Sifat Bayangan pada Cermin dan Lensa

By | July 17, 2020

Bayangan suatu benda pada cermin dan lensa timbul karena adanya cahaya yang mengenai benda tersebut. Cermin adalah sebuah benda dengan permukaan licin dan mengkilap yang mampu memantulkan cahaya sehingga dapat membentuk bayangan. Lensa adalah benda tembus cahaya yang dibatasi oleh bidang lengkung dengan kemampuan membelokkan/membiaskan berkas cahaya yang melewatinya. Adanya pembiasan cahaya lensa inilah yang dapat menghasilkan bayangan. Sifat bayangan pada cermin dan lensa menjadi berbeda karena sifat atau karakteristik pengolahan sinar pada cermin dan lensa yang tidak sama.

Cermin terdiri dari tiga jenis yang meliputi cermin datar, cermin cembung, dan cermin cekung. Sedangkan lensa terdiri dari dua jenis yaitu lensa cembung dan cekung. Perbedaan utama cermin dan lensa terletak pada bahannya. Cermin dibuat dari bahan kaca yang dilapisi lapisan tipis aluminium yang bersifat reflektif (memantulkan cahaya). Lensa terbuat dari bahan kaca saja yang memiliki sifat tembus cahaya. Hal ini membuat cermin bersifat memantulkan cahaya sedangkan lensa bersifat membiaskan cahaya.

Sifat bayangan dari suatu benda dapat meliputi maya/nyata, tegak/terbalik, dan diperbesar/diperlecil. Bayangan yang terbentuk pada masing – masing jenis cermin dan lensa akan berbeda. Bagaimanakah sifat bayangan pada cermin dan lensa? Cari tahi jawabannya melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: Sifat – Sifat Cahaya

Sifat Bayangan pada Cermin Datar, Cembung, dan Cekung

Cermin memiliki permukaan yang licin dan mengkilap. Ada tiga jenis cermin berdasarkan bentuk permukaannya yaitu cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung. Sinar yang mengenai permukaan cermin akan dipantulkan sehingga dapat terbentuk bayangan suatu benda. Pemantulan sinar yang mengenai permukaan setiap jenis cermin berbeda, sehingga bayangan yang terbentuk juga akan berbeda.

Bagaimanakah bayangan yang terbentuk pada cermin datar, cembung, dan cekung? Simak ulasannya pada bahasn di bawah.

Cermin Datar

Cermin datar sangat mudah dijumpai di sekitar sobat idshool. Pemanfaatan cermin datar paling umum digunakan untuk melihat penampilan ketika bercermin. Hal ini dikarenakan bayangan yang dihasilkan cermin datar yang menyerupai bayangan asli dengan posisi yang saling berkturkar antara kiri dan kanan. Seperti tangan kanan pada bayangan menjadi tangan kiri, begitu juga sebaliknya.

Bayangan yang dihasilkan cermin datar memiliki sifat maya, tegak, dan sama besar.

Sifat Bayangan pada Cermin dan Lensa

Cermin Cembung

Cermin cembung memiliki sifat menyebarkan berkas sinar/cahaya (divergen). Cermin cembung memiliki titik fokus dan titik pusat kelengkungan cermin yang berada di belakang cermin. Sebagai penanda, nilai fokus pada cermin cembung selalu negatif karenga letaknya berada di belakang cermin.

Ruang di belakang cermin cembung di bagi menjadi tiga bagian, yaitu ruang I, II, dan III. Antara cermin dan cermin dan titik fokus merupakan bagian dari ruang I. Ruang antara titik fokus dan titik pusat kelengkungan cermin adalah ruang II. Bagian terakhir dari ruang di belakang cermin cembung adalah ruang III, yaitu ruang yang berada dibelakang titik kelengkungan cermin sampai titik tak berhingga.

Sedangkan ruang pada bagian depan cermin merupakan ruang IV. Benda pada cermin cembung umumnya berada pada ruang IV dan bayangan yang terbentuk jatuh pada ruang I di belakang cermin. Kondisi ini yang menyebabkan sifat bayangan pada cermin cembung memiliki sifat yang sama, dimanapun letak bendanya.

Sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cembung selalu maya, tegak, dan diperkecil.

Sifat Bayangan pada Cermin Cembung

Bayangan benda yang dihasilkan oleh cermin cembung ini cukup banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari – hari. Pemanfaatan cermin cembung dalam kehidupan sehari – hari dapat ditemua pada spion mobil atau motor, serta pada cermin pencegah tabrakan yang banyak dipasang pada perempatan atau pertigaan jalan.

Cermin Cekung

Sifat dari cermin cekung adalah mengumpulkan berkas sinar/cahaya (konvergen). Letak titik fokus cermin cekung tidak seperti cermin cembung yang berada di belakang cermin. Posisi titik fokus cermin cekung berada di depan cermin pada sumbu utama. Sebagai penanda, nilai fokus cermin cerkung adalah positif karena letaknya berada di depan cermin.

Pembagian ruang pada cermin cekung untuk bagian depan cermin terdiri dari tiga ruang yaitu ruang I, II, dan III.

  • Ruang I berada antara cermin dan titik fokus
  • Ruang II berada antara titik fokus dan titik pusat kelengkungan cermin
  • Ruang III berada di depan titik kelengkungan cermin sampai titik tak berhingga

Sedangkan bagian belakang dari cermin cekung semuanya merupakan ruang IV.

Sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cekung dapat berbeda – beda berdasarkan letak benda di depan cermin. Bayangan benda yang berada pada benda yang diletakkan pada ruang I akan berbeda dengan benda pada ruang II. Begitu juga untuk posisis benda pada ruang lainnya. Satu hal yang dapat dipastikan adalah jumlah ruang letak benda (pada ruang I, II, II) dan ruang bayangan benda sama dengan 5.

Tabel ringkasan sifat bayangan cermin cekung diberikan seperti berikut.

Sifat Bayangan pada Cermin Cekung

Baca lebih lanjut mengenai:

Sifat Bayangan pada Lensa Cembung dan Cekung

Lensa adalah benda tembus cahaya yang dibatasi bidang lengkung pada salah satu sisinya atau keduanya. Bahan pembentuk lense biasanya terbuat dari kaca atau plastik. Lensa memiliki kemampuan untuk membiaskan/membelokkan cahaya. Terdapat dua jenis lensa yaitu lensa cembung (positif) dan lensa cekung (negatif). Beberapa alat optik memanfaatkan prinsip kerja dari lensa karena kemampuan lensa dalam membentuk bayangan suatu benda.

Lensa memiliki dua bagian yaitu bagian depan tempat sinar datang dan bagian belakang tempat pembiasan sinar. Pembagian ruang pada lensa cembung sama dengan lensa cekung, di mana terdapat ruangan benda dan ruangan bayangan. Pembagian ruang pada lensa cembung dan cekung diberikan seperti berikut.

Pembagian Ruang pada Lensa Cekung dan Cembung

Sifat bayangan benda yang dibentuk oleh lensa cembung berbeda dengan  lensa cekung. Apa perbedaannya? Cari tahu sifat bayangan lensa cembung dan cekung pada masing – masing ulasan di bawah.

Lensa Cembung

Lensa cembung memiliki karakteristik mengumpulkan cahaya (konvergen). Lensa cembung banyak digunakan pada alat optik seperti lup, mikroskop, teropong bintang, kamera, periskop, dan proyektor.

Sifat bayangan benda yang dihasilkan oleh lensa cembung berbeda – beda tergantung di mana letak benda. Hasil bayangan tergantung posisi benda, apakah benda terletak di ruang I, II, III, atau IV. Tabel ringkasan sifat bayangan oleh cermin cembung untuk beberapa posisi letak benda diberikan seperti berikut.

Sifat Bayangan pada Lensa Cembung

Lensa Cekung

Lensa cekung memiliki kemampuan menghamburkan cahaya (divergen). Kemampuan dari lensa cekung ini dimanfaatkan pada berbagai alat optik seperti lensa kacamata pada rabun jauh (miopi) dan lensa okuler pada mikroskop. Pada pembentukan bayangan benda untuk lensa cekung, di manapun letak bendanya, akan menghasilkan satu sifat bayangan yang sama. Sifat bayangan suatu benda pada lensa cekung akan selalu maya, tegak, dan diperkecil.

Sifat Bayangan pada Lensa Cekung

Demikianlah tadi ulasan materi sifat bayangan pada cermin dan lensa. Bahasan meliputi sifat bayangan pada cermin datar, cermin cembung, dan cermin cekung. Meliputi juga sifat bayangan pada lensa cembung dan cekung. Terimakasih sudah mengunjungi idschoo(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Rumus Kekuatan Lensa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.