Struktur Sel Bakteri

By | February 7, 2020

Struktur Sel Bakteri – Bakteri merupakan makhluk hidup yang termasuk dalam sel prokariotik yaitu makhluk hidup dengan sel yang belum mempunyai membran inti. Pada umumnya, bakteri merupakan makhluk hidup dengan sel tunggal dan tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof (tidak dapat membuat makanan sendiri). Namun ada juga beberapa jenis bakteri memiliki klorofil sehingga termasuk kelompok autotrof (dapat membuat makanan sendiri), misalnya bakteri hijau (Cyanobacteria) dan bakteri ungu (Rhodobacter sphaeroides).

Bentuk bakteri beraneka ragam yang meliputi bentuk bulat (coccus), batang (bacillus) dan lengkung (vibrio, coma atau spiral). Pada umumnya ukuran sel bakteri yang berbentuk bulat berdiameter sekitar 0,7 – 1,3 mikron, sedangkan sel bakteri berbentuk batang lebarnya sekitar 0,2 – 2,0 mikron dan panjangnya 0,7 – 3,7 mikron. Dengan ukuran yang sedemikian kecil, dalam mengamati struktur tubuh bakteri diperlukan mikroskop. Apa saja komponen sel – sel penyusun struktur tubuh bakteri? Melalui halaman ini sobat idschool dapat mencari tahu.

Gambar Tubuh Bakteri

Struktur tubuh bakteri dalam gambar dapat dilihat seperti berikut.

Bagian tubuh bakteri pada umumnya dapat dibagi atas 3 bagian yaitu,

  1. Dinding sel
  2. Protoplasma (di dalamnya terdapat  membran sel, mesosom, lisosom, DNA, endospora)
  3. Bagian yang terdapat di luar dinding sel seperti kapsul, flagel, pilus.

Bahasan masing – masing bagian struktur sel bakteri diberikan seperti pada ulasan berikut.

Penyusun Tubuh Bakteri

Pada beberapa bakteri, bagian – bagian sel seperti dinding sel, flagel, pilus, dan kapsul tidak selalu ada pada setiap sel bakteri. Namun, pada semua bakteri akan ditemukan bagian – bagian sel berupa membran plasma, ribosom, dan DNA. Bagian – bagian pada struktur tubuh bakteri yang selalu ada pada sel bakteri disebut sebagai invarian.

Dinding Sel

Dinding sel bakteri tersusun atas makromolekul peptidoglikan yang terdiri dari monomer-monomer tetrapeptidaglikan (polisakarida dan asam amino).

Berdasarkan susunan kimia dinding selnya, bakteri dibedakan atas bakteri gram positif dan bakteri gram negatif.

  1. Bakteri gram positif adalah bakteri yang mempertahankan zat warna kristal violet sewaktu proses pewarnaan Gram sehingga akan berwarna biru/ungu di bawah mikroskop.
  2. Bakteri gram negatif adalah bakteri yang tidak mempertahankan zat warna kristal violet sewaktu proses pewarnaan Gram sehingga akan berwarna merah bila diamati dengan mikroskop.

Susunan kimia dinding sel bakteri gram negatif lebih rumit daripada bakteri gram positif.

Dinding sel bakteri gram positif hanya tersusun atas satu lapis peptidoglikan yang relatif tebal.

Dinding sel bakteri gram negatif terdiri atas dua lapisan. Lapisan luar tersusun atas protein dan polisakarida. Sedangkan lapisan dalamnya tersusun atas peptidoglikan yang lebih tipis dibanding lapisan peptidoglikan pada bakteri gram positif.

Dinding sel pada struktur sel bakteri berfungsi untuk memberi bentuk sel, memberi kekuatan, melindungi sel dan menyelenggarakan pertukaran zat antara sel dengan lingkungannya.

Flagel

Flagel pada sel bakteri merupakan alat gerak yang terdapat pada bakteri. Penyusun flagel pada sel bakteri berupa senyawa protein yang disebut flagellin, sedikit karbohidrat, dan pada beberapa bakteri mengandung lipid. Namun, tidak semua gerakan bakteri disebabkan oleh flagel.

Jumlah flagel pada sel bakteri adalah satu, dua, atau lebih. Letak flagel dapat berada di ujung, sisi, atau pada seluruh permukaan sel. Jumlah dan letak flagel bakteri yang beragam juga menjadi dasar pengelompokan bakteri berdasarkan alat gerak.

Pilus

Pilus merupakan alat lekat sel bakteri dengan sel bakteri lain atau dengan bahan – bahan padat lain, misalnya makanan sel bakteri. Pada permukaan sel bakteri gram negatif, bentuk pilus seperti benang pendek yang disebut pilus. Banyaknya pilus pada sel bakteri bisa berjumlah banyak. Nama jamak dari pilus disebut fimbria.

Kapsul

Pada struktur sel bakteri terdapat bagian kapsul berupa lapisan lendir yang menyelubungi dinding sel bakteri. Pada umumnya, penyusun kapsul adalah senyawa polisakarida, polipeptida atau protein – polisakarida (glikoprotein). Fungsi kapsul pada sel bakteri adalah sebagai alat perlindungan diri terhadap antibodi yang dihasilkan sel inang. Oleh karenanya kapsul hanya didapatkan pada bakteri pathogen.

Membran Sel

Membran sel terdiri atas dua lapis molekul fosfolipid. Pada lapisan fosfolipid ini terdapat senyawa protein dan karbohidrat dengan kadar berbeda – beda pada berbagai sel bakteri.

Membran sel merupakan selaput yang membungkus sitoplasma beserta isinya. Letak membran sel berada  di sebelah dalam dinding sel, tetapi tidak terikat erat dengan dinding sel. Membran sel pada sel bakteri merupakan bagian yang menjadi batas antara bagian dalam sel dengan lingkungannya. Jika membran sel pecah atau rusak, maka sel bakteri akan mati. Sehingga, peran membran sel pada sel bakteri cukup vital.  

DNA

Bentuk DNA pada bakteri berupa benang sirkuler (melingkar) yang berperan sebagai materi genetik. Letak DNA pada sel bakteri terdapat pada bagian menyerupai inti yang disebut nukleoid di dalam sitoplasma. Bagian DNA pada sel bakteri tidak memiliki membran, kondisi ini yang menjadikan sel bakteri terkelompok dalam sel prokariotik. Fungsi DNA pada sel bakteri adalah sebagai pengendali sintesis protein bakteri dan pembawa sifat.

Baca Juga: Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Ribosom

Bentuk ribosom pada sel bakteri berupa butir – butir kecil dan tidak diselubungi membran. Penyusun ribosom adalah protein dan RNA. Ribosom adalah bagian sel bakteri yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein.

Demikian tadi ulasan materi struktur tubuh bakteri yang meliputi bagian membran sel, ribosom, DNA, dinding sel, flagel, pilus, dan kapsul. Bahasan dilengkapi dengan penjelasan dan keterangan pada gambar struktur tubuh bakteri. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Bakteri Berkembang Biak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.