Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

By | May 1, 2018

Mata merupakan satu dari lima alat indra yang sangat penting. Fungsi utama dari mata adalah untuk melihat. Keberadaan mata dapat membuat sobat idschool melakukan berbagai aktivitas sehari – hari dengan baik. Apa saja bagian – bagian mata sehingga memungkinkan untuk melihat? Halaman ini akan mengulas apa saja bagian – bagian mata dan fungsinya. Ulasan materi juga meliputi cara kerja mata, gangguan pada mata, dan cara merawat mata. Sebelumnya perhatikan sebentar mata sobai idschool, apakah masih bisa melihat dengan baik untuk jarak jauh? Atau apakah dapat melihat dengan baik untuk jarak dekat?

Dalam keadaan normal, mata dapat melihat objek dengan jelas pada jarak jauh maupun dekat. Sayangnya, aktivitas buruk dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti menonton tv dari jarak yang sangat dekat, membaca di ruangan yang kurang cahaya, atau hal buruk lainnya dapat mengurangi kemampuan mata untuk melihat dengan jelas tanpa alat bantu. Seseorang yang mempunyai gangguan penglihatan mata perlu menggunakan alat bantu agar dapat melihat dengan jelas.

mata

Bagaimanakah cara kerja mata? Akan kita ulas lebih lengkapnya pada pembahasan di bawah. Namun sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu materi tentang bagian-bagian mata dan fungsinya. Ulasan materi yang akan disampaikan juga meliputi gangguan pada mata dan cara merawat mata.

Bagian – Bagian Mata

Bagian mata yang dilihat pada wajah hanya merupakan bagian permukaannya saja. Bentuk organ mata yang lengkap berupa bulat. Setidaknya, bagian – bagian mata tersusun atas 13 komponen, meliputi sklera, koroid, retina, bintik kuning, bintik buta, saraf optik, vitreous humor, lensa, aqueous humor, pupil, iris, kornea, dan otot mata. Berikut ini adalah gambar keterangan bagian – bagian mata.

bagian-bagian mata dan fungsinya

Fungsi Bagian – Bagian Mata

Bagian – bagian yang menyusun sebuah mata telah diberikan di atas. Selanjutnya, perlu kita ketahui fungsi dari masing – masing bagian mata tersebut. Masing – masing bagian mata yang berfungsi dengan normal akan membuat kita dapat melihat dengan baik.

Fungsi masing – masing bagian mata diberikan seperti pada daftar berikut.

  1. Otot mata: mengatur gerakan bola mata.
  2. Kornea: menerima rangsang cahaya dan meneruskannya ke bagian mata yang lebih dalam.
  3. Iris: memberi warna mata dan mengatur besar-kecil pupil.
  4. Pupil: mengatur jumlah cahaya yang masuk mata.
  5. Aqueous humor: membiaskan cahaya dan menjaga bentuk bola mata.
  6. Lensa: memfokuskan cahaya agar bayangan jatuh pada bintik kuning.
  7. Vitreous humor: menyokong lensa dan menjaga bentuk bola mata.
  8. Bintik buta: menangkap dan meneruskan rangsang cahaya ke otak.
  9. Saraf mata: meneruskan rangsang cahaya ke otak.
  10. Bintik kuning: tempat jatuhnya bayangan.
  11. Retina: membentuk bayangan benda yang kemudian dikirim oleh saraf mata ke otak.
  12. Koroid: mengalirkan oksigen dan nutrisi ke retina.
  13. Sklera: melindungi dan mempertahankan bentuk bola mata.

Proses benda dapat terlihat oleh mata diawali saat cahaya yang dipantulkan oleh benda masuk ke mata melalui pupil dan diteruskan ke retina. Otak akan bekerja menerima informasi dari mata sehingga sobat idschool dapat mengerti benda apa yang sedang berada di hadapan sobat idschool.

Selengkapnya, penjelasan cara kerja mata akan dibahas melalui ulasan di bawah.

Cara Kerja Mata

Mata manusia memiliki fungsi seperti sensor cahaya. Cahaya yang mengenai benda akan dipantulkan dan masuk ke dalam mata kemudian diteruskan oleh bagian-bagian mata lainnya sehingga bayangan dapat terlihat oleh mata. Seseorang yang mempunyai mata normal mempunyai titik dekat antara 15 cm – 25 cm dan titik jauhnya sampai dengan tak hingga.

Benda dapat dilihat jelas oleh mata jika bayangan benda berada tepat pada bintik kuning. Bayangan benda yang tidak tepat jatuh pada bintik kuning akan terlihat tidak jelas atau kabur. Bayangan benda yang jatuh di depan bintik kuning menyebabkan seseorang tidak dapat melihat benda dengan jarak jauh secara jelas. Sedangkan bayangan benda yang jatuh di belakang bintik kuning menyebabkan seseorang tidak dapat melihat benda dari jarak dekat secara jelas.

Proses pertama dari cara kerja mata diawali dari pantulan cahaya dari benda masuk ke mata pada bagian kornea. Cahaya yang ditangkap oleh mata tersebut kemudian diolah oleh bagian-bagian mata sesuai dengan perannya. Informasi kemudian dikirimkan ke otak sehingga benda dapat terlihat.

Secara lebih runut, berikut ini adalah urutan cara kerja mata:

  1. Cahaya yang dipantulkan benda ditangkap oleh mata, menembus kornea dan diteruskan ke pupil untuk diatur intensitas cahayanya.
  2. Cahaya diteruskan menembus lensa mata.
  3. Daya akomodasi lensa mata mengatur agar cahaya jatuh tepat di bintik kuning.
  4. Bintik kuning menerima cahaya melalui sel kerucut dan sel batang lalu disampaikan ke otak.
  5. Informasi diolah oleh otak dan kita dapat mengetahui apa yang kita lihat.

Secara ringkas, urutan cahaya yang masuk ke mata: kornea → pupil → lensa mata → bintik kuning → otak. Pada akhirnya, impuls akan diolah di otak sehingga memungkinkan sobat idschool melihat benda tersebut.

Gangguan pada Mata

Kebiasaan buruk dalam melakukan aktifitas sehari-hari dapat mengurangi kemampuan mata dalam mengamati benda yang ada disekitar. Sehingga, kemampuan mata seseorang untuk melihat benda tidak dapat bekerja dengan semestinya. Akibatnya, seseorang tersebut mengalami cacat mata. Seseorang yang mengalami cacat mata membutuhkan alat bantu atau penanganan khusus agar mata dapat melihat secara normal.

Apa saja cacat mata yang dapat dialami seseorang? Berikut ini adalah beberapa gangguan yang dapat terjadi pada mata beserta penyebab dan cara mengatasinya.

Miopi (Rabun Jauh): lensa terlalu cembung sehingga bayangan mata jatuh di depan retina. Cara mengatasi: menggunakan lensa cekung atau negatif.

Rabun Jauh - Miopi

Hipermetropi (Rabun Dekat): lensa mata terlalu pipih sehingga bayangan benda jatuh di belakang retina. Cara mengatasi: menggunakan lensa cembung atau positif.

rabun dekat - hipermetropi

Presbiopi (Mata Tua): lensa memiliki daya akomodasi yang sangat kurang. Cara mengatasi: menggunakan lensa rangkap (cembung-cekung).

Astigmatisma: lengkung kornea atau lensa tidak merata. Cara mengatasi: menggunakan lensa silindris.

Buta Warna: tidak mampu membedakan warna karena kerusakan pada sel kerucut. Merupakan penyakit turunan, belum ada cara untuk menyembuhkan.

Katarak: lensa mata mengeruh karena kekurangan vitamin B. Cara mengatasi: melakukan operasi katarak.

Agar terhindar dari cacat mata seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya sobat idschool menjaga kesehatan mata. Berikut ini adalah tips merawat mata agar mata dapat berfungsi secara normal. Simak ulasan materinya pada uraian di bawah.

Cara Merawat Mata

Radiasi gadget, membaca di tempat redup, menonton tv dari jarak yang sangat dekat merupakan beberapa penyebab seseorang dapat mengalami cacat mata. Seseorang yang menderita cacat mata pasti akan terganggu karena mata tidak dapat melihat secara baik. Berikut ini akan diberikan tips untuk menjaga mata agar tetap dapat berfungsi dengan baik.

Cara merawat mata agar tetap dapat berfungsi dengan baik:

  1. Jangan mengucek mata saat mata terasa gatal atau kemasukan benda asing dari luar. Mengucek mata akan membuat mata memerah dan infeksi.
  2. Menggunakan kacamata sebagai pelindung saat berada di luar ruangan. Hal ini dapat melindungi mata dari sinar matahari dan debu.
  3. Memperbanyak makan makanan sehat, terutama makanan yang banyak mengandung vitamin A.
  4. Mengurangi kontak mata dengan radiasi layar komputer atau gadget.
  5. Membaca di tempat yang cukup terang oleh cahaya.
  6. Tidur yang cukup dan matikan lampu saat tidur.

Demikianlah ulasan materi tentang bagian – bagian mata dan fungsinya, meliputi juga cara kerja mata, gangguan pada mata, dan cara merawat mata. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Rumus Kekuatan Lensa Mata

2 thoughts on “Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.