Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Keterangannya

By | November 19, 2020

Lapangan pertandingan sepak bola merupakan tanah lapang berbentuk persegi panjang dengan rumput alami atau buatan yang digunakan untuk melangsungkan pertandingan sepak bola. Besar lapangan yang layak digunakan dalam pertandingan sepak bola memiliki ukuran tertentu. Ukuran lapangan sepak bola standar FIFA memiliki luas 7.140 m2 dengan rincian ukuran panjang 105 m dan lebar 68 m. Ukuran tersebut merupakan rata-rata ukuran lapangan yang sering digunakan dalam pertandingan sepak bola. Beberapa lapangan sepak bola yang digunakan bisa saja memiliki ukuran yang berbeda. Untuk ukuran lapangan sepak bola yang biasa digunakan dalam pertandingan internasional memiliki ukuran panjang lapangan 100 – 110 m dan lebar lapangan 64 – 75 m.

Ukuran lapangan yang layak digunakan untuk pertandingan sepak bola memiliki panjang 90-120 m dan lebar 45-90 m. Selain ukuran panjang dan lebar lapangan, luas wilayah yang digunakan dalam pertandingan sepak bola juga memiliki daerah-daerah dengan batas dan ukuran yang perlu diperhatikan. Batas daerah meliputi lingkaran tengah lapangan, kotak pinalti, kotak gawang, dan lengkung kotak penalti. Selain itu, gawang yang digunakan dalam pertandingan resmi sepak bola juga memiliki ukuran yang ditentukan.

Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Keterangannya

Kotak pinalti adalah daerah berbentuk persegi panjang didekat gawang dengan ukuran panjang 40,32 m dan lebar 16,5 m. Ada dua kotak pinalti yang terdapat dalam sebuah lapangan sepak bola. Daerah di dalam kotak pinalti merupakan area yang memperbolehkan penjaga gawang menggunakan tangannya untuk menyentuh bola. Pelanggaran di daerah ini oleh pemain bertahan akan menghasilkan hukuman berupa tendangan penalti. Di dalam kotak ini terdapat titik putih berjarak 11 m dari gawang yang disebut titik pinalti.

Daerah gawang merupakan wilayah berbentuk persegi panjang di dalam kotak pinalti yang bersinggungan langsung dengan gawang. Daerah gawang memiliki ukuran 18,35 m × 5,5 m. Wilayah dalam daerah gawang merupakan tempat untuk melakukan tendangan gawang bagi kiper atau pemain lain setelah bola keluar.

Kick off atau permainan baru dari pertandingan sepak bola dimulai dari daerah lingkaran tengah. Lingkaran tengah memiliki diamater 18,30 m, atau sama halnya dengan memiliki jari-jari sepanjang 9,15 m. Nilai atau skor pertandingan bertambah ketika bola berhasil masuk gawang dengan lebar 7,32 m dan tinggi gawang 2,44 m.

Kesimpulan dari ukuran lapangan sepak bola diberikan seperti berikut.

  • panjang lapangan: 100–110 m
  • lebar lapangan: 64–75 m
  • lebar gawang: 7,32 m
  • tinggi gawang: 2,44 m
  • jarak titik pinalti ke gawang: 11 m
  • diameter lingkaran tengah: 18,30 (jari-jari lingkaran tengah: 9,15m)
  • daerah gawang: 18,35 m × 5,5 m
  • kotak penalti: 40,32 m×16,5 m.

Sekian ulasan ukuran lapangan sepak bola beserta keterangannya. Beberapa ukuran sepak bola yang perlu diperhatikan meliputi panjang lapangan, lebar lapangan, daerah gawang, dan kotak pinalti. Selain itu, ukuran yang perlu juga diperhatikan meliputi lebar dan tinggi gawang, serta diameter lingkaran tengah yang digunakan untuk memulai pertandingan. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Membaca Stopwatch untuk Mengukur Lama Waktu Berlari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.