Ciri Khusus Tumbuhan

By | September 7, 2020

Setiap tumbuhan memiliki cara yang berbeda dalam menyesuaikan lingkungannya untuk bertahan hidup. Cara yang berbeda ini kemudian dikenal dengan ciri khusus tumbuhan. Beberapa tumbuhan memiliki ciri khusus pada bentuk bagian tumbuhan tertentu untuk menyesuaikan kondisi lingkungan. Beberapa tumbuhan lain memiliki ciri khusus melalui cara tertentu. Apa saja ciri khusus tumbuhan? Sobat idschool dapat mencari tahu melalui bahasan di bawah.

Bunga Mawar

Ciri khas yang paling menonjol dari bunga mawar adalah adanya duri pada batangnya. Keberadaan duri pada batang bunga mawar berguna sebagai alat mempertahankan diri dari musuh. Adanya duri pada bunga mawar akan membuat bunga mawar sulit diraih atau dirusak.

Ciri Khusus Tumbuhan - Bunga Mawar

Selain duri, ciri lain dari bunga mawar adalah mempunyai sistem perakarannya. Jenis akar bunga mawar adalah akar tunggang dan serabut yang tumbuh. Akar tunggang tumbuh dibagian pangkal batang, setelah cukup kuat akar tunggang akan ditumbuhi cabang cabang yang disebut akar serabut. Akar tunggang pada bunga mawar yang tumbuh menuju pusat bumi menjaddi penopang/fondasi agar batang mawar dapat berdiri dengan kokoh.

Kaktus

Kaktus adalah jenis tanaman yang biasanya hidup didaerah dengan curah hujan sangat sedikit, seperti di daerah gurun. Lingkungan tumbuhnya membuat kaktus memiliki ciri khusus pada bentuk batang yang tebal seperti gabus. Batang kaktus yang tebal memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan air. Ciri khusus yang dimiliki kaktus adalah bentuk daun kaktus yang sangat kecil hampir menyerupai duri. Fungsi daun kaktus berbentuk duri berguna untuk mengurangi jumlah penguapan air.

Baca Juga: Perbedaan Bunga Lengkap dan Bunga Sempurna

Kantong Semar

Kantong semar merupakan tumbuhan karnivora, umumnya makanannya adalah serangga. Ciri khusus tumbuhan kantong semar adalah memiliki cairan khusus yang digunakan untuk mencerna mangsanya yaitu serangga. Habitat asli tumbuhan kantong semar berada di daerah rawa dengan sedikit kandungan mineral nitrogen. Untuk memenuhi kebutuhan nitrogen, kantong semar memperolehnya dari serangga.

Ciri Khusus Tumbuhan Kantong Semar

Bagian bunga kantung semar mengeluarkan madu untuk menarik perhatian serangga. Selain itu, pada salah satu daun kantung semar berubah menjadi berbentuk kantung dengan warna yang mencolok perhatian serangga untuk hinggap. Bagian dalam kantung memiliki lapisan lengket yang akan berfungsi sebagai perangkap serangga. Jika ada serangga yang hinggap pada kantung ini maka akan terpeleset ke dalam kantungdan tidak dapat keluar lagi. Serangga tersebut dicerna oleh kantung semar untuk memenuhi kebutuhan nitrogen.

Baca Juga: Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tertutup

Tumbuhan Putri Malu

Nama tanaman ini disesuaikan dengan tingkahnya yang seperti malu dengan menutup daunnya ketika di sentuh. Tumbuhan putri malu adalah tumbuhan yang peka terhadap rangsang sentuhan. Setiap kali ada ada rangsang sentuhan di sekitar tumbuhan, daun putri malu akan menutup dan terlihat seperti layu. Cara yang dilakukan ini merupkan salah satu bentuk pertahanan diri dari musuh, seperti hewan herbivora yang mengincar daunnya.

Mengapa tumbuhan putri malu dapat mengatupkan daunnya saat ada rangsang sentuhan? Rangsa atau sentuhan yang mengenai tumbuhan putri malu akan menyebabkan perubahan tekanan turgor/kekakuan pada tungkai daun. Saat tumbuhan putri malu disentuh, terjadi aliran air yang menjauhi daerah sentuhan. Aliran tersebut akan menyebabkan kadar pada sel – sel motorik berkurang sehingga tekanan turgornya mengecil yang menyebabkan kekakuan daun.

Ciri Khusus Putri Malu

Selain itu, ciri khusus lain dari tumbuhan putri malu adalah  batang yang berduri. Adanya duri pada batang tumbuhan putri malu juga berfungsi sebagai alat pertahanan diri dari serangan musuh.

Teratai

Teratai biasanya hidup di lingkungan dengan kadar air tinggi. Bentuk tumbuhan teratai diciptakan sangat sesuai dengan kondisi lingkungannya sehingga dapat tumbuh dengan baik. Teratai memiliki daun yang lebar dan tipis. Bentuk daun teratai tersebut menjadi ciri khusus tumbuhan ini.

Bentuk daun yang lebar dan tipis digunakan untuk memperbesar proses penguapan air dari dalam tubuhnya. Kandungan air yang terlalu banyak dibuang melalui penguapan daun. Cara ini dilakukan untuk mempertahankan teratai agar tidak busuk, walaupun hidup di air. Daun yang tipis juga merupakan salah satu cara agar daun tumbuhan ini dapat tetap terapung di atas air.

Ciri Khusus Tumbuhan Teratai

Ciri khusus tumbuhan teraatai adalah terdapat pada bentuk batang teratai. Batang teratai berongga yang berfungsi sebagai jalan keluarkan udara. Batang berongga pada tumbuhan teratai juga berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan udara agar tanaman ini bisa mengapung di air.

Bagian daun dan bunga selalu berada di atas permukaan air, sedangkan batang dan akar berada di dalam air. Letak akar teratai berada di dasar air, akar ini menambatkan diri dengan kuat di dalam lumpur pada dasar air. Cara ini bermafaat untuk menahan teratai dari hempasan arus air.

Baca Juga: Perkembangbiakan Vegetatif Tumbuhan Secara Alami dan Buatan

Eceng Gondok

Ciri khusus tumbuhan eceng gondok hampir sama seperti teratai. Ciri khusus tumbuhan eceng gondok adalah bentuk tangkai daun yang berongga. Bentuk tangkai daun yang berongga ini memiliki fungsi untuk menyimpan udara agar tanaman ini dapat mengapung dipermukaan air.

Ciri Khusus Eceng Gondok

Bunga Rafflesia dan Bunga Bangkai

Ciri khusus tumbuhan bunga rafflesia dan bangkai adalah mampu mengeluarkan bau busuk yang menyengat. Bau yang dikeluarkan bunga ini seperti bau bangkai. Bau busuk seperti bangkai yang dikeluarkan berfungsi untuk memikat lalat agar datang dan hinggap pada bunga tersebut. Keberadaan lalat dibutuhkan bagi bunga rafflesia dan bangkai untuk membantu proses penyerbukan bunga tersebut.

Ciri Khusus Tumbuhan Bunga Bangkai

Baca Juga: Macam – Macam Penyerbukan

Pohon Bambu

Bambu biasanya ditemukan tumbuh secara berumpun, yaitu sejumlah batang yang tumbuh secara bersama. Ciri khusus bambu adalah memiliki bulu gatal pada permukaan batangnya. Keberadaan bulu gatal ini merupakan bentuk tumbuhan untuk mempertahankan diri. Bulu gatal pada batang bambu ini dapat membuat gatal badan musuh yang berniat menjangkau dan merusaknya.

Ciri Khusus Pohon Bambu

Tanaman Bakau

Tanaman bakau biasanya sengaja ditanam di pinggir pantai. Keberadaan pohon bakau di pinggir pantai memiliki beberapa manfaat seperti menjaga kestabilan pantai, mencegah tsunami, dan mencegah abrasi (pengikisan tanah/batuan oleh air laut). Selain itu, pohon bakau ini juga dapat berguna sebagai apotek hidup dan bahan baku kertas. Ciri khusus tanaman bakau adalah mempunyai akar napas yang berfungsi sebagai alat pernapasan. Akar nafas akan membantu tumbuhan bakau agar dapat melakukan proses respirasi dan fotosintesis dengan baik dan optimal.

Ciri Khusus Pohon Bakau

Pohon Jati

Ketersediaan air di musim kemarau cenderung berkurang karena kondisi cuaca yang sedang terjadi. Beberapa tumbuhan melakukan adaptasi karena kondisi tersebut, seperti yang terjadi pada pohon jati. Pada musim kemarau, pohon jati akan menggugurkan daunnya sebagai bentuk upaya untuk mengurangi penguapan. Berkurangnya penguapan dilakukan agar pohon jati memiliki cukup persediaan air untuk bertahan hidup pada musim kemarau.

Ciri Khusus Pohon Jati

Itulah ulasan mengenai ciri khas tumbuhan beserta fungsinya. Setiap tumbuhan mempunyai cara sendiri untuk bertahan hidup bergantung pada kondisi lingkungan sekitarnya. Cara tumbuhan tersebut menjadi ciri khusus yang dimiliki tumbuhan. Terimakasih sudah mengungjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.