Bentuk Soal Diagram Venn pada TPA/TPS UTBK

UTBK merupakan kepanjangan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer yaitu salah satu tahapan yang dapat menjadi bagian seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Di mana, penyelenggara UTBK adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) milik pemerintah. Salah satu bentuk soal yang diujikan adalah Tes Potensi Akademik (TPA) atau Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah diagarm venn.

Bentuk soal diagram venn dalam TPA atau TPS dapat berupa beberapa bentuk. Namun pada dasarnya digunakan untuk menguji kemampuan bernalar peserta UTBK dalam menyelesaikan permasalahan. Bagaimana bentuk soal diagram venn pada soal TPA/TPS UTBK? Bagaimanakah cara mengerjakan soal – soal tersebut? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Pengertian Diagram Venn

Materi diagram venn biasanya dibahas bersamaan dengan himpunan, di mana anggota-anggota himpunan memengaruhi bentuk diagram venn. Bentuk diagram venn untuk sebuh himpunan biasanya diberikan dalam sebuah lingkaran.

Jika terdapat dua buah himpunan yang anggota-anggotanya tidak sama maka akan terdapat dua buah lingkaran terpisah. Sementara jika terdapat dua buah himpuna yang memiliki beberapa anggota yang sama maka akan terdapat dua lingkaran yang sebagian daerahnya bertumpuk.

Pertama kali, diagram venn biasanya diberikan pada tingkat sekolah menengah pertama. Bentuk soal diagram venn yang diberikan pada tingkat sekolah menengah pertama biasanya digunakan untuk menyelesaikan masalah himpunan sederhana.

Contoh bentuk soal diagram venn untuk materi himpunan tingkat SMP dapat ditemukan pada soal cerita yang menyatakan banyaknya orang dengan suatu hobi tertentu. Misalnya pada himpunan banyak orang denga hobi bermain piano, bermain gitar, serta banyak orang dengan hobi keduanya. Di mana diagram venn yang digunakan memiliki bentuk seperti berikut.

Contoh Diagram Venn

Diagram venn adalah sebuah diagram yang menunjukkan semua kemungkinan relasi/hubungan sekelompok benda/objek yang disebut sebagai himpunan. Tujuan dari penggunaan diagram Venn adalah untuk menunjukkan relasi antar himpunan agar dapat lebih mudah dipahami.

Tokoh yang pertama kali mengenalkan diagram venn adalah John Venn sekitar tahun 1880. Seiringnya waktu berjalan, diagram venn menjadi salah satu bentuk soal yang digunakan untuk mengukur nalar seseorang.

Bentuk soal diagram venn ini biasanya keluar dalam soal tes kompetensi dasar seperti TPA atau TPS. Bentuk soal diagram Venn akan menguji kemampuan dalam bernalar mencari hubungan yang tepat antara satu objek dengan objek/himpunan lainnya. Soal diagram Venn pada TPA/TPS memang lebih menguji kemampuan nalar. Namun, sobat idschool juga perlu memahami dasar materi dari diagram Venn.

Pemahaman dasar diagram Venn yang perlu dikuasai seperti bagaimana bentuk diagram Venn untuk himpunan saling beririsan, himpunan saling lepas, atau himpunan terdapat pada himpunan lainnya.

Dasar Materi Diagram Venn dan Himpunan

Baca lebih lanjut materi Dasar Diagram Venn dan Himpunan

Selain itu, perlu juga mengetahui dasar operasi pada himpunan yang meliputi irisan, gabungan, selisih, beda setangkup, dan komplemen himpunan.

Dasar Operasi Himpunan Berbentuk Diagram Venn

Baca lebih lanjut materi Operasi – Operasi pada Himpunan

Bagaimanakah bentuk soal diagram Venn pada TPA/TPS? Ulasannya akan dibahas pada contoh bentuk soal diagram Venn di bawah.

Contoh Bentuk Soal Diagram Venn untuk Menentukan Bentuk Himpunan yang Sesuai

Bentuk soal diagram venn pada TPA/TPS UTBK bisa bermacam-macam. Beberapa contoh bentuk soal diagram venn berikut dapat sobat idschool gunakan untuk meningkatkan pemahaman sobat idschool.

Contoh 1 – Mencari Bentuk Himpunan yang Sesuai dengan Gambar Diagram Venn

Bentuk Soal Diagram Venn pada TPA TPS UTBK

Pembahasan:
Gambar diagram Venn di atas menunjukkan bahwa semua daerah C diarsir. Daerah lain yang diarsir lainnya adalah irisan dari himpunan A dan B. Daerah yang diarsir merupakan gabungan dari kedua daerah tersebut. Sehingga, notasi himpunan yang tepat untuk menyatakan daerah yang diarsir adalah C ∪ (A ∩ B).

Jawaban: E

Contoh 2 – Soal Menentukan Himpunan yang Tepat Untuk Diagram Venn

Soal Diagram Venn TPA UTBK

Daerah yang diarsir menyatakan himpunan ….
(A) A ∩ (B ∪ C)
(B) A ∪ (B ∩ C)
(C) (A ∪ B) – C
(D) (A ∩ B) – C
(E) A – (B ∩ C)

Pembahasan:
Daerah yang diarsir pada soal adalah daerah gabungan himpunan A dan B dan himpunan C tidak termasuk. Untuk memudahkan pengerjaan, pertama ambil himpunan gabungan A dan B (A ∪ B) terlebih dahulu. Namun, daerah gabungan A dan B ini masih memuat anggota C.

Selanjutnya adalah menghapus himpunan C dari daerah gabungan. Caranya adalah mengurangi daerah gabungan A dan B dengan anggota C. Prosesnya dapat dilihat seperti penjelasan pada gambar di bawah.

Jawaban: C

Contoh 3 – Soal Menentukan Himpunan yang Tepat Untuk Diagram Venn

Contoh Soal Diagram Venn TPS UTBK

Daerah yang diarsir menyatakan himpunan ….
(A) (A ∩ B) ∪ (B ∩ C)
(B) (A ∪ B) ∩ (A ∩ C)
(C) (A ∪ B) ∩ (A ∪ C)
(D) (A ∪ C) ∩ (B ∪ C)
(E) (B – A) ∪ (C – A)

Pembahasan:
Daerah yang diarsir merupakan irisan dari gabungan himpunan A dan B dengan gabungan himpunan A dan C. Kondisi tersebut sesuai dengan penjelasan dalam gambar di bawah.

Pembahasan Soal Menentukan Himpunan Diagram Venn

Jadi, daerah yang diarsir menyatakan himpunan (A ∪ B) ∩ (A ∪ C).

Jawaban: C

Baca Juga: Cara Menentukan Banyaknya Pemetaan

Contoh Soal Bentuk Diagram Venn yang Menunjukkan Hubungan antar Objek

Bentuk soal pada diagram venn yang menunjukkan hubungan antar objek biasanya diberikan dalam tiga buah kata. Selanjutnya akan diberikan pilihan ganda yang memuat berbagai bentuk diagram venn. Jawaban yang tepat merupakan jawaban dengan diagram yang sesuai dengan relasi/hubungan dengan tiga kata yang diberikan. Perhatikan beberapa contoh soal berikut.

Contoh 1 – Soal Diagram Venn Hubungan Antar Objek

Contoh Soal Diagram Venn Hubungan Antar Objek

Pembahasan:
Ketiga kata tidak memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya. Sehingga, diagram venn yang tepat untuk rumah, meja, dan motor adalah keduanya saling terpisah.

Jawaban: B

Contoh 2 – Soal Diagram Venn Hubungan Antar Objek

Kata, Paragraf, dan Kalimat

Pilihan Ganda Soal Diagram Venn

Pembahasan:
Kata merupakan bagian dari kalimat. Sedangkan kalimat merupakan bagian dari paragraf. Sehingga, diagram yang sesuai untuk kondisi tiga kata tersebut adalah sebuah lingkaran di dalam sebuah lingkaran lebih besar yang terletak dalam sebuah lingkaran yang lebih besar lagi.

Jawaban: D

Baca Juga: Cara Menentukan Domain, Kodomain, dan Range

Contoh 3 – Diagram Venn Hubungan Antar Objek

Mahasiswa, Dosen, dan Pengusaha

Pilihan Ganda Soal Diagram Venn

Pembahasan:
Seorang mahasiswa ada yang hanya menjadi mahasiswa saja. Begitu juga untuk dosen dan pengusaha. Beberapa mahasiswa ada yang merupakan pengusaha. Beberapa mahasiswa tingkat lanjut juga dapat menjadi dosen.

Beberapa dosen ada yang melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi sehingga dapat dikatakan sebagai seorang mahasiswa. Beberapa dosen ada yang memiliki usaha sehingga dapat disebut sebagai pengusaha. Sehingga, beberapa dosen merupakan mahasiswa sekaligus pengusaha.

Jadi, diagram yang tepat untuk menghubungkan tiga kata tersebut adalah diagram venn dengan daerah yang tidak berhubungan, dua daerah berhubungan, dan tiga daerah berhubungan.

Pembahasan Diagram Venn untuk Hubungan Tiga Kata

Jawaban: A

Demikianlah tadi ulasan bentuk soal diagram venn pada TPA/TPS UTBK. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Bentuk – Bentuk Soal Tes Potensi Skolastik SBMPTN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.