Perubahan Wujud Benda

By | December 16, 2019

Perubahan Wujud Benda dapat terjadi karena benda menerima atau melepas kalor. Contoh perubahan wujud benda dapat sobat idschool amati di kehidupan sehari – hari seperti perubahan kue agar – agar dari cairan menjadi padat, titik embun air yang memburamkan kaca mobil saat hujan, logam dicairkan budi untuk menyolder, atau pada perubahan es batu di dalam gelas yang semakin lama akan berubah menjadi air jika didiamkan untuk waktu tertentu. Bentuk perubahan wujud benda dapat berupa mencair, menguap, menyublim,mengkristal, mengembun, dan membeku. Dari berbagai perubahan wujud benda tersebut dapat terjadi karena benda menerima kalor atau melepas kalor.

Sebelum ke pembahasan perubahan wujud benda mana saja yang membutuhkan/menerima kalor dan perubahan wujud benda saja yang melepaskan kalor, ingat kembali enam perubahan wujud benda. Keenam perubahan wujud benda tersebut telah disinggung di awal paragraf yaitu mencair, menguap, menyublim,mengkristal, mengembun, dan membeku. Pengertian perubahan wujud benda tersebut diberikan seperti terlihat pada gambar berikut.

Perubahan Wujud Benda

Perubahan wujud benda mana yang menerima kalor? Perubahan wujud mana yang melepaskan kalor? Ulasan lebih lanjutnya akan disampaikan melalui ulasan di bawah.

Perubahan Wujud Benda yang Membutuhkan Kalor/Panas

Perubahan wujud benda yang membutuhkan kalor terdiri atas mencair, menguap, dan menyublim.

Mencair adalah proses perubahan wujud benda dari padat menjadi cair. Contoh es batu (padat) menjadi air (zat cair), lilin yang dipanaskan, es krim yang dibiarkan di ruang terbuka akan mencair dengan sendirinya. Dalam proses mencair, benda menerima energi panas (kalor) untuk membuat benda padat menjadi cair, dan logam dicairkan menggunakan solder. Misalnya pada perubahan es batu menjadi air, panas dibutuhkan es batu untuk berubah menjadi cair.

Menguap adalah proses perubahan wujud benda dari cair menjadi gas. Contoh peristiwa menguap air menjadi uap air saat memasak air, bensin yang dibiarkan berada pada tempat terbuka lama – lama juga akan habis berubah menjadi gas, dan lain sebagainya. Dalam proses menguap, benda semula berupa zat cair menerima/membutuhkan energi panas (kalor) untuk merubah air yang dipanaskan menjadi uap air. Dalam peristiwa menguap, zat memerlukan energi panas untuk berubah dari cair ke gas.

Menyublim adalah peristiwa perubahan wujud benda dari padat ke gas. Contoh menyublim terjadi pada kapur barus (kamper) yang disimpan pada lemari pakaian lama – lama akan habis dan di dalam lemari akan menjadi harum. Dalam peristiwa menyublim zat memerlukan energi panas untuk berubah dari padat ke gas.

Baca Juga: Termometer Air Raksa dan Termometer Alkohol

Perubahan Wujud Benda yang Melepaskan Kalor/Panas

Perubahan wujud benda yang melepaskan kalor meliputi membeku, mengembun, dan mengkristal.

Mengkristal adalah perubahan wujud benda dari gas ke padat. Contoh peristiwa mekristal terjadi pada berubahnya uap menjadi butiran es (di dalam freezer). Dalam peristiwa mengkristal, perubahan zat terjadi karena terjadi pelepasan energi panas.

Membeku adalah perubahan wujud benda dari cair menjadi padat. Contoh peristiwa membeku adalah air di dalam freezer akan menjadi es batu, lilin cair yang didinginkan, dan perubahan kue agar – agar dari cairan menjadi padat. Peristiwa perubahan zat menjadi beku (membeku)merupakan peristiwa dengan zat melepaskan energi panas.

Mengembun adalah perubahan wujud benda dari gas menjadi cair. Contoh peristiwa mengembun adalah es batu dalam sebuah gelas akan membuat bagian luar gelas basah, rumput di lapangan pada pagi hari menjadi basah padahal sore harinya tidak hujan, dan titik embun air yang memburamkan kaca mobil saat hujan. Dalam peristiwa mengembun, zat melepaskan energi panas sehingga benda gas dapat menjadi cair.

Baca Juga: Suhu dan Pemuaian

Contoh Soal Perubahan Wujud Benda – SMP

Contoh 1 – Perubahan Wujud Benda yang Melepaskan Kalor

Soal Perubahan Wujud Benda

Pelepasan kalor terjadi pada perubahan wujud benda yang ditunjukkan oleh anak panah bernomor ….
A.  1 dan 5
B. 2 dan 3
C. 4 dan 5
D. 4 dan 6

Pembahasan:

Perubahan wujud benda yang melepaskan kalor meliputi

  • Membeku: cair → padat
  • Mengembun: gas → cair
  • Mengkristal: gas → padat

Perubahan wujud benda berdasarkan nomor:

  1. Padat → Gas: menyublim
  2. Gas → Cair: mengembun
  3. Cair → Padat: membeku
  4. Gas → Padat: mengkristal
  5. Cair → Gas: menguap
  6. Padat Cair: mencair

Jadi, pelepasan kalor terjadi pada perubahan wujud benda yang ditunjukkan oleh anak panah bernomor 2 dan 3.

Jawaban: B

Demikianlah tadi ulasan materi mengenai perubahan wujud benda. Meliputi perubahan wujud benda yang membutuhkan kalor dan perubahan wujud benda yang melepaskan kalor. Perubahan wujud benda yang membutuhkan kalor terdiri atas mencair, menguap, dan menyublim. Sedangkan perubahan wujud benda yang melepaskan kalor terdiri atas membeku, mengembun, dan mengkristal. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Kalor – Rumus dan Grafik Perubahan Zat