Susunan Atom: Proton, Elektron, dan Neutron

By | July 10, 2019

Susunan Atom – Pada awalnya, atom diartikan sebagai partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Namum, dalam perkembangannya ditemukan bahwa atom tersusun atas tiga jenis partikel sub – atom (partikel dasar) yaitu proton, elektron, dan neutron. Melalui halaman ini, sobat idschool dapat mempelajari materi susunan atom meliputi sub atom (partikel dasar), konfigurasi elektron, serta hubungan antara nomor atom dan nomor massa.

Sebelum masuk dalam pembahasan utama mengenai susunan atom, ingat sekilas perkembangan atom. Pertama kali teori tentang atom dikemukakan sebagai bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi oleh John Dalton. Kemudian, J. J. Thomson mengevaluasi teori yang dikemukakan Dalton dengan teorinya bahwa atom adalah bola padat bermuatan positif dan di permukaannya tersebar elektron yang bermuatan negatif.

Teori Atom John Dalton dan J J Thomson

Kemudian teori tentang atom selanjutnya diembangkan oleh Rutherford yang menyatakan bahwa atom adalah bola berongga yang tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilinginya. Teori tentang atom pun berkembang lagi, dikenalkan oleh Niels Bohr dengan teori atom adalah bola berongga yang tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilinginya.

Teori Atom Rutherford dan Niels Bohr

Perkembangan teori atom selanjutnya menjadi teori atom modern yang menyatakan kulit – kulit elektron bukan kedudukan yang pasti dari suatu elektron, tetapi hanyalah suatu keboleh jadian saja. Perkembangan teori atom berlanjut sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbegai kebutuhan manusia. Agar dapat memanfaat pengetahuan tentang manfaat atom, sobat idschool harus mempelajari pengetahuan dasar tentang atom.

Baca lebih lanjut tentang perkembangan teori atom.

Melalui halaman ini, sobat idschool dapat mempelajari pengetahuan dasar atom. Pengetahuan tersebut meliputi susunan atom meliputi sub atom (partikel dasar) serta hubungan antara nomor atom dan nomor massa. Simak ulasan materinya pada pembahasan di bawah.

Sub – Atom (Proton, Elektron, dan Neutron)

Sebagian besar atom terdiri dari ruang hampa yang di dalamnya terdapat inti yang sangat kecil di mana massa dan muatan positifnya dipusatkan dan dikelilingi oleh elektron – elektron yang bermuatan negatif. Inti atom tersusun atas sejumlah proton dan neutron. Jumlah proton dalam inti atom menentukan muatan inti atom. Sedangkan massa inti ditentukan oleh banyaknya proton dan neutron. Ketiga partikel tersebut, yaitu proton, neutron, dan elektron disebut sebagai sub – atom.

Kombinasi tertentu dari ketiga partikel sub atom membentuk atom suatu unsur yang lambangkan seperti berikut.

Struktur Atom

Massa partikel dasar dinyatakan dalam satuan massa atom (sma), di mana 1 sma = 1,66 × 10–24 gram. Massa 1 proton sama dengan massa 1 neutron, masing – masing 1 sma. Massa elektron lebih kecil daripada massa proton atau neutron.

Muatan 1 proton sama dengan muatan 1 elektron, tetapi tandanya berbeda. Sedangkan muatan partikel dasar dinyatakan sebagai muatan relatif terhadap muatan elektron (e), di mana muatan 1 elektron e = –1,60 × 10–19 colomb.

Struktur Atom

Hubungan Antara Nomor Atom dan Nomor Massa

Sebelumnya telah disampaikan bahwa kombinasi tertentu dari ketiga partikel sub atom membentuk atom suatu unsur. Dalam penulisan atom, nomor massa (A) ditulis di sebelah kiri atas, sedangkan nomor atom (Z) ditulis di sebelah kiri bawah dari lambang unsur. Melalui nomor atom dan massa atom yang tercantum dalam lambang suatu unsur dapat memberikan informasi terkait jumlah proton, elektron, dan neutron.

Nomor atom unsur menunjukkan jumlah proton. Nomor atom juga menujukkan jumlah elektron pada suatu atom. Diketahui atom tidak bermuatan listrik yang berarti dalam atom jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negatif. Artinya, jumlah

Selain nomor atom, ada juga yang disebut dengan nomor massa yang biasanya diberi lambang A. Nomor massa ini digunakan untuk menentukan jumlah nukleon dalam atom suatu unsur. Nukleon sendiri adalah partikel penyusun inti atom yang terdiri dari proton dan neutron.

Hubungan antara nomor atom dan nomor massa dinyatakan seperti berikut.

Struktur Atom, Nomor atom, dan nomor massa

Persamaan akan berbeda untuk atom bermuatan positif atau negatif (ion). Notasi ion, jumlah proton, neutron, dan elektron dinyatakan seperti tabel berikut.

Struktur Atom, Nomor atom, dan nomor massa

Untuk atom netral, jumlah proton sama dengan jumlah elektron. Pada ion positif (atom bermuatan positif) memiliki jumlah proton (muatan positif) lebih banyak daripada elektron (muatan negatif). Sedangkan untuk ion negatif memiliki jumlah elektron (muatan negatif) lebih banyak daripada proton (muatan positif).

Untuk menambah pemahaman sobat idschool, akan diberi contoh cara menentukan jumlah elektron, proton, dan neutron dalam sebuah atom.

Demikianlah tadi ulasan mengenai struktur atom yang meliputi Sub Atom (Partikel Dasar) serta hubungan antara nomor atom dan nomor massa. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.