Cara Konversi Suhu

By | December 19, 2019

Cara Konversi Suhu adalah bahasan tentang menentukan besar suhu yang sama dari satu satuan suhu ke satuan suhu yang lainnya. Satuan suhu dapat dinyatakan melalui satuan derajat celcius (oC), reamur (oR), fahrenheit (oF), atau kelvin (oK). Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui besar – kecilnya ukuran suatu suhu adalah termometer.

Kenali Apa Itu Suhu

Pengertian dari suhu adalah ukuran derajat panas atau dingin suatu zat atau benda. Suhu dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan kondisi suatu zat atau benda dalam keadaan panas, normal, atau dingin.

Misalnya seseorang yang sedang demam, derajat suhu tubuh orang tersebut jika diukur menggunakan termometer. Tubuh seseorang yang mengalami demam akan menunjukkan angka yang tinggi. Semakin tinggi derajat angka yang ditampilkan, semakin tinggi pula demam yang dialami seseorang tersebut.

Pada umumnya, di Indonesia lebih akrab dengan derajat suhu yang dinyatakan dalam satuan derajat celcius (oC). Namun dalam bahasan fisika, perhitungan suhu lebih umum dinyatakan dalam satuan derajat kelvin (oK).

Apakah angka yang ditampilkan termometer dalam satuan derajat celcius (oC) sama dengan angka yang ditampilkan termometer dalam satuan derajat kelvin (oK)? Tentu saja tidak, karena masing – masing satuan suhu memiliki titik lebur, titik didih, besar skala, dan perbandingan skalanya sendiri.

Meskipun demikian, suhu yang diukur menggunakan termometer dengan satuan celcius dapat dicari nilai yang setara dengan satuan termometer lainnya (reamur, fahrenheit, atau kelvin). Begitu juga untuk kondisi yang sebaliknya.

Bagaimana cara melakukan konversi suhu dari satuan derajat celcius (oC) ke satuan derajat reamur (oR), atau sebaliknya? Bagaimana cara melakukan konversi suhu dari satuan derajat celcius (oC) ke satuan derajat fahrenheit (oF), atau sebaliknya? Dan bagaimana untuk satuan derajat suhu lainnya? Halaman ini akan membahas cara konversi suhu dari satu satuan ke satuan lainnya.

Konversi Suhu Celcius (oC) dan Reamur (oR)

Untuk melakukan konversi suhu dengan satuan celcius ke reamur, sobat idschool membutuhkan perbandingan antara kedua skala suhu tersebut. Perbandingan suhu derajat celcius dan reamur adalah C : R = 5 : 4.

Konversi Suhu Celcius dan Reamur

Misalkan, diketahui suatu zat diukur menggunakan termometer dengan satuan suhu celcius adalah 55oC. Konversi nilai suhu 55oC ke satuan reamur dapat dilakukan melalui cara berikut.

    \[ 55 ^{o}C = \frac{4}{5} \times 55 \; ^{o} R \]

    \[ = \frac{220}{5} ^{o} R \]

    \[ = 44 ^{o} R \]

Jadi, suatu zat yang mempunyai suhu senilai 55oC, nilai suhunya sama dengan 44oR.

Sekarang beralih ke cara konversi suhu dengan satuan reamur (oR) ke satuan derajat celcius (oC). Diketahui suhu suatu zat yang diukur menggunakan termometer dengan satuan reamur adalah 64oR. Cara konversi nilai tersebut dalam satuan satuan suhu derajat celcius adalah sebagai berikut.

    \[ 64 ^{o}R = \frac{5}{4} \times 64 \; ^{o} C \]

    \[ = \frac{320}{4} ^{o} C \]

    \[ = 80 ^{o} C \]

Baca Juga: Perubahan Wujud Benda yang Membutuhkan Panas dan Perubahan Wujud Benda yang Melepaskan Panas

Konversi Suhu Celcius (oC) dan Fahrenheit (oF)

Berikutnya adalah konversi satuan dari satuan suhu berderajat celcius ke fahrenheit. Perhatikan bahwa titik lebur termometer dengan satuan derajat celcius dimulai dari 0oC, sedangkan titik lebur termometer dengan satuan derajat fahrenheit dimulai dari 32oC. Sehingga, untuk mengukur suhu dari derajat celcius ke fahrenheit, nilai akhirnya perlu ditambah 32o. Sedangkan untuk mengukur suhu dari derajat fahrenheit ke celcius, suhu awalnya perlu dikurangi 32o terlebih dahulu.

Konversi Suhu Celcius dan Fahrenheit

Misalkan, diketahui suatu zat diukur menggunakan termometer dengan satuan suhu celcius adalah 60oC. Konversi nilai suhu 60oC ke satuan fahrenheit dapat dilakukan melalui cara berikut.

    \[ 60 ^{o}C = \frac{9}{5} \times 60 + 32 \; ^{o} F \]

    \[ = \frac{540}{5} + 32 \; ^{o} F \]

    \[ = 108 + 32 ^{o}F \]

    \[ = 140 ^{o}F \]

Jadi, suatu zat yang mempunyai suhu senilai 60oC, nilai suhunya sama dengan 140oF.

Sekarang beralih ke cara konversi suhu dengan satuan fahrenheit (oF) ke satuan derajat celcius (oC). Diketahui suhu suatu zat yang diukur menggunakan termometer dengan satuan fahrenheit adalah 176oF. Cara konversi nilai tersebut dalam satuan satuan suhu derajat celcius adalah sebagai berikut.

    \[ 176 ^{o}F = \frac{5}{9} \times \left( 176 - 32 \right) \; ^{o} C \]

    \[ = \frac{5}{9} \times 144 \; ^{o} C \]

    \[ = \frac{720}{9} ^{o} C \]

    \[ = 80 ^{o} C \]

Konversi Suhu Celcius (oC) dan Kelvin (oK)

Termometer dengan suhu derajat celcius dan kelvin mempunyai perbandingan yang sama, yaitu C : K = 5 : 5. Namun titik leburnya berbeda, termometer dengan satuan celcius memiliki titik lebur 0oC. Sedangkan termometer dengan satuan kelvin memiliki titik lebur 273oK. Sehingga untuk melakukan konversi satuan dari derajat celcius ke derajat kelvin, nilai suhu perlu ditambah 273. Dan untuk konversi suhu dari satuan kelvin ke celcius, nilainya dikurangi 273.

Konversi Suhu Celcius dan Kelvin

Perhatikan dua contoh konversi suhu untuk satuan celcius dan kelvin berikut.

Diketahui suhu suatu zat diukur dengan termometer dengan satuan derajat celcius adalah 30oC. Nilai zat tersebut dalam satuan derajat kelvin = 30 + 273 = 303oK.

Suatu zat yang memiliki suhu 290oK maka nilai suhu zat tersebut = 290 – 273 = 17oC.

Baca Juga: Perubahan Fisika – Kimia – Biologi

Konversi Suhu Reamur (oR) dan Fahrenheit (oF)

Berikutnya adalah cara konversi suhu untuk satuan reamur ke satuan fahrenheit. Sebelumnya, perhatikan kembali perbandingan kedua skala tersebut. Perbandingan skala reamur dan fahrenheit adalah R : F = 4 : 9.

Serta perhatikan kedua titik leburnya, satuan reamur memiliki titik lebur sama dengan 0oR dan satuan fahrenheit memiliki titik lebur sama dengan 32oF. Sehingga, untuk mengukur suhu dari derajat reamur ke fahrenheit, nilai akhirnya perlu ditambah 32o. Sedangkan untuk mengukur suhu dari derajat fahrenheit ke reamur, suhu awalnya perlu dikurangi 32o terlebih dahulu.

Konversi Suhu Reamur dan Fahrenheit

Misalkan, diketahui suatu zat diukur menggunakan termometer dengan satuan suhu reamur adalah 60oR. Konversi nilai suhu 60oR ke satuan fahrenheit dapat dilakukan melalui cara berikut.

    \[ 60 ^{o}R = \frac{9}{4} \times 60 + 32 \; ^{o} F \]

    \[ = \frac{540}{4} + 32 \; ^{o} R \]

    \[ = 135 + 32 ^{o}F \]

    \[ = 167 ^{o}F \]

Jadi, suatu zat yang mempunyai suhu senilai 60oR, nilai suhunya sama dengan 167oF.

Sekarang beralih ke cara konversi suhu dengan satuan fahrenheit (oF) ke satuan derajat reamur (oR).

Diketahui suhu suatu zat yang diukur menggunakan termometer dengan satuan fahrenheit adalah 176oF. Cara konversi nilai tersebut dalam satuan satuan suhu derajat reamur adalah sebagai berikut.

    \[ 176 ^{o}F = \frac{4}{9} \times \left( 176 - 32 \right) \; ^{o} R \]

    \[ = \frac{4}{9} \times 144 \; ^{o} R \]

    \[ = \frac{576}{9} ^{o} R \]

    \[ = 64 ^{o} R \]

Jadi, suatu zat yang mempunyai suhu senilai 176oF, nilai suhunya sama dengan 64oR.

Konversi Suhu Reamur (oR) dan Kelvin (oK)

Berikutnya adalah cara konversi suhu untuk satuan reamur ke satuan kelvin. Perhatikan perbandingan kedua skala tersebut, yaitu R : K = 4 : 5.

Perhatikan juga kedua titik leburnya, satuan reamur memiliki titik lebur sama dengan 0oR dan satuan kelvin memiliki titik lebur sama dengan 273oK. Sehingga, untuk mengukur suhu dari derajat reamur ke kelvin, nilai akhirnya perlu ditambah 273o. Sedangkan untuk mengukur suhu dari derajat kelvin ke reamur, suhu awalnya perlu dikurangi 273o terlebih dahulu.

Konversi Suhu Reamur dan Kelvin

Baca Juga: Materi Suhu dan Pemuaian

Misalkan, diketahui suatu zat diukur menggunakan termometer dengan satuan suhu reamur adalah 60oR. Konversi nilai suhu 60oR ke satuan kelvin dapat dilakukan melalui cara berikut.

    \[ 60 ^{o}R = \frac{5}{4} \times 60 + 273 \; ^{o} K \]

    \[ = \frac{300}{4} + 273 \; ^{o} F \]

    \[ = 75 + 273 ^{o}K \]

    \[ = 348 ^{o}K \]

Jadi, suatu zat yang mempunyai suhu senilai 60oR, nilai suhunya sama dengan 348oK.

Sekarang beralih ke cara konversi suhu dengan satuan kelvin (oK) ke satuan derajat reamur (oR). Diketahui suhu suatu zat yang diukur menggunakan termometer dengan satuan kelvin adalah 338oK. Cara konversi nilai tersebut dalam satuan satuan suhu derajat reamur adalah sebagai berikut.

    \[ 338 ^{o}K = \frac{4}{5} \times \left( 338 - 273 \right) \; ^{o}R \]

    \[ = \frac{4}{5} \times 65 \; ^{o}R \]

    \[ = \frac{260}{5} ^{o} R \]

    \[ = 52 ^{o} R \]

Jadi, suatu zat yang mempunyai suhu senilai 338oK, nilai suhunya sama dengan 52oR.

Konversi Suhu Fahrenheit (oF) dan Kelvin (oK)

Selanjutnya adalah konversi suhu dari satuan fahrenheit ke satuan kelvin, dan sebaliknya.

Perhatikan perbandingan kedua skala tersebut, yaitu F : K = 9 : 5.

Perhatikan juga kedua titik leburnya, satuan reamur memiliki titik lebur sama dengan 32oF dan satuan kelvin memiliki titik lebur sama dengan 273oK.

Sehingga, untuk mengukur suhu dari derajat fahrenheit ke kelvin, nilai suhu perlu dikurangi 32o terlebih dahulu dan nilai akhirnya perlu ditambah 273o. Sedangkan untuk mengukur suhu dari derajat kelvin ke fahrenheit, suhu awalnya perlu dikurangi 273o terlebih dahulu kemudian nilai akhirnya ditambah 32o.

Konversi Suhu Fahrenheit dan Kelvin

Misalkan, diketahui suatu zat diukur menggunakan termometer dengan satuan suhu fahrenheit adalah 113oF. Konversi nilai suhu 113oF ke satuan kelvin dapat dilakukan melalui cara berikut.

    \[ 113 ^{o}F = \frac{5}{9} \times \left( 113 -  32 \right) + 273 \; ^{o} K \]

    \[ = \frac{5}{9} \times 81 + 273 \; ^{o} K \]

    \[ = \frac{405}{9} + 273 \; ^{o} K \]

    \[ = 45 + 273 \; ^{o} K \]

    \[ = 318 ^{o} K \]

Jadi, suatu zat yang mempunyai suhu senilai 113oF, nilai suhunya sama dengan 318oK.

Sekarang beralih ke cara konversi suhu dengan satuan kelvin (oK) ke satuan derajat fahrenheit (oF). Diketahui suhu suatu zat yang diukur menggunakan termometer dengan satuan kelvin adalah 298oK.

Cara konversi nilai tersebut dalam satuan satuan suhu derajat fahrenheit adalah sebagai berikut.

    \[ 298 ^{o}K = \frac{9}{5} \times \left( 298 - 273 \right) + 32 \; ^{o} F \]

    \[ = \frac{9}{5} \times 25 + 32 \; ^{o} F \]

    \[ = \frac{225}{5} + 32 \; ^{o} F \]

    \[ = 45 + 32 \; ^{o} F \]

    \[ = 77^{o} F \]

Sehingga, besar suhu senilai 298oK sama dengan besar nilai suhu dalam satuan fahrenheit adalah 77oF.

Sekian ulasan materi cara konversi suhu dari satu satuan suhu ke satuan lainnya. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Termometer Air Raksa dan Alkohol (Kelebihan – Kekurangan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.