Gambar Struktur Tubuh Zygomycota dan Keterangannya

Zygomycota adalah salah satu filum pada klasifikasi fungi (jamur) bersama dengan tiga filum lainnya yaitu Ascomycota, Basidiomycota, dan Deuteromycota. Karakteristik struktur tubuh Zygomycota hifa tidak bersekat, mempunyai beberapa inti (koenositik), memiliki rhizoid, miselium bercabang banyak, dinding sel terdiri atas kitin, dan tidak memiliki zoospora (spora berupa sel-sel yang berdinding).

Sementera karakteristik jamur Zygomycota sendiri adalah memiliki habitat di darat, makrospora multiseluler, menghasilkan zigospora, tidak mempunyai tubuh buah, hidup saprofit, dan memiliki 2 cara reproduksi (vegetatif dan generatif).

Jamur dari kelompok Zygomycota biasa hidup sebagai saprofit yaitu hidup pada sisa organisme misalnya kotoran hewan dan batang kayu. Keberadaan jamur Zygomycota juga dapat ditemukan pada tempe yang menjadi makanan khas Indonesia dengan harga murah dan rasa enak. Contoh lainnya, keberadaan jamur dari kelompok Zygomycota yang cukup mudah ditemukan adalah jamur pada roti basi.

Contoh gambar Zygomycota pada roti yang sudah basi ditunjukkan seperti berikut.

Bentuk Jamur Zygomycota

Zygomycota merupakan makroskopis multiseluler yaitu jamur dengan susunan rangkaian sel-sel membentuk benang yang disebut hifa. Kumpulan hifa membentuk jaringan yang disebut miselium. Sama seperti pada umumnya jamur, Zygomycota termasuk organisme eukariotik karena pada sel penyusunnya telah ditemukan membran inti.

Baca Juga: Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Bagaimana bentuk struktur tubuh Zygomycota: Apa saja bagian penyusun struktur tubuh Zygomycota? Apa contoh jamur yang termasuk dalam Zygomycota? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan-ulasan di bawah.

Table of Contents

Struktur Tubuh Zygomycota

Struktur tubuh Zygomycota secara umum terdiri atas spora dan hifa yang terdiri atas rhizoid, sporangiofor, serta stolon. Kumpulan beberapa hifa akan membentuk jajringan jamur yang disebut miselium. Spora pada Zygomycota terdapat dalam sebuah wadah atau kotak spora yang disebut dengan sporangium.

Gambar struktur tubuh Zygomycota beserta keterangan sporangium, spora, sporangiofor, rhizoid, dan stolon sesuai bentuk berikut.

Struktur Tubuh Zygomycota

Keterangan dari setiap bagian pada struktur tubuh Zygomycota sesuai pada daftar berikut.

  • Stolon: hifa yang menjalar di permukaan substrat.
  • Rhizoid: hifa yang menembus ke dalam substrat seperti akar.
  • Sporangiofor: bentuk hifa yang menjulang ke atas dan membentuk sporangium.
  • Sporangium: kotak spora yang berisi banyak spora
  • Spora: alat perkembangbiakan jamur secara vegetatif
  • Miselium: kumpulan beberapa hifa

Baca Juga: Klasifikasi Jamur – Zygomycota, Ascomycota, Basidiomycota, Deuteromycota

Macam-Macam Jamur dari Kelompok Zygomycota

Contoh jamur dari divisi Zygomycota dapat ditemui pada roti atau buah-buahan lunak. Contoh jamur dari kelompok Zygomycota adalah Rhizopus stoloniferRhizophus oryzae, Murcor mucedo, dan Murcor javanicus. Penjelasan masing – masing jamur tersebut pada kehidupan sehari-hari diberikan seperti ulasan berikut.

1) Rhizopus sp.

Rhizopus sp. adalah jenis jamur terdapat pada ragi tempe sehingga berguna dalam pembuatan tempe.. Selain dimanfaatkan sebgai bahan pemubuatan tempe, Rhizopus sp juga dimanfaatkan untuk membuat oncom putih. Kemampuan yang dimiliki jamur ini adalah mempunyai daya untuk memecah putih telur dan lemak.

Beberapa jenis Rhizopus sp beserta perannya diberikan seperti berikut.

  • Rhizopus stolonifer: tumbuh pada roti
  • Rhizopus nigricans: tumbuh pada roti
  • Rhizophus oryzae: pembuatan tempe
  • Rhizopus oligosporus: pembuatan tempe dari proses fermentasi kacang kedelai

2) Murcor mucedo

Tempat hidup Murcor mucedo berada pada sisa tumbuhan dan hewan sebagai saprofit. Pengertian organisme saprofit adalah organisem yang memiliki cara hidup dengan menumpang pada sisa makhluk hidup. Contoh tempat tumbuh Murcor mucedo adalah kotoran hewan, roti busuk, dan beberapa makanan yang mengandung karbohidrat.

3) Murcor javanicus

Murcor javanicus adalah jamur yang berperan dalam pembuatan tapai karena jamur ini terdapat dalam ragi tapai. Tapai adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dikukus dan setelahnya dicampur dengan gula dan ragi yang memuat Murcor javanicus. Kemampuan yang dimiliki Murcos javanicus adalah mampu mengubah tepung menjadi gula, sehingga rasa tapai menjadi lebih manis, tekstur lembek, dan ada rasa asamnya.

Baca Juga: Kumpulan Berbagai Peran Jamur dalam Kehidupan

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Struktur Tubuh Zygomycota

Contoh Soal Struktur Tubuh Zygomycota

Gambar di atas merupakan fungi dari jenis . . . .
A. Rhizopus stolonifer
B. Volvariella volvacea
C. Neurospora sp.
D. Aspergillus wentii
E. Saccharomyces cerevisiae

Pembahasan:
Gambar yang diberikan menunjukkan bentuk fungi (jamur) pada kelompok Zygomicota. Beberapa fungi dari filum Zygomycota antara lain Rhizopus sp, Mucor mucedo, Mucor javanicus, dan lain sebagainya.

Sementara filum yang sesuai untuk empat macam jamus pada pilihan adalah:

  • Volvariella volvacea: Basidiomycota
  • Neurospora sp.: Ascomycota
  • Aspergillus wentii: Ascomycota
  • Saccharomyces cerevisiae: Ascomycota

Jadi, gambar di atas merupakan fungi dari jenis Rhizopus stolonifer.

Jawaban: A

Contoh 2 – Struktur Tubuh Zygomycota

Bagian struktur tubuh jamur yang disebut stolon ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Pembahasan:
Stolon adalah salah satu bentuk hifa Zygomycota yang menjalar di permukaan substrat. Dari keterangan yang diberikan, bagian yang menjalar pada gambar terdapat pada nomor 4.

Jadi, bagian struktur tubuh jamur yang disebut stolon ditunjukkan oleh nomor 4.

Jawaban: D

Baca Juga: Daur Hidup Lumut

Contoh 3 – Struktur Tubuh Zygomycota

Perhatikan gambar jamur dibawah ini!

Di bawah ini yang tidak termasuk ciri jamur di atas adalah ..
A. Eukariotik
B. Hifa koenositik
C. Dinding sel dari kitin
D. Cadangan energi dalam bentuk glikogen
E. Fase diploid berumur panjang

Pembahasan:
Gambar yang diberikan menunjukkan bahwa jenis jamur merupakan Zygomycota. Karakteristik struktur tubuh Zygomycota meliputi beberapa ciri berikut.

  • Hifa tidak bersekat
  • Mempunyai beberapa inti (hifa koenositik)
  • Memiliki rhizoid
  • Bentuk miselium bercabang banyak
  • Dinding sel terdiri atas kitin
  • Bentuk spora berupa sel-sel yang berdinding
  • Cadangan energi dalam bentuk glikogen

Fase diploid berumum panjang merupakan karakteristik dari tumbuhan paku. Jadi, yang tidak termasuk ciri jamur di atas adalah fase diploid berumur panjang.

Jawaban: E

Sekian ulasan gambar struktur tubuh Zygomycota beserta dengan keterangan dan fungsinya. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Klasifikasi Protista

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.