3 Wilayah Persebaran Fauna di Indonesia (Asiatis, Peralihan, & Australis)

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan aneka ragam flora atau hewan yang tersebar di berbagai wilayah nusantara. Persebaran fauna di Indonesia dapat dikategorikan dalam tiga kelompok yang dibatasi oleh Garis Weber dan Garis Wallace. Hewan endemik Indonesia antara lain meliputi Harimau Sumatra, Badak Sumatra, Orangutan, Gajah Kalimantan, Jalak Bali, Komodo, Burung Maleo, Tarsius, Monyet Hitam Sulawesi, dan Burung Cendrawasih. Kesepuluh hewan tersebut tersebar di berbagai wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan timur.

Garis Weber adalah garis yang memisahkan tipe hewan di wilayah Indonesia bagian timur dan tengah. Garis Wallace adalah garis yang memisahkan tipe hewan di wilayah Indonesia bagian tengah dan barat. Ketiga wilayah persebaran fauna di Indonesia meliputi kawasan Asiatis, Peralihan, dan Australis. Setiap fauna diketiga wilayah mempunyai karakteristik yang membedakan antara satu wilayah dengan wilayah bagian lainnya.

Persebaran Hewan di Indonesia

Baca Juga: Teori Apungan Benua oleh A. L Wegener

Bagaimana karakteristik persebaran fauna di Indonesia pada setiap tiga wilayah tersebut ? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Persebaran Fauna di Indonesia Bagian Barat (Asiatis)

Fauna yang ada di persebaran wilayah Indonesia bagian barat memiliki ciri atau tipe seperti halnya fauna di daerah Asia sehingga disebut tipe fauna Asiatis (Asiatic). Persebaran fauna di Indonesia bagian barat meliputi hewan mamalia besar, burung bersuara merdu, dan ikan air tawar.

Wilayah Indonesia bagian barat yang dibatasi garis Walalce yang meliputi Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Persebaran hewan pada Pulau Sumatera tersebar dari ujung utara samapi di ujung selatan. Persebaran hewan di Pulau Sumatera antara lain meliputi Burung Murai Kuning/Emas (Aceh), Burung Beo (Pulau Nias), Harimau Sumatera (Jambi), Beruang Madu (Bengkulu), Gajah (Sumatera Selatan, Lampung), dan Badak Sumatera (Lampung).

Hewan-hewan di Pulau Jawa tersebar dari ujung barat ke ujung timur yang meliputi badak bercula satu (Banten), Banteng (Banten), dan Harimau Jawa (Jawa Timur). Jenis hewan di Pulau Bali terdapat Burung Jalak Bali, Banteng, Harimau, dan Babi hutan. Sedangkan di Pulau Kalimantan terdapat orangutan dan bekantan (sejenis lutung).

Baca Juga: Rangkaian Pegunungan-Gunung Api Sirkum Mediterania dan Pasifik

Persebaran Fauna di Indonesia Bagian Tengah (Peralihan)

Fauna/hewan di wilayah Indonesia bagian tengah memiliiki karaktersitk/ciri/tipe yang berbeda dengan Asiatis maupun Australis. Jenis hewan yang memiliki tipe/karakteristik berbeda dari wilayah lain disebut dengan fauna/hewan endemik. Hewan endemik adalah jenis hewan yang tidak terdapat di wilayah lain, seperti komodo.

Persebaran fauna di Indonesia bagian tengah meliputi daerah di antara garis Weber dan Wallace yaitu Pulau Sulawesi, Maluku, Kepulauan Nusa Tenggara, serta sejumlah pulau kecil di sekitarnya.

Pulau Sulawesi menjadi tempat bagi hewan seperti anoa, tapir, rusa, dan burung maleo. Di wilayah Maluku antara lain terdapat kerbau liar, rusa, babi hutan, sapi liar, kuskus, biawak, dan penyu, serta burung nuri raja atau nuri Ambon (sebagai maskot).

Sedangkan hewan di wilayah Kepulauan Nusa Tenggara meliputi berbagai jenis reptil seperti komodo dan biawak. Selain itu juga terdapat ikan duyung, kuda, rusa, babi hutan, serta kuskus.

Persebaran Fauna di Indonesia Bagian Timur (Australis)

Hewan dengan persebaran di bagian timur wilayah Indonesia merupakan tipe Australis. Di mana, hewan tipe Australis memiliki ciri/karakteristik yang mirip dengan hewan di Benua Australia. Beberapa karakteristik hewan tipe Australis meliputi hewan berkantung dan burung berwarna indah.

Persebaran hewan tipe Australis meliputi wilayah di timur garis Weber seperti Papua, Halmahera, Kepulauan Aru, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Hewan yang merupakan tipe Austalis antara lain meliputi kanguru, cendrawasih, kasuari, wallaby, nokdiak (landak irian), burung raja udang, dan berbagai jenis ikan.

Burung cendrawasih diketahui menjadi maskot Provinsi Papua yang mana burung tersebut dianggap fauna asli Papua.

Baca Juga: Pembagian 3 Kawasan di Benua Amerika

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Persebaran Fauna di Indonesia

Hewan Endemik Indonesia di Wilayah Jawa

Pembahasan:
Wilayah nomor 3 menunjuk Jawa bagian barat yang menurut pembagian masuk dalam wilayah Indonesia Bagian Barat. Di mana persebawan fauna di Indonesia Bagian Barat merupaka tipe Asiatis. Hewan-hewan tipe Asiatis meliputi mamalia besar seperti orang utan, harimau, gajah, dan badak, serta burung bersuarau merdu seperti beo.

Orangutan diketahui banyak tersebuar di Pulau Kalimantan, sedangkan harimau dan gajah diketahui banyak terdapat di Pulau Sumatera. Untuk hewan yang menempati daerah di ujung barat pulau Jawa adalah badak dan banteng. Di mana, di wilayah tersebut terdapat suaka margasatwa dengan hewan utamanya adalah badak bercula satu (badak jawa) yaitu ujung kulon.

Jadi, hewan endemik Indonesia pada angka 3 seperti gambar di bawah adalah banteng dan badak.

Jawaban: E

Contoh 2 – Persebaran Fauna di Indonesia

Jenis hewan:
(1) beruang madu;
(2) badak;
(3) bekantan;
(4) tarsius;
(5) walaby

Hewan endemik yang terdapat di wilayah Indonesia bagian barat terdapat pada angka ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

Baca Juga: Profil 11 Negara di Wilayah Asia Tenggara

Pembahasan:
Wilayah Indonesia bagian barat terdapat hewan-hewan dengan tipe Asiatis yaitu jenis hewan dengan kemiripan spesies hewan Benua Asia.

Fauna dengan persebaran di bagian Indonesia Barat atau tipe asiatis memiliki persebaran mencakup wilayah Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan.

Persebaran hewan di bagian barat Indonesia meliputi  mamalia berukuran besar seperti gajah, macan, tapir, beruang madu, badak bercula satu, banteng, kerbau, rusa, babi hutan, orang utan, monyet, dan bekantan.

Selain itu terdapat juga jenis repti selerti ular, buaya, tokek, kadal, tokek, biawak, bunglon, kura-kura, dan trenggiling. Tiep Asiatis juga mencakup jenis burung seperti burung hantu, gagak, jalak, elang, merak, kutilang, dan berbagai macam unggas. Hewan di wilayah barat meliputi juga berbagai macam ikan air tawar seperti pesut (sejenis lumba-lumba) dan berbagai jenis ikan air tawar.

Jadi, Hewan endemik yang terdapat di wilayah Indonesia bagian barat terdapat pada angka (1) beruang madu, (2) badak, dan (3) bekantan.

Jawaban: A

Contoh 3 – Persebaran Fauna di Indonesia

Persebaran Hewan di Indonesia Bagian Tengah

Fauna endemik di pulau yang bertanda X seperti gambar adalah ….
A. anoa dan kambing hutan
B. siamang dan kerbau rawa
C. kambing hutan dan kerbau rawa
D. orang utan dan bekantan
E. kucing merah dan siamang

Pembahasan:
Tanda X menunjuk Pulau Kalimantan yang diketahui terdapat orangutan dan bekantan (sejenis lutung).

Jadi, Fauna endemik di pulau yang bertanda X seperti gambar adalah orang utan dan bekantan.

Jawaban: D

Demikiankah tadi ulasan peta sebaran fauna/hewan endemik Indonesia yang berada di wilayah bagian barat, tengah, dan timur. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: 3 Bentuk Pola Permukiman Penduduk dan Faktor yang Mempengaruhinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.