Rumus Debit Volume Waktu

By | March 27, 2019

Rumus Debit Volume Waktu adalah bahasan tentang persamaan dari tiga komponen tersebut. Meliputi rumus yang dapat digunakan untuk menghitung debit, volume, atau waktu. Rumus debit volume waktu cukup banyak penerapannya dalam kehidupan sehari – hari. Contohnya adalah menghitung volume kapasitas sebuah bak penampung air. Bagaimana rumus debit volume waktu? Dan bagaimana cara menghitung debit volume waktu.

Rumus debit volume waktu merupakan persamaan yang menunjukkan hubungan dari ketiganya yaitu debit, volume, dan waktu. Ada tiga persamaan rumus debit volume waktu yang perlu sobat idschool ketahui agar dapat menyelesaikan berbagai tipe soal terkait masalah debit volume waktu. Ketiga persamaan tersebut adalah rumus menghitung debit, rumus menghitung volume, dan rumus menghitung waktu.

Rumus Debit Volume Waktu
Rumus Debit Volume Waktu

Segitiga rumus debit volume waktu di atas dapat sobat idschool gunakan untuk mengingat rumus. Keterangannya, jika huruf terletak berdampingan maka rumus dikalikan. Sedangkan untuk huruf yang terletak atas – bawah, artinya rumus merupakan pembagian, bagian atas di bagi bagian bawah.

Selain mengetahui rumus debit volume waktu, sobat idschool sebaiknya perlu juga mengetahui dan paham materi konversi satuan volume. Biasanya, soal tentang debit volume waktu yang diberikan menggunakan satuan volume yang berbeda, seperti dm3, liter, dan lain sebagainya. Pada berbagai soal yang diberikan biasanya juga menggunakan keterangan waktu yang berbeda. Perbedaan satuan yang digunakan, biasanya dapat menjadi jebakan dalam soal.

Untuk itu, sobat idschool perlu jeli dalam melihat satuan volume atau pun satuan waktu yang digunakan. Kesimpulannya, bekal materi yang perlu sobat idschool persiapkan agar dapat mengerjakan soal debit volume waktu dengan baik ada dua. Kedua materi tersebut adalah rumus debit volume waktu dan kemampuan konversi satuan volume.

Selanjutnya simak ulasan materi terkait rumus debit volume waktu lebih jauh pada masing – masing bahasan di bawah. Jangan lewatkan pula contoh soal debit volume waktu yang diberikan pada akhir bahasan.

Rumus Menghitung Debit Volume Waktu

Pada bagian pengantar sudah disinggung sedikit terkait rumus debit volume waktu. Yaitu rumus yang terdiri dari tiga persamaan yang menyatakan hubungan antara debit, volume, dan waktu. Ketiga persamaan tersebut dapat digunakan untuk menghitung debit, menghitung kapasitas air, dan menghitung waktu yang dibutuhkan.

Rumus menghitung debit menyatakan perbandingan antara volume dan waktu. Satuan volume yang digunakan dapat berupa dm3, liter, dan satuan volume lainnya. Satuan waktu yang digunakan dapat berupa detik, menit, dan waktu. Persamaan yang dapat digunakan untuk menghitung debit (D) adalah volume (V) dibagi waktu (W).

Rumus Menghitung Debit
Rumus Menghitung Debit

Rumus menghitung volume menyatakan perkalian antara debit dan waktu. Satuan debit yang digunakan dapat berupa dm3/jam, liter/jam, dm3/menit, liter/menit, dm3/detik, liter/detik, atau satuan sejenis lainnya. Satuan waktu yang digunakan dapat berupa detik, menit, dan waktu. Persamaan yang dapat digunakan untuk menghitung volume (V) adalah debit (D) dikali waktu (W).

Rumus Menghitung Volume
Rumus Menghitung Volume

Persamaan ketiga adalah persamaan menghitung waktu. Rumus menghitung waktu menyatakan perbandingan antara volume dan debit. Satuan volume dapat berupa dm3, liter, atau jenis satuan volume laian. Satuan debit yang digunakan dapat berupa dm3/jam, liter/jam, dm3/menit, liter/menit, dm3/detik, liter/detik, atau satuan sejenis lainnya. Persamaan yang dapat digunakan untuk menghitung volume (V) adalah debit (D) dikali waktu (W).

Rumus Menghitung Waktu
Rumus menghitung waktu

Untuk menambah pemahaman sobat idschool terkait rumus debit volume waktu, beberapa contoh soal debit volume waktu yang dapat sobat idschool gunakan sebagai latihan.

Baca Juga: Contoh Soal Konversi Satuan Volume

Contoh Soal Debit Volume Waktu dan Pembahasan

Contoh 1: contoh soal mencari debit

Volume bak mandi di rumah Ani dapat menampung air sebanyak 120 liter. Waktu yang diperlukan untuk mengisi bak mandi dalam keadaan kosong sampai penuh adalah 30 menit. Debit air yang mengalir mengisi bak mandi di rumah Ani adalah ….

A.       80 liter/menit

B.       65 liter/menit

C.       55 liter/menit

D.       40 liter/menit

 

Pembahasan:

Rumus debit dinyatakan melalui persamaan volume dibagi waktu.

    \[ D = \frac{V}{W} \]

    \[ D = \frac{120}{3} \]

    \[ D = 40 \; \textrm{liter/menit} \]

Jadi, debit air yang mengalir mengisi bak mandi di rumah Ani adalah 40 liter/menit.

Jawaban: D

Contoh 2: contoh soal menentukan waktu yang diperlukan untuk mengisi bak air

Volume sebuah kolam renang dapat menampung sebanyak 7,2 m3 air. Kolam tersebut diisi air dengan debit air yang mengalir sebesar 24 liter/detik. Waktu yang diperlukan untuk mengisi kolam tersebut sampai penuh adalah ….

A.       15 menit

B.       10 menit

C.       7,5 menit

D.       5 menit

 

Pembahasan:

Sebelum masuk pada proses perhitungan, sobat idschool perlu melakukan satuan volume yang digunakan terlebih dahulu. Pada contoh soal yang diberikan di atas, satuan volume yang digunakan berbeda.

Volume kolam renang dinyatakan dalam satuan volume kubik atau pangkat tiga. Sedangkan pada satuan debit menggunakan satuan liter. Untuk itu, sobat idschool perlu melakukan konversi satuan volume terlebih dahulu agar keduanya memiliki satuan volume yang sama.

Satuan volume dalam kubik akan dikonversi ke dalam satuan liter. Sobat idschool juga perlu mengingat hubungan antara konversi satuan volume. Karena satuan volume dalam kubik dan liter terletak pada tangga konversi satuan yang berbeda.

Diketahui bahwa nilai 1 liter = 1 dm3, sehingga sobat idschool perlu melakukan konversi dari m3 ke dm3.

Dari m3 ke dm3 melewati tangga sebanyak satu kali dengan arah ke bawah/turun tangga. Sehingga untuk melakukan konversi nilai satuan volume, nilainya perlu dikalikan 1.000.

    \[ 7,2 \; \textrm{m}^{3} = 7,2 \times 1.000 \; \textrm{dm}^{3} \]

    \[ = 7.200 \; \textrm{dm}^{3} \]

    \[ = 7.200 \; \textrm{liter} \]

Berikutnya, masuk ke perhitungan untuk menghitung waktu. Rumus menghitung waktu adalah volume dibagi debit.

    \[ W = \frac{V}{D} \]

    \[ W = \frac{7.200 \; \textrm{liter}}{ 24 \; \textrm{liter/detik}} \]

    \[ W = 300 \; \textrm{detik} \]

    \[ W = \frac{300}{60} \; \textrm{menit} = 5 \; \textrm{menit} \]

Jadi, waktu yang diperlukan untuk mengisi kolam tersebut sampai penuh adalah 5 menit.

Jawaban: D

Baca Juga: Macam – Macam Konversi Satuan

Contoh 3: soal menentukan volume yang diperlukan untuk mengisi bak

Sebuah minyak ditampung dalam sebuah tangki. Waktu yang diperlukan untuk mengeluarkan semua isi minyak dari dalam tangki adalah 2 menit. Jika debit minyak yang keluar dari tangki adalah 3 dm3/detik maka jumlah minyak yang terdapat dalam tangki tersebut adalah ….

A.       720 liter

B.       360 liter

C.       120 liter

D.       60 liter

 

Pembahasan:

Rumus volume kapasitas minyak dapat dicari melalui persamaan debit dikali waktu.

    \[ V = D \times w\]

    \[ V = 3 \; \textrm{dm}^{3}/ \textrm{detik} \times 120 \; \textrm{detik} \]

    \[ V = 360 \; \textrm{dm}^{3} \]

    \[ V = 360 \; \textrm{liter} \]

Jadi, jumlah minyak yang terdapat dalam tangki tersebut adalah 360 liter.

Jawaban: B

Sekian ulasan materi rumus debit volume waktu, meliputi rumus debit, rumus menghitung volume kapasitas air, dan rumus menghitung waktu. Serta contoh soal debit volume waktu yang telah dilengkapi dengan pembahasannya. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Persentase Untung – Rugi