Siklus Hidup Plasmodium sp (Penyebab Penyakit Malaria)

Plasmodium adalah contoh Sporozoa yaitu anggota Protista yang tidak memiliki alat gerak khusus. Siklus hidup Plasmodium sp melibatkan dua individu yaitu manusia dan nyamun. Dikenal sebagai protista dengan sifat parasit sebagai contoh sporozoa yang tidak memiliki alat gerak. Di mana, bentuk gerakan yang dilakukan Sporozoa hanya dengan mengubah-ubah posisi tubuhnya. Protista sendiri adalah organisme yang sel penyusunnya memiliki inti yang bersifat eukarioatik (inti sel diselubungi oleh selaput). 

Tempat hidup Plasmodium sp adalah parasit dalam sel darah merah dan menjadi penyebab penyakit malaria pada manusia. Ada empat jenis utama dari Plasmodium sp yaitu Plasmodium falciparum, Plasmodium vivax, Plasmodium ovale, dan Plasmodium malariae. Manusia yang terinfeksi Plasmodium akan mendertita penyakit Malaria dengan menunjukkan gejala demam, menggigil, sakit kepala, lemas, serta mual dan muntah. Penderita malaria dapat sembuh total dengan cara pengobatan yang tepat (sumber: RS Buah Hati Ciputat).

Penyebab Penyakit Malaria adalah Plasmodium sp

Baca Juga: 5 Tahapan pada Daur Hidup Obelia sp

Siklus hidup Plasmodium melibatkan dua organisme yaitu manusia dan nyamuk Anopheles. Fase Plasmodium di dalam tubuh nyamuk disebut dengan sporogoni (fase generatif), sedangkan fase di dalam tubuh manusia disebut skizogoni (fase vegetatif).

Bagaimana siklus hidup Plasmodium? Bagaimana cara nyamuk menginfeksi manusia sehingga terkena penyakit malaria? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Siklus Hidup Plasmodium sp dalam Tubuh Manunsia

Seekor nyamuk Anopheles betina yang menghisap darah akan secara otomatis mengeluarkan zat antikoagulan. Fungsi dari zat antikoagulan tersebut adalah menjaga agar darah tidak membeku. Bersama zat antikoagulan yang dikeluarkan oleh nyamuk tersebut terdapat sporozoid dan masuk kedalam tubuh manusia.

Sporozoid-sporozoid tersebut kemudian sampai ke tubuh bagian hati bersama aliran darah (tahap eksoeritrositer).

Di dalam sel hati, sporozoid melakukan pembelahan mitosis berkali-kali dan membentuk merozoid. Merozoid membelah menjadi kriptozoid dan masuk pembuluh darah untuk menyerang eritrosit menjadi tropozoid. Tahapan sporozoid-sporozoid pindah dari hati dan kemudian menginfeksi sel darah merah disebut eritrositer.

Tropozoit akan menginfeksi dan melisiskan eritrosit baru. Dari satu tropozoid akan membelah secara schizogoni dan menghasilkan 6 – 36 merozoid tergantung jenis spesiesnya. Setelah sel darah merah pecah (lisis), merozoid mencari sel darah merah yang baru dan kejadian ini berlangsung berulang-ulang sehingga dalam waktu singkat dalam tubuh terdapat banyak sekali merozoid.

Bersama dengan pecahnya sel darah merah, biasanya akan timbul rasa kedinginan yang diikuti demam (panas). Setelah beberapa waktu merozoid-merozoid akan menjadi gametosit (calon sel gamet).

Baca Juga: Perkembangbiakan Virus (Daur Litik dan Lisogenik)

Siklus Hidup Plasmodium sp dalam Tubuh Nyamuk Anopheles

Jika darah manusia terinfeksi Plasmodium dihisap oleh nyamuk Anopheles betina maka di dalam tubuh nyamuk akan terdapat gametosit. Dalam tubuh nyamuk, gametosit akan berubah menjadi mikrogamet (gamet jantan) dan makrogamet (gamet betina). Jika makrogamet dan mikrogamet melebur maka dapat terbentuk zigot.

Zigot akan menjadi ookinet dengan bentuk seperti cacing dan menerobos dinding usus/perut nyamuk dan kemudian membulat yang disebut ookista. Dari ookista akan dihasilkan beribu-ribu sporozoid yang akan sampai pada kelenjar liur nyamuk. Dari sinilah kemudian siklus hidup plasmodium yang baru akan terus berulang kembali.

Gambaran siklus hidup Plasmodium dalam tubuh manusia dan nyamuk ditunjukkan seperti berikut.

Siklus Hidup Plasmodium sp

Baca Juga: Daur Hidup Tumbuhan Paku

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Soal Daur Hidup Plasmodium

Berikut ini beberapa tahapan reproduksi Plasmodium sp.
1) Gametosit
2) Ookinet
3) Merozoid
4) Sporozoid
5) Tropozoid

Fase perkembangan Plasmodium sp. yang terjadi di dalam tubuh manusia secara urut meliput angka ….
A. 1), 2), dan 4)
B. 1), 4), dan 5)
C. 3), 5), dan 2)
D. 4), 3), dan 1)
E. 5), 4), dan 2)

Pembahasan:
Plasmodium sp dari tubuh nyamuk masuk ke tubuh manusia dalam bentuk sporozoid bersama dengan kelenjar liur nyamuk Anophles betina saat menghisap darah. Sporozoid menuju hati dan

[Ringksan] Urutan siklus hidup Plasmodium sp dalam tubuh manusia:
Sporozoid → Merozoid → Tropozoid →Gametosit

Jadi, fase perkembangan Plasmodium sp. yang terjadi di dalam tubuh manusia secara urut meliput angka 4), 3), dan 1).

Jawaban: D

Contoh 2 – Soal Siklus Hidup Plasmodium

Ketika menghisap darah manusia, bersamaan dengan keluarnya cairan ludah nyamuk maka ada kemungkinan masuknya Plasmodium ke dalam tubuh, yaitu dalam bentuk …
A. sporozoid
B. ookinet
C. merozoid
D tropozoid
E. ookista

Pembahasan:
Siklus hidup Plasmodium dibagi 2 yakni fase aseksual yang terjadi di dalam tubuh manusia dan fase seksual yang terjadi di dalam tubuh nyamuk. Cara Plasmodium masuk ke dalam tubuh manusia terjadi saat nyamuk Anopheles menghisap darah manusia.

Plasmodium dalam tubuh nyamuk berpindah ke tubuh manusia dalam bentuk sporozoid. Perpindahan terjadi saat kelenjar liur nyamuk yang dikeuarkan saat nyamuk menghisap darah.

Jadi, masuknya Plasmodium ke dalam tubuh, yaitu dalam bentuk Sporozoid.

Jawaban: A

Contoh 3 – Soal Siklus Hidup Plasmodium sp

Pada peristiwa metagenesis Plasmodium, sporozoid berkembang menjadi merozoit saat berada di. . . .
A. tubuh nyamuk
B. sel hati manusia
C. dinding usus nyamuk
D. kelenjar ludah nyamuk
E. sel darah merah manusia

Pembahasan:
Plasmodium masuk ke dalam tubuh manusia dalam bentuk sporozoid bersama dengan zat koagulan dari liur nyamuk. Selanjutnya, sporozoid menuju hati dan bertahan selama beberapa waktu dan melakukan pembelahan mitosis berkali-kali dan membentuk merozoid. Selanjutnya merozoid masuk ke dalam sel darah manusia membentuk tropozoid yang kemudian terbentuk gametosit.

Jadi, sporozoid berkembang menjadi merozodt saat berada di sel hati manusia.

Jawaban: B

Demikian tadi ulasan siklus hidup Plasmodium sp yang terjadi dalam dua fase yaitu fase vegetatif dan generatif. terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Daur Hidup Tumbuhan Lumut

2 comments

  1. Selamat malam,

    Perkenalkan saya Kurniawan dari Superprof Indonesia. Sebuah plaform edukasi di Indonesia. Saya ingin tanya-tanya perihal pemasangan iklan di situs web idschool.net, apakah di situs web idschool.net ada jasa / produk perihal penerbitan iklan dalam bentuk penulisan artikel / konten di situs web idschool.net yang isi artikel nya bisa disematkan backlink situs kami? adakah nomor PIC yang bisa kami hubungi?

    Ditunggu kabarnya

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.