Rumus Tabung: Volume dan Luas Permukaan

By | February 20, 2018

Tabung adalah bangun ruang yang memiliki tiga sisi yaitu dua buah sisi berbentuk lingkaran dan satu buah sisi berupa sisi lengkung. Dua buah sisi lingkaran pada tabung menjadi alas dan tutup tabung, sedangkan sisi lengkung pada tabung merupakan selimut tabung. Jika sisi lengkung pada tabung dibuka maka akan membentuk bangun datar berbentuk persegi panjang. Rumus tabung meliputi persamaan untuk mendapatkan nilai volume atau luas permukaan tabung. Volume tabung adalah besar isi/volume atau daya tampung yang dapat dimuat dalam wadah dari bangun berbentuk tabung. Sedangkan luas permukaan tabung dapat dihitung menggunakan rumus luas permukaan tabung yang menyatakan luas gabungan bangun datar penyusun tabung.

Ada tiga rumus tabung yang akan dibahas dalam halaman ini yaitu rumus volume tabung, rumus luas permukaan tabung, dan rumus luas permukaan tabung tanpa tutup. Sebelumnya, ingat kembali bentuk bangun ruang berbentuk tabung. Gambar bangun ruang tabung dan bagian-bagiannya serta bentuk jaring-jaring tabung dapat dilihat seperti gambar berikut.

Tabung dan Jari-jarinya

Apa rumus yang digunakan untuk menghitung volume tabung? Bagaimana cara menghitung luas permukaan tabung? Bagaimana cara menghitung luas permukaan tabung tanpa tutup? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: Luas Permukaan dan Volume 1/2 Bola Padat

Rumus pada Tabung untuk Menghitung Luas Permukaan Tabung

Rumus luas permukaan tabung yang akan dibahas di sini dibagi menjadi dua permasalahan. Permasalahan pertama adalah rumus luas permukaan tabung dengan tutup dan rumus luas permukaan tabung tanpa tutup. Rumus luas permukaan tabung tanpa tutup sama dengan luas selimut tabung dan satu buah lingkaran. Sedangkan luas seluruh permukaan tabung sama dengan luas selimut dan dua buah lingkaran.

rumus tabung

Seluruh Luas Permukaan Tabung

Luas permukaan tabung merupakan penjumlahan dari semua sisi – sisi tabung. Sisi tabung terdiri atas dua buah lingkaran sebagai tutup dan alas, serta sebuah sisi berupa selimut tabung. Jadi luas permukaan tabung (dengan tutup) dapat diperoleh dengan menjumlahkan ketiga sisinya. Ketiga sisi tersebut meliputi luas dua buah lingkaran (alas dan tutup) dan luas persegi panjang sebagai selimut tabung.

Rumus luas permukaan tabung adalah sebagai berikut.

rumus luas permukaan tabung

Keterangan:

  • π = 3,14 atau π = 22/7
  • r = jari-jari alas/tutup tabung
  • t = tinggi tabung

Contoh soal luas permukaan tabung dan pembahasan:

Diketahui sebuah tabung berdiameter 20 cm dengan tinggi tabung adalah 36 cm. Berapakah luas seluruh permukaan tabung tersebut?

Pembahasan:

Ltab = 2 × π × r × ( r + t )
Ltab = 2 × 3,14 × 10 × (10 + 36)
Ltab = 2 × 3,14 × 10 × 46
Ltab = 2.888,8 cm2

Baca Juga: Rumus Luas Permukaan dan Volume Kerucut

Luas Permukaan Tabung Tanpa Tutup

Ide dari rumus luas permukaan tabung tanpa tutup sama seperti rumus permukaan tabung. Hanya saja, karena yang akan dicari adalah luas permukaan tabung tanpa tutup, maka luas bagian tutup yang berupa lingkaran tidak dihitung. Sehingga, rumus luas permukaan tanpa tutup adalah sebagai berikut.

rumus luas permukaan tabung tanpa tutup

Keterangan:

  • π = 3,14 atau π = 22/7
  • r = jari-jari alas/tutup tabung
  • t = tinggi tabung

Contoh soal luas permukaan tabung tanpa tutup dan pembahasan:

Diketahui sebuah tabung berdiameter 20 cm dengan tinggi tabung adalah 36 cm. Berapakah luas seluruh permukaan tabung tersebut tanpa tutup?

Pembahasan:

Ltab = π × r × ( r + 2t)
Ltab = 3,14 × 10 × (10 + 2 × 36)
Ltab = 31,4 × (10 + 72)
Ltab = 31,4 × 82 = 2574,8 cm2

Pembahasan berikutnya adalah rumus volume tabung, simak ulasannya pada bahasan di bawah.

Baca Juga:Panjang Busur, Luas Juring, dan Luas Tembereng

Rumus Tabung untuk Menghitung Volume Tabung

Volume tabung menunjukkan isi dari bangun ruang berbentuk tabung. Misalnya, sebuah drum berbentuk tabung dapat menampung 100 liter. Besar 100 liter air pada tabung tersebut mewakili besar volume tabung tersebut.

Secara umum, cara mencari rumus volume dihitung melalui luas alas kali tinggi. Begitu juga dengan rumus volume tabung. Alas tabung berbentuk lingkaran sehingga rumusnya akan terkait dengan rumus lingkaran. Tinggi tabung menyatakan jarak antara titik alas dan tutup.

Rumus tabung yang akan diberikan di sini terkait rumus volume tabung yang terdiri atas rumus volume tabung yang terisi penuh dan rumus volume tabung yang terisi n per bagian tabung.

Rumus Volume Tabung Penuh

Besar daya tampung atau isi/volume bangun ruang berbentuk tabung diperngaruhi oleh panjang jari-jari (r) dan tinggi tabung (t). Rumus untuk menghitung seluruh isi yang dapat dimuat oleh tabung dinyatakan dalam persamaan di bawah.

rumus volume tabung

Keterangan:

  • π = 3,14 atau π = 22/7
  • r = jari-jari alas/tutup tabung
  • t = tinggi tabung

Contoh soal penggunaan rumus tabung untuk menghitung volume tabung:

Sebuah bak penampungan air berbentuk tabung yang memiliki tinggi 3,5 meter dan diameter 1,5 m. Jika bak tersebut terisi penuh oleh air. Volume air yang termuat dalam tabung tersebut adalah ….

Pembahasan:

Vtabung = π × r2 × t
Vtabung = 22/7 ×1,52 × 3,5
Vtabung = 24,75 m3

Baca Juga: Rumus Luas Permukaan dan Volume Setengah Bola

Rumus Tabung untuk Menghitung Volume n per Bagian Tabung

Pada beberapa permasalahan, bagian isi tabung tidak terisi penuh. Rumus untuk menghitung n per bagian isi yang dapat dimuat oleh tabung dinyatakan dalam persamaan di bawah.

rumus volume tabung

Keterangan:

  • π = 3,14 atau π = 22/7
  • r = jari-jari alas/tutup tabung
  • t = tinggi tabung

Contoh soal dan pembahasan menggunakan rumus volume tabung untuk tabung yang terisi n per bagiannya:

Sebuah bak penampungan air berbentuk tabung yang memiliki tinggi 3,5 meter dan diameter 1,5 m. Diketahui bak tersebut terisi ​23 oleh air. Volume air yang termuat dalam tabung tersebut adalah ….

Pembahasan:

Sekian pembahasan mengenai rumus tabung yang meliputi rumus volume tabung, rumus luas permukaan tabung, dan rumus luas permukaan tabung tanpa tutup. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Rumus Luas Lingkaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.