Ukuran Lapangan Bola Voli Indoor

By | November 19, 2020

Bola voli adalah permainan bola tangan yang dimainkan secara berkelompok oleh dua group. Dalam satu kelompok pertandingan bola voli terdiri dari 6 pemain utama dan 4 pemain cadangan. Cara bermain dan tempat pertandingan bola voli memiliki ketentuan-ketentuan yang telah disepakati. Permainan bola voli dapat dimainkan di luar lapangan (seperti voli pantai) dan di dalam ruangan. Pertandingan bola voli yang dilangsungkan di dalam ruangan disebut voli indoor.

Ukuran lapangan bola voli indoor terdiri dari area dengan panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Luas area lapangan bola voli indoor yang biasa digunakan untuk pertandingan resmi adalah 162 m2 yang dibatasi oleh garis sisi/samping dan garis belakang/akhir. Dalam area lapangan bola voli terdiri dari daerah servis, daerah belakang, daerah depan, garis serang, dan poros garis tengah sebagai pembatas area antara dua kelompok. Pada poros tengah terdapat net/jaring dengan tinggi 2,43 meter (untuk putra) dan 2,24 meter (untuk putri).

Ukuran Lapangan Bola Voli Indoor

Wilayah yang berada di antara poros garis tengah dan garis serang adalah daerah depan. Wilayah yang berada antara garis serang dan garis belakang disebut daerah belakang. Jarak antara poros tengah ke garis serang adalah 3 meter, sedangkan jarak antara garus serang ke garis belakang adalah 6 meter. Selanjutnya, setelah 15 cm di belakang garis belakang/akhir terdapat servis area yang digunakan untuk membuat pukulan serangan awal pada permulaan permainan.

Ringkasan ukuran lapangan bola voli indoor diberikan seperti daftar berikut.

  • luas lapangan: 162 m2
  • lebar lapangan: 9 m
  • panjang lapangan: 18 m
  • area servis lapangan: 3 m
  • jarak garis serang – poros garis tengah: 3 m
  • jarak garis serang – garis belakang: 6 m

Garis poros tengah merupakan garis yang memabagi luas wilayah permainan menjadi sama besar. Setiap tim yang bermain menempati wilayah yang telah terbagi ini. Pada garis poros tengah ini pula terdapat jaring atau yang biasa disebut dengan net. Ukuran net pada permainan bola voli memiliki panjang 9 meter dan lebar 1 meter. Ukuran pita tepian atas net adalah 5 cm dan pita tepian samping net 5 cm dengan panjang 1 meter. Net memiliki ukuran mata jala sama dengan 10 cm.

Net tersebut dipasang pada dua buah tiang dengan panjang 2,55 meter. Pemasangan tiang yang digunakan untuk memasang net memiliki jarak 0,5 – 1 meter dengan samping lapangan (garis samping). Bagian tepi net masing – masing dipasang antena yang tingginya 80 cm di atas net.

Ringkasan ukuran net yang digunakan dalam permainan bola voli diberikan seperti berikut.

  • tinggi net bola voli: 2,43 m (putra) dan 2,24 m (putri)
  • panjang net: 9 meter
  • lebar net: 1 meter
  • tinggi tiang net: 2,55 meter
  • tinggi antena net: 80 cm di atas net

Bola yang digunakan dalam pertandingan bola voli juga memiliki ukuran yang telah ditentukan. Bola voli yang digunakan dalam pertandingan resmi memiliki berat 260–280 gram dan memiliki diameter bola 18–20 cm. Demikianlah ulasan ukuran lapangan bola voli beserta ukuran net dan bola yang digunakan dalam pertandingan bola voli. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Sepak Bola untuk Pertandingan Resmi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.