dan Gelap.

Fokus bahasan di halaman ini adalah membandingkan reaksi terang dan reaksi gelap untuk mengetahui apa perbedaan reaksi terang dan gelap.

Reaksi terang dan gelap adalah tahapan yang terjadi pada fotosintesis. Tempat terjadinya kedua reaksi ini berada pada bagian daun yang disebut kloroplas. Lebih spesifik lagi, tempat terjadinya reaksi terang adalah tilakoid. Sedangkan tempat terjadinya reaksi gelap adalah stroma.

Secara sederhana, bagan tahapan reaksi terang dan gelap pada fotosintesis diberikan seperti berikut.

Reaksi gelap tidak akan terjadi jika tidak didahului oleh reaksi terang.

Reaksi terang fotosintesis diawali dari cahaya matahari yang masuk pada fotosistem yang terdapat pada tilakoid akan diproses sehingga dapat membuat fotosistem melakukan eksitasi elektron. Akibat eksitasi elektron ini, terjadilah hidrolisis air untuk mengisi kekosongan elektron pada fotosistem P680. Sedangkan elektron yang dihasilkan akan masuk dalam sistem transpor elektron yang kemudian akan berguna dalam menghasilkan energi berupa ATP.

Hasil dari reaksi terang adalah oksigen (O2), ATP, dan NADPH.

Selanjutnya, ATP dan NADPH akan digunakan pada proses fotosintesis selanjutnya yaitu reaksi gelap. Reaksi gelap membentuk sebuah siklus atau yang sering disebut juga sebagai siklus Calvin.

Meskipun namanya adalah reaksi gelap, proses tahapan reaksi yang terjadi pada reaksi gelap bukan berarti terjadi di tempat gelap atau hanya terjadi di malam hari. Disebut sebagai reaksi gelap karena tahapan yang terjadi dalam reaksi gelap fotosintesis tidak membutuhkan cahaya matahari secara langsung.

Reaksi gelap terdiri atas 3 fase yaitu,

  1. Fiksasi atau pengikatan CO2
  2. Reduksi PGA (fosfogliserat) menjadi PGAL (fosfo gliseraldehid)
  3. Regenerasi senyawa RuBp

Dari reaksi gelap kemudian diperoleh hasil glukosa (C6H12O6) sebagai penyusun amilum/karbohidrat sederhana. Selain itu, reaksi gelap fotosintesis juga menghasilkan RuBP yang digunakan dalam proses selanjutnya.

Untuk menyusun 1 molekul glukosa, dibutuhkan 6 molekul senyawa karbondioksida (CO2). Artinya, untuk membentuk 1 molekul glukosa dibutuhkan sebanyak 6 kali proses siklus Calvin dengan menggunakan 6 molekul CO2.

Hasil reaksinya diberikan seperti persamaan berikut.

Reaksi Umum Fotosintesis

Baca Juga: Respirasi Aerob dan Anaerob

Tabel Perbedaan Reaksi Terang dan Gelap Fotosintesis

Perbedaan reaksi terang dan gelap dapat dilihat dari tempat terjadinya reaksi, peran cahaya pada reaksi, sistem yang terlibat, proses yang terjadi, bahan yang dibutuhkan untuk melakukan reaksi, serta produk yang dihasilkan.

Reaksi terang: berlangsung di bagian kloroplas pada bagian yang disebut tilakoid atau grana, membutuhkan sumber energi cahaya matahari, prosesnya memecah H2O menggunakan energi cahaya menjadi ion hidrogen dan molekul air, hasil dari reaksi terang berupa O2, ATP, dan NADPH.

Baca Juga: Proses pada Reaksi Terang – Fotofosforilasi Siklik dan Non Siklik

Reaksi gelap: berlangsung di kloroplas pada bagian yang disebut stroma, sumber energi berupa ATP dan NADPH dari reaksi terang, prosesnya berupa fiksasi – reduksi – regenerasi, penyusunan hidrogen dengan karbon dioksida akan membentuk gula, hasil dari reaksi gelap adalah karbohidrat sederhana berupa glukosa (C6H12O6).

Secara ringkas, perbedaan kedua reaksi dapat dilihat melalui tabel perbedaan reaksi terang dan gelap berikut.

Baca Juga: Apa Itu Metabolisme, Anabolisme, dan Katabolisme?

Contoh Soal Perbedaan Reaksi Gelap dan Terang Fotosintesis

Contoh 1 – Soal Perbedaan Reaksi Terang dan Gelap

Contoh Soal Perbedaan Reaksi Terang dan Gelap

Pembahasan:

Tahapan yang terjadi pada reaksi terang:

  • Menghasilkan ATP, NADPH, O2
  • Terjadi fotolisis air
  • Terjadi di Grana

Tahapan yang terjadi pada reaksi gelap:

  • Terjadi pengikatan CO2 oleh RuBP
  • Terbentuk amilum
  • Terjadi di bagian stroma

Jadi, proses yang terjadi pada reaksi terang ditunjukkan nomor 1 – 2 – 4.

Jawaban: A

Baca Juga: Kumpulan Soal UN dengan Materi Mekanisme Katabolisme dan Anabolisme (Karbohidrat, Lemak, dan Protein)

Contoh 2 – Soal Reaksi Terang dan Gelap

Perhatikan gambar berikut!

Terjadinya reaksi gelap fotosintesis ditunjukan oleh nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Pembahasan:

Reaksi gelap fotosintesis terjadi ketika ATP dan NADPH yang merupakan hasil dari reaksi terang masuk ke dalam siklus Calvin. Tempat terjadi proses ini berada pada stroma. Tahapan siklus Calvin yang bertempat pada stroma diberi keterangan dengan nomor 3.

Jadi, reaksi gelap fotosintesis ditunjukan oleh nomor 3.

Jawaban: C

Sekian ulasan materi mengenai perbedaan reaksi terang dan gelap fotosintesis. Dilengkapi juga dengan contoh soal perbedaan reaksi terang dan gelap beserta dengan pembahasannya. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: 4 Tahapan Respirasi Aerob

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.