Contoh Soal Satuan Volume

By | March 26, 2019

Contoh Soal Satuan Volume yang akan diberikan melalui halaman ini adalah soal yang berkaitan dengan konversi satuan volume. Dalam menyatakan ukuran isi satuan volume digunakan satuan kubik atau liter. Bagaimana cara mengerjakan atau menyelesaikan contoh soal satuan volume? Sobat idschool dapat mempelajari cara mengerjakan contoh soal satuan volume melalui halaman ini.

Sebelum masuk pada contoh soal satuan volume, sebaiknya sobat idschool mengingat kembali materi konversi satuan volume. Hal ini dikarenakan sebagian besar contoh soal satuan volume merupakan materi konversi satuan volume.

Contoh Soal Konversi Satuan Volume

Gambar dua jenis tangga konversi satuan di atas adalah tangga konversi satuan volume yang perlu sobat ingat. Dua jenis tangga konversi tersebut dapat membantu sobat idschool menyelesaikan contoh soal satuan volume dengan baik. Tangga konversi yang pertama adalah tangga konversi satuan volume dalam bentuk pangkat tiga atau kubik. Jenis tangga yang lainnya adalah konversi satuan volume dalam liter.

Pada tangga konversi satuan volume dalam kubik atau pangkat tiga, untuk setiap kenaikan satu anak tangga nilainya dibagi 1.000 dan untuk setiap penurunan satu anak tangga nilainya dikali 1.000. Sedangkan pada tangga konversi satuan volume dalam liter, untuk setiap kenaikan satu anak tangga nilainya dibagi 10 dan untuk setiap penurunan anak tangga nilainya dikali 10.

Selain satuan volume dalam pangkat tiga atau kubik dan satuan volume dalam liter, volume atau isi juga biasa dinyatakan dalam satuan cc. Namun, sebenarnya satuan volume cc merupakan satuan dalam pangkat tiga atau kubik. Di mana satuan cc merupakan singkatan dari cubic centimeter atau sentimeter kubik/cm3

Selain tangga konversi satuan volume seperti yang telah diberikan di atas, sobat idschool juga perlu mengetahui hubungan antara satuan volume. Berikut ini adalah beberapa hubungan antar satuan volume yang perlu sobat idschool ketahui.

Satuan Volume Dalam Kubik dan Liter

Hubungan antara dua jenis satuan volume tersebut akan mempermudah sobat idschool untuk melakukan konversi atau melakukan penggantian satuan volume. Baik dari satuan volume dalam pangkat tiga atau kubik ke satuan volume dalam liter. Atau sebaliknya, dari satuan volume dalam liter ke satuan volume dalam pangkat tiga atau kubik.

Setelah mengingat sedikit materi satuan volume di atas, berikutnya akan diberikan contoh soal satuan volume. Berikut ini adalah contoh soal satuan volume yang dapat sobat idschool gunakan untuk mengasah kemampuan sobat idschool dalam memahami materi konversi satuan volume.

Cara Mengerjakan Soal Satuan Volume

Contoh 1: cara mengerjakan soal satuan volume

Nilai 10 liter = … cc

Pembahasan:

Satuan liter berada di tangga konversi satuan volume dalam liter. Sedangkan satuan cc atau cm3 berada pada tangga konversi satuan volume dalam kubik. Dua jenis satuan tersebut tidak bisa langsung dikerjakan dalam tangga yang sama.

Untuk melakukan konversi satuan ini, sobat idschool perlu mengetahui hubungan antar satuan volume yang memiliki nilai yang sama. Diketahui bahwa satuan liter memiliki nilai yang sama dengan satuan 1 dm3. Sehingga,

    \[ 10 \; \textrm{l} = 10 \; \textrm{dm}^{3} \]

Kemudian, setelah berada pada tangga konversi yang sama, baru dilakukan konversi nilai sesuai dengan yang diberikan pada soal. Pada soal yang diberikan di atas, diminta melakukan konversi untuk satuan cc. Di mana satuan cc sama dengan satuan cm3.

Cara Mengerjakan Soal Satuan Volume

Dari dm3 ke cm3 melewati satu buah anak tangga. Artinya untuk melakukan konversi, nilainya perlu dikalikan 1.000 (seribu).

    \[ 10 \; \textrm{dm}^{3} = 10 \times 1.000 \; \textrm{cm}^{3} \]

    \[ = 10.0000 \; \textrm{cm}^{3} \]

    \[ = 10.0000 \; cc \]

Jadi, nilai 10 cc = 10.000 cm3

Baca Juga: Rumus Volume dan Luas Permukaan Tabung

Contoh 2: cara mengerjakan soal satuan volume

Nilai 100 mililiter = … liter

Pembahasan:

Satuan liter dan militer berada di satu tangga konversi satuan volume dalam liter. Sehingga sobat idschool tidak perlu memerlukan persamaan hubungan antar satuan volume dalam kubik atau pangkat tiga.

Soal Konversi Satuan Volume

Dari mililiter ke liter melewati tiga buah anak tangga dengan arah ke atas/naik. Dan setiap kenaikan satu anak tangga pada tangga konversi satuan volume, nilainya dibagi 10. Artinya untuk melakukan konversi, nilainya perlu dibagi 1.000 (seribu).

    \[ 100 \; \textrm{mililiter} = 10 : 1.000 \; \textrm{liter} \]

    \[ = \frac{100}{1.000} \; \textrm{liter} \]

    \[ = 0,1 \; \textrm{liter} \]

Jadi, nilai 100 mililiter = 0,1 liter.

Contoh Soal Cerita Satuan Volume

Contoh 1: Soal Cerita Satuan Volume

Sebuah bak mandi diketahui dapat menampung air sebanyak 50 liter. Dalam bak mandi tersebut telah terisi air sebanyak 12.500 cm3 air. Banyaknya air yang diperlukan untuk membuat bak mandi tersebut adalah ….

A.       30 liter

B.       32,5 liter

C.       35 liter

D.       37,5 liter

 

Pembahasan:

12.500 cm3 = 12,5 dm3 = 12,5 liter

Jadi, banyaknya air yang diperlukan untuk membuat bak mandi tersebut adalah

    \[ = 50 \; \textrm{liter} - 12,5 \; \textrm{liter} \]

    \[ = 37,5 50 \; \textrm{liter} \]

Jawaban: D

Sekian ulasan materi mengenai contoh soal satuan volume. Meliputi bahasan konversi satuan volume secara ringkas pada bagian awal. Kemudian dilanjutkan ulasan cara mengerjakan soal satuan volume dan contoh soal cerita satuan volume. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Macam – Macam Konversi Satuan Volume