Isotop Isobar Isoton

By | July 15, 2019

Isotop, Isobar, Isoton adalah bahasan yang mengulas atom yang memiliki kriteria tertentu, seperti nomor atom sama, nomor massa sama, atau atom dengan jumlah neutron sama. Nomor atom menunjukkan jumlah proton yang terdapat pada suatu unsur. Sedangkan nomor massa ditentukan oleh jumlah proton dan neutron. Umumnya, jumlah neutron dalam inti suatu atom sama dengan jumlah protonnya. Namun, pada beberapa atom memiliki jumlah neutron yang tidak sama dengan jumlah protonnya. Kondisi inilah yang membuat pengetahuan terkait isotop, isobar, dan isoton perlu dipelajari.

Sebelum membahas materi pengertian isotop, isobar, dan isoton. Sebaiknya sobat idschool mengulas sedikit tiga komponen yang diberikan dalam suatu unsur. Lambang suatu unsur biasa diberikan bersama dengan nomor massa dan nomor atom. Dari lambang unsur tersebut mewakili jumlah proton dan jumlah neutron suatu unsur. Sekaligus dapat diketahui juga jumlah elektron yang terdapat pada unsur tersebut.

Isotop Isobar Isoton

Materi isotop isobar isoton akan membahas materi atom dengan tiga kriteria yang berbeda. Pertama yaitu unsur dengan nomor atom sama tetapi memiliki nomor massa yang berbeda, contohnya atom oksigen (O). Kedua adalah dua unsur dengan nomor atom berbeda tetapi memiliki nomor massa yang sama. contohnya adalah atom Magnesium (Mg) dan atom Natrium (Na). Yang ketiga adalah dua atom berbeda namun memiliki jumlah neutron yang sama, contohnya karbon dan nitrogen.

Simak ulasan materi terkait pengertian isotop, isobar, dan isoton pada masing – masing bahasan di bawah.

Apa Itu Isotop?

Isotop adalah unsur – unsur sejenis yang memiliki nomor atom sama, tetapi memiliki massa atom berbeda. Atau dengan kata lain dapat juga dikatakan unsur – unsur sejenis yang memiliki jumlah proton sama tetapi jumlah neutron berbeda.

Contoh atom yang termasuk isotop adalah Oksigen (O). Diketahui nomor atom oksigen adalah 8 dan Oksigen ditemukan dengan tiga nomor massa yang berbeda yaitu 16, 17, dan 18.

Isotop adalah

Baca Juga: Struktur Atom

Apa Itu Isobar?

Isobar adalah atom dari unsur yang berbeda (mempunyai nomor atom berbeda) tetapi mempunyai nomor massa yang sama. Contoh atom yang termasuk isobar adalah atom atom Natrium (Na) dengan atom Magnesium (Mg). Diketahui nomor atom Natrium (Na) adalah 11 dan nomor atom Magnesium (Mg) adalah 12. Kedua atom tersebut (Na dan Mg) sama – sama memiliki nomor massa sama dengan 24.

Isobar adalah

Apa Itu Isoton?

Isoton adalah atom dari unsur yang berbeda (mempunyai nomor atom berbeda) dan nomor massa yang berbeda (massa atom berbeda) tetapi mempunyai jumlah neutron sama.

Sebagai contoh atom yang termasuk isoton adalah karbon (C) dan nitrogen (N). Atom karbon (C) diketahui memiliki nomor atom 6 dan nomor massa 13, jumlah neutronnya adalah 7. Dan atom nitrogen (N) memiliki nomor atom 7 dan nomor massa 7, jumlah neutronnya sama dengan 7.

Isoton adalah

Itulah tadi pengertian isotop, pengertian isobar, dan pengertian isoton. Untuk memudah sobat idschool dalam mengingat perbedaan isotop isobar isoton perhatikan cara berikut.

Perbedaan Isotop Isobar Isoton

Untuk menambah pemahaman sobat idschool, perhatikan contoh soal isotop isobar isoton yang akan diberikan di bawah.

Baca Juga: Cara Menentukan Jumlah Proton, Neutron, dan Elektron

Contoh Soal – Isotop Isobar Isoton

Contoh 1 – Cara Menentukan Isoton

Contoh Soal Isoton

Unsur X memiliki 10 proton dan 12 neutron, sedangkan unsur Y memiliki nomor massa 24 dan nomor atom 12. Kedua unsur itu termasuk ….

A.   isoton
B. isotop
C. isobar
D. isomer
E. isotonic

 

Pembahasan:

Unsur X:

  • Jumlah proton = 10
  • Jumlah neutron = 12

Unsur Y:

  • Nomor massa (A) = 24
  • Nomor atom = jumlah proton (p) = 12

  • Jumlah neutron = A – p = 24 – 12 = 12

Dari informasi yang didapat pada soal, jumlah neutron unsur X sama dengan jumlah neutron unsur Y yaitu sama dengan 12. Jumlah neutron sama merupakan kriteria untuk isoton.

Jadi, kedua unsur tersebut termasuk isoton

Jawaban: A

Sekian ulasan materi isotop isobar isoton, meliputi pengertian isotop, pengertian isobar, dan pengertian isoton. Dilengkapi juga contoh soal isotop isobar isoton yang dilengkapi dengan pembahasannya. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Perkembangan Teori Atom