Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

By | February 6, 2020

Sel adalah unit dasar dan struktur terkecil penyusun makhluk hidup. Berdasarkan ada tidaknya membran inti, sel dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Kelompok sel prokariotik adalah kelompok sel yang tidak mempunyai membran inti dan sistem endomembran. Sedangkan sel eukariotik berisi kelompok sel yang memiliki membran inti dan sistem endomembran. Contoh makhluk hidup yang termasuk dalam kelompok prokariotik adalah bakteri. Sedangkan kelompok makhluk hidup yang termasuk dalam kelompok eukariotik adalah amoeba, jamur, alga, tanaman dan hewan, termasuk juga di dalamnya adalah manusia.

Meskipun terkelompok dalam dua jenis sel yang berbeda, namun masih terdapat kesamaan antara sel prokariotik dan eukariotik. Kesamaan yang terlihat pada sel prokariotik dan eukariotik terletak pada materi genetik sebagai alat untuk pewarisan sifat, hanya saja bentuknya yang berbeda. Bagaimanakah bentuk sel prokariotik dan eukariotik sehingga makhluk hidup bisa ter kelompok menjadi dua jenis sel yang berbeda? Cari tahu jawabannya melalui ulasan – ulasan di bawah.   

Sel Prokariotik

Sel prokariotik merupakan kelompok organisme yang inti selnya bersifat prokariotik, yaitu organisme tersebut belum memiliki membran inti (kariotika).

Struktur Tubuh Sel Prokariotik

Kebanyakan anggota kelompok prokariotik bersifat uniseluler dan mikroskopis. Karakteristik sel prokariotik terdapat pada tidak adanya nukleus yaitu bagian sel yang berperan sebagai pewarisan sifat. Materi genetik pada sel prokariotik terkonsentrasi pada suatu daerah yang disebut nukleoid.

Inti sel pada sel prokariotik hanya berupa satu molekul AND (sejenis DNA). Perbedaan antara nukleus dan nukleoid terdapat pada membran pemisah. Pada nukleus terdapat membran pemisah, sedangkan pada nukleoid tidak terdapat membran yang memisahkan daerah ini dengan bagian sel lainnya.

Baca Juga: 5 Macam Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Sel Eukariotik

Kelompok sel eukariotik mencakup protista, fungi, hewan, tumbuhan, dan termasuk juga di dalamnya manusia. Dengan demikian, anggota makhluk hidup yang tergabung dalam sel eukariotik lebih banyak dari sel prokariotik.

Sel eukariotik memiliki nukleus sejati yang dibungkus oleh selubung nukleus, seluruh daerah di antara nukleus dan membran yang membatasi sel disebut sitoplasma. Susunan organel – organel sel pada sel eukariotik terlihat lebih baik dari sel prokariotik.

Struktur sel eukariotik dapat dilihat seperti pada gambar berikut.

Struktur Tubuh Sel Eukariotik

Baca Juga: Klasifikasi Makhluk Hidup

Tabel Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Bagian dalam sel prokariotik dan eukariotik berupa organel – organel sel telah dibahas pada dua bahasan di atas. Apakah sobat idschool melihat bahwa sebagian organel yang mempunyai bentuk dan fungsi terspesialisasi tidak ditemukan pada prokariotik? Organisasi seluler dan genetik prokariota berbeda secara mendasar dari organisme eukariota. Prokariota memiliki genom yang lebih kecil dan lebih sederhana. Sebagai gambaran, kelompok prokariota memiliki genom seperseribu DNA eukariota.

Misal pada bentuk flagel, flagel pada eukariotik lebih lebar dari pada prokariotik. Flagel prokariotika merupakan sepersepuluh dari flagel eukariotik.

Membran prokariota telah mengalami spesialisasi, yakni adanya lipatan – lipatan ke arah dalam oleh membran plasma hasil sisa krista – krista mitokondria yang berfungsi dalam respirasi seluler prokariota aerobik.

Genom prokariotik hanya sebuah molekul DNA cincin untai ganda, sedangkan eukariota memiliki molekul DNA linear yang berasosiasi dengan protein. Genom adalah keseluruhan informasi genetik yang dimiliki suatu sel atau organisme.

Apa lagi perbedaan sel prokariotik dan eukariotik? Selengkapnya, perbedaan sel prokariotik dan eukariotik selengkapnya dapat dilihat melalui seperti tabel perbedaan sel prokariotik dan eukariotik di bawah.

Tabel perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Baca Juga: Struktur Sel Bakteri

Demikian tadi ulasan materi perbedaan sel prokariotik dan eukariotik yang dilengkapi tabel perbedaan sel prokariotik dan eukariotik. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Klasifikasi Protista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.