Teks Deskripsi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Contoh

Suatu benda atau objek dapat digambarkan melalui tulisan, misalnya sebuah bola memiliki bentuk bulat dengan ukuran sebesar kepalan tangan. Dari pernyataan tersebut kemudian dapat diperoleh gambaran mengenai bentuk bola dan ukurannya yang tidak terlalu besar. Bacaan yang menggambarkan suatu benda atau objek melalui kumpulan beberapa paragraf disebut dengan teks deskripsi.

Berdasarkan KBBI, kata deskripsi sendiri memiliki arti pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Dengan demikian teks deskripsi dapat diartikan sebagai bacaan yang menggambarkan bentuk objek berdasarkan pengamatan, sifat, rasa, warna, atau corak.

Bagaimana bentuk teks deskripsi? Apa saja karakteristiknya? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Pengertian Teks Deksripsi

Teks deskripsi adalah teks atau bacaan yang disusun dengan cara menggambarkan benda, objek, tempat, atau peristiwa secara jelas. Topik atau tema yang digambarkan melalui teks deskripsi dilakukan dengan memanfaatkan panca indra yang dimiliki oleh penulis. Melalui teks deskripsi, pembaca seperti dapat merasakan sendiri secara langsung apa yang diberikan dalam teks.

Pengertian Teks Deskripsi

Misalnya pada kalimat: Selimut yang baru saja saya beli memiliki permukaan yang sangat halus.
Kalimat tersebut memberikan bayangan kepada pembacanya bahwa selimut tersebut jika disentuh (indra peraba) memiliki permukaan yang halus.

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Ada 3 (tiga) macam teks deskripsi yaitu subjektif (penggambaran objek berdasarkan kesan penulis), spatial (penggamabaran objek hanya berupa tempat/benda/ruang), dan objektif (penggambaran keadaan objek tanpa penambahan opini penulis). Selain tiga macam yang telah disebutkan, teks deskripsi juga dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu impresionistis dan ekspositoris.

Teks Deskripsi

1) Impresionistis

Bacaan yang menggambarkan suatu objek atau benda dari sudut pandang penulis melalui pengamatan atau observasi oleh penulis. Cara menggambarkan objek hampir sama dengan teks deskripsi subjektif. Bacaan dapat membuat pembacanya seakan-akan mengalami dan merasakan apa yang dialami penulis.

2) Ekspositoris

Bacaan yang disusun berdasarkan urutan logis dari suatu objek atau benda yang diamati. Deskripsi yang diberikan dapat berupa kegiatan yang dilakukan, biasanya digunakan untuk menyusun tulisan yang menerangkan suatu proses pengamatan.

Baca Juga: Bentuk Teks Narasi dan Contohnya

Struktur Teks Deskripsi

Bagian-bagian dalam teks deskripsi atau yang disebut dengan struktur teks terdiri atas bagian judul, identifikasi, deskripsi, dan penutup.

Struktur Teks Deskripsi

Bagian judul memuat gambaran umum yang mewakili seluruh isi teks. Identifikasi memuat kalimat pembuka yang menjelaskan hal apa yang hendak dideskripsikan. Bagian deskripsi menjadi bagian yang mendeskripsikan benda atau objek secara utuh. Kemudian diakhiri dengan penutup yang berisi kesimpulan dari benda atau objek yang diulas, dan biasanya disertai sedikit pendapat penulis.

Baca Juga: Bentuk Teks Persuasi dan Contohnya

Ciri – Ciri/Karakteristik

Karakter bahasa yang digunakan untuk menyusun teks deskripsi berupa rincian suatu objek atau benda. Selain itu juga sering menggunakan majas untuk melukiskan secara konkret. Di mana, paragraf yang disusun dapat membuat pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan suatu objek atau benda secara langsung.

Ciri umum yang dapat digunakan untuk mengetahui bahwa sebuah bacaan termasuk dalam teks deskripsi adalah adanya fungsi pancaindra dalam pembuatannya. Misalnya, sebuah benda dideskripsikan memiliki tekstur yang lebut dan licin. Pancaindra yang berperan untuk merangkai kalimat tersebut adalah indra peraba (kulit).

Selain ciri umum yang telah disebutkan di atas, ada beberapa ciri lain yang dapat digunakan untuk mengenalinya. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri atau karakteristik yang dapat digunakan.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Lagkah-Langkah Penyusunan

Penyusunan teks deskripsi dapat dilakukan melalui enam langkah. Keenam langkah-langkah penyusunan teks deskripsi meliputi menentukan tema, menentukan tujuan, mengumpulkan data, melakukan pengamatan, menyusun kerangka paragraf, dan mengembangkannya menjadi teks deskripsi.

Langkah-Langkah Menyusun Teks Deskripsi

Baca Juga: Struktur Kalimat yang Benar

Contoh Teks Deskripsi

Beberapa bacaan di bawah merupakan contoh deskripsi dengan topik bahasan yang berbeda.

Contoh 1: Rumahku

Identifikasi:
Sebuah bangunan dengan arsitek modern berdiri dengan tegak di ujung jalan. Bangunan itu adalah rumahku. Ukuran rumahku tidak besar dan tidak kecil, ukurannya lumayan sesuai untuk keluarga kecilku.

Deskripsi:
Dinding rumahku berwarna biru. Halamannya luas dan ditumbuhi rumput-rumput hijau. Di depan halaman ada pohon Mangga yang sedang berbuah tetapi belum masak. Jumlah ruangan di rumahku ada empat ruang. Keempat ruang tersebut adalah dua ruang tidur beserta kamar mandi di dalamnya, sebuah ruang tamu, dan sebuah ruang makan dan dapur yang bergabung menjadi satu.

Penutup:
Rumahku memang tidak mewah, namun cukup untuk menampung seluruh anggota keluargaku. Saya sangat bersyukur memiliki rumah ini.

Contoh 2: Sekolah Baruku

Identifikasi:
SMP Bakti Nusa adalah tempat belajarku yang baru. SMP ini akan menjadi sekolah baruku setelah aku pindah di Kota ini. Lokasi sekolah baruku ini berada di pusat kota sehingga mudah dijangkau dengan berbagai alat transportasi darat seperti mobil dan motor.

Deskripsi:
Warna pagar tembok sekolah baruku berwarna putih dengan pagar besi hitam pada di tengah pada bagian depan. Halaman depan sekolah terdapat tiang bendera lengkap dengan benderanya. Bagian halaman sekolah ini juga terdapat beberapa pohon rindang di bagian sudut halaman.

Sekolah baruku memiliki banyak ruangan. Ruang kelasku berada di lantai dua. Setiap ruang kelas di sekolah ini dilengkapi dengan meja dan kursi sejumlah muridnya di kelas tersebut. Warna cat tembok kelas adalah kuning muda. Masing – masing kelas juga terdapat foto presiden dan wakil presiden pada bagian depan.

Selain ruang kelas, sekolah ini memiliki banyak ruang lainnya. Semua ruang digunakan untuk kegiatan yang berbeda. Beberapa ruangan yang terdapat di sekolah ini adalah ruang seni, ruang serba guna, perpustakaan, ruang olah raga, serta ruang diskusi.

Penutup:
Sekolah baruku mempunyai banyak fasilitas belajar yang baik dan lengkap. Kondisi ini membuat aku betah belajar di sekolah baru.

Demikianlah tadi ulasan tentang teks deskripsi atau yang biasa disebut dengan paragraf deskripsi yang meliputi pengertian, struktur, karakteristik/ciri-ciri, dan contohnya. Terima kasih telah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Teks Narasi (Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Contoh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.