Struktur Tubuh Zygomycota

By | February 12, 2020

Struktur Tubuh Zygomycota – Aneka jenis jamur bukan termasuk tumbuhan dan bukan pula termasuk kelompok hewan, melainkan tergabung kelompok fungi. Meskipun demikian, jamur pada umumnya termasuk organisme eukariotik karena pada sel penyusunnya telah ditemukan membran inti. Klasifikasi fungi (jamur) terbagi dalam 4 filum yaitu Zygomycota, Ascomycota, Basidiomycota, dan Deuteromycota. Dari 4 filum yang telah disebutkan tadi, terdapat jenis jamur dari kelompok Zygomycota yang dimanfaat untuk pembuatan tempe, makanan khas Indonesia yang cukup murah tetapi rasanya enak. Apa nama jamur yang berperan untuk membuat tempe? Bagaimana bentuk struktur tubuh Zygomycota pada umumnya sehingga sobat idschool dapat mengenali jenis jamur ini?

Zygomycota merupakan jamur yang memiliki spora dengan dinding yang tebal tebal, dimana bahan dinding sel jamur terbuat dari bahan kitin. Berbagai jenis jamur dalam kelompok Zygomycota dapat berkembang biak dengan dua cara yaitu secara seksual atau aseksual. Struktur tubuh Zygomycota terdiri atas spora dan hifa yang memiliki fungsi sebagai alat perkembangbiakan. Kumpulan beberapa hifa akan membentuk bagian jamur yang disebut miselium. Karakteristik Zygomycota hifa tidak bersekat, mempunyai beberapa inti (koenositik), memiliki rhizoid, bentuk miselium bercabang banyak, dinding sel terdiri atas kitin, dan tidak memiliki zoospora, sehingga sporanya merupakan sel – sel yang berdinding. Jamur dari kelompok Zygomycota biasa hidup sebagai saprofit, yaitu hidup pada sisa organisme misalnya kotoran hewan dan batang kayu. Contoh lain keberadaan jamur dari kelompok Zygomycota yang cukup mudah ditemukan adalah jamur pada roti basi.

Zygomycota

Bagaimanakah bentuk struktur tubuh Zygomycota? Bagaimana cara Zygomycota berkembang biak? Dan apa saja jenis jamur yang termasuk dalam Zygomycota? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan – ulasan di bawah.

Struktur Tubuh Zygomycota

Bentuk struktur tubuh jamur terdiri atas sporangium dan 3 jenis hifa. Sporangium adalah bagian tubuh Zygomycota yang berperan dalam perkembangbiakan secara aseksual dilakukan dengan spora. Nama tiga hifa yang terdapat pada struktur tubuh Zygomycota meliputi hifa stolon, rizoid, dan sporangiofor.

Perbedaan dari ketiga hifa yang terdapat pada struktur tubuh Zygomycota diberikan seperti daftar berikut.

  • Hifa Stolon: hifa yang menjalar di permukaan substrat.
  • Hifa Rizoid: jenis hifa yang menembus ke dalam substrat seperti akar disebut.
  • Hifa Sporangiosfor: bentuk hifa yang menjulang ke atas dan membentuk sporangium.
  • Sporangium: kotak spora yang berisi banyak spora
  • Miselium: kumpulan beberapa hifa

Gambar struktur tubuh Zygomycota diberikan seperti gambar berikut.

Struktur Tubuh Zygomycota

Baca Juga: Klasifikasi Jamur – Zygomycota, Ascomycota, Basidiomycota, Deuteromycota

Cara Perkembangbiakan Zygomycota

Cara perkembangbiakan jamur dari divisi Zygomycota melalui dua cara, yaitu aseksual dan seksual.

Perkembangbiakan Zygomycota secara aseksual dilakukan melaui spora yang berasal dari sporangium yang telah pecah. Beberapa hifa akan tumbuh dan ujungnya membentuk sporangium yang berisi spora. Spora yang terhambur inilah yang akan tumbuh menjadi miselium baru.

Sedangkan perkembangbiakan Zygomycota secara seksual dilakukan melalui peleburan dua hifa, yaitu hifa betina dan hifa jantan. Hifa jantan adalah hifa yang memberikan isi selnya, sedangkan hifa betina adalah hifa yang menerima isi selnya. Perkembangbiakan ini dilakukan dengan gametangium yang sama bentuknya (hifa jantan dan hifa betina) yang mengandung banyak inti. Selanjutnya, gametangium mengadakan kopulasi (tindakan menggabungkan alat kelamin antar pasangan).

Baca Juga: Daur Hidup Lumut

Contoh Jamur dari Kelompok Zygomycota

Contoh jamur dari divisi Zygomycota dapat ditemui pada roti atau buah – buahan lunak. Contoh jamur dari kelompok Zygomycota adalah Rhizopus stoloniferRhizophus oryzae, Murcor mucedo, dan Murcor javanicus. Penjelasan masing – masing jamur tersebut pada kehidupan sehari – hari diberikan seperti ulasan berikut.

Rhizopus sp.

Rhizopus sp. adalah jenis jamur terdapat pada ragi tempe sehingga berguna dalam pembuatan tempe.. Selain dimanfaatkan sebgai bahan pemubuatan tempe, Rhizopus sp juga dimanfaatkan untuk membuat oncom putih. Kemampuan yang dimiliki jamur ini adalah mempunyai daya untuk memecah putih telur dan lemak. Beberapa jenis Rhizopus sp beserta perannya diberikan seperti berikut.

  • Rhizopus stolonifer: tumbuh pada roti
  • Rhizopus nigricans: tumbuh pada roti
  • Rhizophus oryzae: pembuatan tempe
  • Rhizopus oligosporus: pembuatan tempe dari proses fermentasi kacang kedelai

Murcor mucedo

Tempat hidup Murcor mucedo berada pada sisa tumbuhan dan hewan sebagai saprofit. Pengertian organisme saprofit adalah organisem yang memiliki cara hidup dengan menumpang pada sisa makhluk hidup. Contoh tempat tumbuh Murcor mucedo adalah kotoran hewan, roti busuk, dan lain sebagainya.

Murcor javanicus

Murcor javanicus adalah jamur yang berperan dalam pembuatan tapai karena jamur ini terdapat dalam ragi tapai. Kmampuan yang dimiliki Murcos javanicus adalah mempunyai kemampuan untuk mengubah tepung menjadi gula.

Itulah tadi materi seputar jamur dari kelompok Zygomycota. Meliputi karakteristik Zygomycota, struktur tubuh Zygomycota, dan contoh jamur yang termasuk dalam kelompok Zygomycota. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Klasifikasi Protista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.