Konversi Satuan Volume

By | March 26, 2019

Konversi Satuan Volume adalah ulasan materi terkait satuan volume yang senilai dengan satuan volume lainnya. Satuan ukuran dalam satuan volume merupakan suatu petunjuk bahwa bahasan yang sedang dibicarakan adalah volume atau isi. Contoh satuan volume untuk menyatakan ukuran berbagai macam isi seperti kapasitas air, minyak, volume benda, dan lain sebagainya.

Satuan volume dapat dinyatakan melalui berbagai cara seperti satuan kubik, liter, dan cc. Antar satuan volume tersebut memiliki hubungan persamaan ukuran yang dibahas dalam konversi satuan volume. Misalkan nilai 1 cc air yang senilai dengan 1 mililiter air.

Satuan Volume

Satuan cc sendiri merupakan satuan yang sering digunakan untuk menyatakan takaran air. Pengertian cc sendiri adalah singkatan dari cubic centimeter atau dalam Bahasa Indonesia merupakan satuan sentimeter kubik. Di mana, satuan tersebut merupakan salah satu bagian dari satuan kubik untuk menyatakan volume.

Satuan cubic centimeter (cc) diperoleh dari hasil kali tiga satuan centimeter (cm) pada sebuah balok dengan ukuran masing – masing sisinya adalah 1 cm.

Selain dalam satuan cc, ukuran itu pun dapat dinyatakan dalam satuan liter atau kubik. Bagaimana cara melakukan konversi satuan tersebut? Melalui halaman ini, idschool akan mengulas konversi satuan volume.

Selanjutnya simak bahasan terkait satuan volume yang akan dibahas lebih banyak pada masing – masing bahasan. Meliputi ulasan materi satuan volume, tangga konversi satuan volume, dan contoh cara melakukan satuan volume.

Satuan Volume

Satuan volume menyatakan besaran untuk ukuran isi dari suatu benda, dapat berupa zat padat, cair, atau gas. Seperti yang telah disinggung sedikit tentang contoh penggunaan satuan volume di awal bahasan. Satuan volume menyatakan isi seperti kapasitas air, minyak, volume benda, dan lain sebagainya.

Volume sebuah balok yang memiliki ruang dan disusun oleh panjang, lebar, dan tinggi dapat dinyatakan melalui satuan kubik. Sebuah ukuran yang menyatakan isi ruang dari balok.

Untuk menyatakan banyaknya air dalam satu wadah dapat dinyatakan melalui liter atau satuan lain yang sejenis. Meliputi kiloliter (kl), hektoliter (hl), dal (dekaliter), liter (l), desiliter (dl), centiliter (cl), dan mililiter (ml).

Selain satuan volume dalam kubik dan liter, terdapat juga satuan cc. Namun, sebenarnya cc juga merupakan satuan untuk kubik. Di mana seperti yang telah disampaikan di atas bahwa satuan cc merupakan singkatan dari centimeter cubic.

Antara satuan liter, kubik, atau cc memiliki hubungan yang bisa dinyatakan melalui sebuah persamaan. Sehingga antar satuan tersebut dapat dilakukan konversi. Atau dinyatakan dalam satuan lain namun tetap dalam kapasitas yang sama. Hanya memiliki nilai satuan yang berbeda. Misalnya dari satuan liter menjadi satuan desimeter kubik (dm3), atau jenis satuan lainnya.

Baca Juga: macam – macam konversi satuan

Untuk melakukan konversi satuan volume, sebaiknya sobat idschool mengenal terlebih dahulu tentang tangga konversi satuan volume. Tangga konversi satuan volume inilah yang dapat mempermudah sobat idschool dalam melakukan konversi satuan volume.

Tangga Konversi Satuan Volume

Ada dua konversi tangga satuan volume yang perlu sobat idschool ketahui. Pertama adalah tangga konversi satuan volume dengan satuan kubik. Kedua adalah tangga konversi satuan volume dalam liter. Antara kedua tangga konversi satuan tersebut dapat dinyatakan melalui persamaan yang menyatakan hubungan antar tangga konversi satuan volume.

Baca Juga: Rumus Debit Volume Waktu

Tangga konversi satuan volume dalam kubik:

Satuan volume dalam kubik meliputi kilometer kubik (km3), hektometer kubik (hm3), dekameter kubik (dam3), meter kubik (m3), desimeter kubik (dm3), centimeter kubik (cm3), dan milimeter kubik (mm3).

Konversi Satuan Volume
Konversi Satuan Volume

Pada tangga konversi satuan volume, setiap penurunan satu anak tangga nilainya dikali 1.000 (seribu). Sedangkan untuk kenaikan satu anak tangga, nilainya dibagi 1.000 (seribu).

Tangga konversi satuan volume dalam liter:

Satuan volume dalam liter juga meliputi kiloliter (kl), hektoliter (ha), dal (dekaliter), liter (l), desiliter (dl), centiliter (cl), dan mililiter (ml).

Baca Juga: Rumus Volume dan Luas Permukaan Tabung

Tangga Konversi Satuan Volume
Tangga Konversi Satuan Volume

Pada tangga konversi satuan volume dengan akhiran liter, setiap penurunan satu anak tangga nilainya dikali 10. Sedangkan untuk kenaikan satu anak tangga, nilainya dibagi 10.

Hubungan antara tangga konversi satuan volume dalam kubik dan liter:

Satuan volume pada tangga konversi volume pertama dan kedua memiliki hubungan. Hubungan antara kedua tangga konversi satuan volume tersebut dinyatakan melalui persamaan berikut.

nilai 1 liter sama dengan 1 desimeter kubik
Satuan Volume (Isi)

Persamaan yang diberikan di atas akan sangat membantu untuk melakukan konversi satuan volume dari satuan volume dalam kubik ke satuan volume dalam liter. Atau untuk kondisi yang sebaliknya.

Cara Konversi Satuan Volume

Contoh sederhana melakukan konversi satuan volume diberikan seperti berikut.

  • 1 m3 = 1.000 dm3 = 1.000 liter

    Setiap penurunan anak tangga pada tangga konversi satuan volume, maka nilai satuan perlu dikalikan 1,000. Dari satuan meter kubik (m3) ke satuan desimeter kubik (dm3) menuruni anak tangga sebanyak satu kali. Sehingga nilainya perlu dikalikan 1.000

    1 m3 = 1 x 1.000 dm3

    Nilai setiap 1 dm3 sama dengan 1 liter. Sehingga,

    1.000 dm3 = 1.000 liter

  •  
  • 50 cm3 = 0,00005 m3

    Dari cm3 ke m3 melewati anak tangga sebanyak dua kali dengan arah ke atas. Dan setiap kenaikan satu anak tangga, nilainya harus dibagi 1.000 (seribu). Jadi, untuk melakukan nilai dari cm3 ke m3 perlu dibagi 1.000.000 (satu juta).

    50 cm3 = 50 : 1.000.000 m3 = 0,00005 m3

  •  
  • 2 cc = 2 cm3 = 0,002 dm3 = 0,002 liter = 2 mililiter

    Nilai 1 cc = 1 cm3, sehingga nilai 2 cc = 2 cm3.

    Dari cm3 ke dm3 melewati satu buah anak tangga sebanyak dengan arah ke atas. Untuk setiap kenaikan satu anak tangga, nilainya harus dibagi 1.000 (seribu). Jadi, untuk melakukan nilai dari cm3 ke dm3 perlu dibagi 1.000 (seribu).

    2 cm3 = 2 : 1.000 cm3 = 0,002 dm3

    Nilai 1 dm3 = 1 liter. Sehingga nilai 0,002 dm3 = 0,002 liter.

    Dari liter ke mililiter, menuruni tangga sebanyak 3 kali. Dan setiap penurunan anak tangga dikali 10. Jadi, untuk melakukan konversi nilai dari liter ke mililiter, nilainya perlu dikalikan 1.000.

    0,002 liter = 0,002 x 1.000 mililiter = 2 mililiter

Demikianlah ulasan konversi satuan volume. Meliputi pengertian satuan volume, tangga konversi satuan volume, cara melakukan konversi satuan volume. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Contoh Soal Satuan Volume