Cara Membaca Stopwatch

By | August 13, 2020

Stopwatch merupakan salah satu jenis alat ukur yang digunakan untuk mengukur waktu. Satuan waktu dalam sistem internasional (SI) dinyatakan dalam second (s) atau detik. Waktu merupakan besaran fisika yang menjadi salah satu besaran pokok. Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditentukan terlebih dahulu berdasarkan kesepakatan internasional. Besaran fisika yang termuat dalam besaran pokok berjumlah 7 besaran. Selain waktu, besaran yang termasuk dalam besaran pokok meliputi panjang (m), massa (kg), suhu (oK), kuat arus (A), intensitas cahaya (Cd), dan jumlah zat (mol).

Waktu biasanya sering digunakan sebagai penunjuk atau penentu jam. Misalnya waktu belajar di sekolah biasanya dimulai pada pagi hari yaitu jam 7:00. Waktu juga digunakan untuk mengukur lamanya suatu peristiwa. Seperti saat seorang lari mengelilingi lapangan dalam waktu sekian detik. Alat ukur yang digunakan untuk menentukan lamanya waktu yang dibutuhkan adalah stopwatch.

Stopwatch Analog

Cara membaca stopwatch berbeda – beda tergantung jenis stopwatch yang digunakan. Bagaimanakah cara membaca stopwatch? Sobat idschool dapat mecari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Jenis – Jenis Stopwatch

Ada dua jenis stopwatch yang biasanya digunakan untuk mengukur waktu. Kedua jenis stopwatch tersebut adalah stopwatch analog dan digital. Penggunaan dan cara membaca kedua jenis stopwatch ini memiliki perbedaan. Namun, tujuan penggunaan dari kedua jenis stopwatch tersebut adalah sama, yaitu untuk mengukur waktu. Bagaimana bentuk dari stopwatch analog? Bagaimana bentuk stopwatch digital? Sobat idschool dapat mencari tahu melalui ulasan di bawah.

Stopwatch Analog

Sekilas, bentuk stopwatch analog seperti jam dinding dalam ukuran lebih kecil. Stopwatch jenis ini merupakan alat pengukur waktu yang bersifat konvensional atau manual. Beberapa stopwatch hanya dilengkapi dengan dua jarum, satu untuk detik dan satu untuk menit. Beberapa stopwatch lain memiliki tiga jarum penunjuk angka detik, menit, dan jam.

Dua Jenis Stopwatch Analog

Cara menggunakan stopwatch ini cukup mudah, sobat idschool hanya perlu menekan tombol yang terletak pada bagian atas untuk mulai mengukur. Setelah lama waktu pengkuran berakhir, sobat idschool hanya perlu menekan kembali tombol pada bagian atas tersebut. Lamanya waktu yang diukur akan ditunjuk oleh jarum yang ada pada stopwatch. Soabat idschool hanya perlu melihat dan membaca angka yang tertera pada stopwatch tersebut.

Untuk mengembalikan ke posisi awal (mulai dari waktu nol), sobat idschool hanya perlu menekan tombol tersebut sekali lagi. Beberapa jenis stopwatch analog memiliki tombol yang berbeda untuk mengembalikan posisi jarum penunjuk ke posisi awal. Meskipun demikian, penggunaannya tidak akan jauh berbeda.

Stopwatch Digital

Stopwatch digital merupakan jenis stopwatch yang menggunakan layar atau monitor sebagai penunjuk hasil pengukuran. Stopwatch digital menampilkan lamanya waktu yang diukur dalam bentuk angka digital pada layar. Sehingga, hasil pengukuran waktu menggunakan stopwatch digital dinilai lebih efektif dan akurat daripada stopwatch analog. Hasil pengukuran menggunakan stopwatch digital memiliki ketelitian hingga satuan milidetik.

Stopwatch Digital

Baca Juga: Cara Membaca Jangka Sorong

Mengukur Waktu dengan Stopwatch

Stopwatch biasanya digunakan untuk mengukur waktu yang diperlukan untuk ketelitian yang cukup tinggi, seperti pada bidang olahraga. Cara mengukur waktu menggunakan stopwatch bergantung pada jenis stopwatch yang digunakan.

Cara membaca alat ukur stopwatch analog perlu memperhatikan angka yang ditunjuk oleh jarum. Jarum yang bergerak sangat cepat menunjuk satuan detik. Lingkaran detik memuat angka 5 – 60 dalam satuan detik. Jarum yang bergerak setelah jarum detik bergerak satu putaran penuh adalah jarum penunjuk waktu menit. Selanjutnya, jarum (jika ada) yang bergerak setelah jarum menit berputar satu putaran penuh adalah jarum penunjuk jam.

Cara Membaca Stopwatch

Penggunaan stopwatch digital mungkin lebih mudah dari stopwatch analog. Cara mengukur waktu menggunakan stopwatch digital cukup melihat angka yang ditunjukkan pada layar stopwatch.

Cara Membaca Stopwatch Digital

Baca Juga: Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal dan pembahasan cara membaca stopwatch di bawah dapat menambah pemahaman materi terkait. Sobat idschool dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman melalui contoh soal – soal di bawah. Setiap contoh soal dilengkapi dengan pembahasan yang dapat sobat idschool gunakan sebagai tolak ukur. Selamat berlatih.

Contoh 1 – Soal Cara Membaca Stopwatch

Contoh Soal Cara Membaca Stopwatch

Pembahasan:

Jarum penunjuk menit (lingkaran kecil) menunjuk daerah angka 3. Artinya, waktu telah berjalan selama 3 menit. Jarum penunjuk detik (lingkaran besar) menunjuk angka 26. Artinya, waktu berjalan selama 26 detik. Gabungan dari kedua jarum penunjuk menjadi 3 menit 26 detik.

Bentuk pilihan diberikan dalam satuan detik, sehingga perlu diubah satuan ke dalam detik

= 3 menit 26 detik
= 3 × 60 detik + 26 detik
= 180 detik + 26 detik
= 206 detik

Jadi, lamanya Adi berlari adalah 206 detik.

Jawaban: A

Contoh 2 – Soal Cara Membaca Stopwatch

Dalam sebuah lomba lari, hasil pencatatan waktu tempuh seorang atlet ditunjukkan pada gambar stopwatch berikut.

Soal Membaca Stopwatch

Waktu tempuh atlet tersebut adalah ….
A. 39 menit 50 detik
B. 39 menit 46 detik
C. 46 menit 39 detik
D. 50 menit 39 detik

Pembasahan:

Berdasarkan gambar stopwatch yang diberikan pada soal dapat diketahui bahwa jarum menit (lingkaran kecil) menunjuk angka 50 dan jarum detik (lingkaran besar) menunjuk angka 30. Kombinasi dari dua jarum tersebut menghasilkan waktu 50 menit 39 detik. Jadi, waktu tempuh atlet tersebut adalah 50 menit 39 detik.

Jawaban: D

Demikianlah ulasan materi dan contol soal cara membaca stopwatch. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Mengukur Tekanan Gas pada Manometer Terbuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.